Gamophobia Dapat Menyebabkan Krisis Populasi? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Februari 2023

“Gamophobia adalah ketakutan akan pernikahan dan komitmen. Perpisahan, perceraian, atau pengabaian yang menyakitkan selama masa kanak-kanak atau dewasa dapat menjadi penyebab gamophobia sehingga menyebabkan rendahnya angka kelahiran”

Gamophobia Dapat Menyebabkan Krisis Populasi? Ini FaktanyaGamophobia Dapat Menyebabkan Krisis Populasi? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Gamophobia merupakan perasaan takut untuk menikah dan menjalani komitmen. Kondisi fobia ini menandakan ketakutan yang berlebihan dan terus-menerus terhadap hubungan, komitmen, atau pernikahan. 

Seseorang yang mempunyai gamophobia sulit untuk membentuk hubungan dengan orang lain dan mempengaruhi kemampuannya untuk dapat menjalani kehidupan sehari-hari secara normal. 

Gamofobia lebih dari sekadar dari berhati-hati atau sedikit keengganan untuk membuat komitmen besar. Orang dengan fobia ini mengalami kecemasan yang intens ketika bertemu pada kenyataan atau terkadang hanya memikirkan, tentang hubungan atau pernikahan yang berkomitmen.

Beberapa gejala yang dapat terjadi pada seseorang gamophobia adalah perasaan cemas, takut, atau panik. Penderita gamophobia mengambil langkah-langkah untuk menghindari melakukan seperti menjauhkan diri dari orang lain, putus dengan orang yang mereka kencani, atau menghindari kencan.

Kaitan Gamophobia dengan Krisis Populasi

Sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang takut untuk berkomitmen, karena tidak semua orang dengan kondisi tersebut mencari bantuan atau menerima diagnosis. Tanpa berkonsultasi, tidak mudah untuk mengetahui apakah kamu menderita gamophobia dengan ketakutan seperti takut ditolak, takut akan keintiman, takut mempercayai orang lain bahkan takut mempunyai anak.

Banyaknya orang yang mengalami gamophobia dapat menyebabkan angka kelahiran dalam suatu populasi mengalami penurunan. Hal ini bersumber dari kuatnya rasa takut seseorang akan suatu pernikahan atau komitmen dapat menurunkan hubungan yang lebih intim dengan pasangan.

Penyebab rasa takut akan pernikahan atau komitmen

Gamophobia dapat berkembang sejak dini. Penyebabnya dapat berasal dari beragam faktor. Ketakutan akan komitmen dapat muncul dari trauma tertentu, seperti menyaksikan hubungan orang tua yang sulit atau perceraian.

Gamophobia juga dapat muncul dari ketidakjelasan hubungan sebelumnya yang tidak berhasil maupun perasaan takut kehilangan jika berkomitmen dengan seseorang. 

Cara Mengatasi Gamophobia

Apabila kamu sadar mempunyai rasa kecemasan yang kuat, kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya. Tidak hanya berbicara dengan terapis beberapa strategi lain mungkin bisa membantu:

1. Pertimbangkan Riwayat Personal Diri

Luangkan waktu untuk memikirkan riwayat hubunganmu. Bagaimana ketakutan kamu akan suatu komitmen dapat mempengaruhi hubungan kamu di masa lalu? Apakah kamu berulang kali meninggalkan hubungan? Apakah kamu mendorong orang menjauh? Atau apakah kamu melakukan sabotase diri saat hubungan berjalan baik?

2. Pikirkan Tentang Kebutuhan Diri

Pertimbangkan apakah ketakutan kamu dapat menghalangi dari apa yang benar-benar kamu inginkan. Kamu mungkin belum tentu menginginkan atau siap untuk hubungan yang serius, jangka panjang, dan berkomitmen. 

Tetapi jika kamu merasa kehilangan apa yang benar-benar diinginkan, penting untuk mengambil langkah-langkah dalam mengatasi rasa takut tersebut, sehingga kamu dapat membentuk hubungan yang sehat, penuh kasih, dan langgeng dengan orang lain.

3. Membuat Jurnal

Mengekspresikan pikiran dan ketakutan kamu secara tertulis bisa menjadi cara yang berguna untuk mengeksplorasi apa yang kamu rasakan. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengeksplorasi pola dalam pikiran dan perilaku yang mungkin berkontribusi pada perasaan takut.

4. Cobalah Teknik Relaksasi

Mulailah berlatih strategi relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, yoga, atau mindfulness. Kamu dapat menggunakan teknik ini untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

Gamophobia dapat berdampak serius pada kemampuan seseorang untuk membentuk dan memelihara hubungan. Dengan mengatasi ketakutan dan menemukan cara untuk melewati ketakutan ekstrim akan komitmen, Kamu akan lebih mampu membentuk keterikatan tanpa merasa perlu menghindari komitmen jangka panjang.

Kepribadian gamophobia dapat berdampak negatif pada kehidupan seseorang dan menyebabkan kesepian atau keterasingan, karenanya pengobatan sangatlah penting. Perawatan efektif yang dapat membantu termasuk terapi perilaku kognitif, terapi pemaparan, dan desensitisasi dan pemrosesan ulang gerakan mata. 

Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut kamu dapat menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi tunggu apalagi. Yuk, langsung saja unduh aplikasi Halodoc dari App Store atau Play Store smartphone kamu.

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 223. Gamophobia (Fear of Commitment).
Healthline. Diakses pada 2023. Gamophobia, The Fear of Commitment and Marriage
Very Well Mind. Diakses pada 2023. What Is Gamophobia? A fear of marriage and commitment.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan