Fungsi Tulang Pergelangan Tangan pada Tubuh Manusia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Desember 2022

“Pergelangan tangan adalah bagian tubuh yang memiliki fungsi yang vital. Salah satu fungsinya seperti memberikan rentang gerak dan menjaga stabilitas sendi.”

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan pada Tubuh ManusiaFungsi Tulang Pergelangan Tangan pada Tubuh Manusia

Halodoc, Jakarta – Pergelangan tangan memiliki fungsi yang penting dalam menggerakan lengan dan telapak tangan. Meski begitu, fungsinya tak hanya itu. Ada beberapa fungsi lain dari tulang pergelangan tangan yang tidak bisa digantikan oleh bagian tubuh lainnya.

Fungsi dari Tulang Pergelangan Tangan

Sebelum itu, perlu ketahui jika pergelangan tangan memiliki tiga sendi utama agar lebih stabil. Hal ini juga berguna untuk memungkinkan bergerak dengan leluasa. Nah, beberapa sendi yang ada pada tulang pergelangan tangan, yaitu:

1. Sendi Radiokarpal

Sendi ini merupakan tempat jari-jari pada tulang lengan bawah yang lebih besar. Bagian ini terhubung dengan tulang pergelangan tangan, yaitu tulang skafoid, tulang bulan sabi, dan triquetrum. Sendi ini berada di sisi ibu jari pada pergelangan tangan.

2. Sendi Ulnokarpal

Bagian ini merupakan sambungan antara ulna, tulang lengan bawah yang tipis, dengan tulang pergelangan tangan serta triquetrum. Bagian ini berada di sisi jari kelingking.

3. Sendi Radioulnar Distal

Sendi ini berada di pergelangan tangan tetapi tidak termasuk tulang pergelangan tangan. Fungsi bagian ini untuk menghubungkan ujung bawah radius dan ulna.

Lalu, apa saja sih fungsi tulang pergelangan tangan? Ini daftarnya:

1. Memberikan Rentang Gerak

Tulang pergelangan tangan dapat berguna untuk memberikan rentang gerak agar dapat mendukung kegiatan sehari-hari. Manfaat ini disebabkan adanya komponen artikular tulang yang membuat sendi kondiloid memungkinkan gerakan simultan dalam dua bidang tegak lurus.

Fungsi ini memungkinkan berbagai gerakan yang diperlukan untuk memfasilitasi penggunaan tangan. Dengan begitu, seseorang dapat menggerakkan tangannya dengan sempurna.

2. Menjaga Stabilitas Sendi

Pada tulang pergelangan tangan terdapat empat ligamen yang berguna dalam menjaga stabilitas sendi. Beberapa ligamen tersebut adalah ligamen radiocarpal palmar dan dorsal, serta ligamen kolateral ulnaris dan radial.

Pada ligamen radiocarpal palmar, bagian ini merupakan struktur pendukung terkuat serta berguna menghubungkan jari-jari ke baris tulang karpal proksimal dan distal. Selain stabilitas, ligamen juga memungkinkan tangan dan lengan bawah bergerak bersamaan.

3. Memastikan Tangan Bergerak dengan Lengan Bawah

Pada ligamen radiocarpal di tulang pergelangan tangan, bagian ini berguna untuk memastikan tangan bergerak dengan lengan bawah selama pronasi. Selain itu, bagian ini juga berguna memberikan stabilitas dengan mengurangi gerakan lateral.

4. Menggerakkan Jari Tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan lainnya adalah agar dapat menggerakkan jari-jari di tangan. Bagian ini dapat membuat semua jari pada tangan dapat bergerak dengan luwes ke semua bagian.

Itulah beberapa fungsi dari pergelangan tangan, salah satu bagian penting yang perlu dijaga kesehatannya. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa tahu cara kerja dari tulang pada tangan ini dalam mendukung kegiatan untuk beraktivitas. Kamu mungkin juga bisa menilai jika sekiranya sedang mengalami cedera pada pergelangan tangan dengan melihat berbagai fungsinya.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan ini bisa didapatkan hanya menggunakan Idi tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Understanding the Bones of the Hand and Wrist.
Stat Pearls. Diakses pada 2022. Anatomy, Shoulder and Upper Limb, Wrist Joint.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan