• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gangguan Imun Tubuh Bisa Picu Henoch Schonlein Purpura

Gangguan Imun Tubuh Bisa Picu Henoch Schonlein Purpura

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta -  Masih asing dengan penyakit henoch schonlein purpura (HSP)? Masalah medis yang satu ini merupakan penyakit peradangan pembuluh darah pada kulit, sendi, usus, dan ginjal. 

Peradangan ini bisa menimbulkan ruam berwarna merah atau ungu pada kulit. Dalam kebanyakan kasus, biasanya ruam ini muncul pada tungkai bawah atau bokong. Jumlah ruamnya bisa hanya segelintir atau banyak.

Henoch schonlein purpura sebenarnya tidak terlalu umum terjadi. Sekalinya menyerang seseorang, biasanya penyakit ini diidap oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun.

Lantas, apa sih penyebab dari HSP? Benarkah henoch schonlein purpura bisa dipicu oleh gangguan imun? 

Baca juga: Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Henoch Schonlein Purpura

Gangguan Imun Gegara Infeksi

Henoch schonlein purpura ini terjadi ketika tubuh mengalami vaskulitis, bahasa awamnya peradangan pada pembuluh darah. Peradangan ini bisa menimbulkan perdarahan di dalam kulit. Nah, kondisi inilah yang bakal memunculkan ruam merah atau ungu pada kulit. Apa sebabnya?

Ternyata, ada dugaan kalau HSP disebabkan oleh adanya gangguan imun atau sistem kekebalan tubuh. Gangguan imun ini bisa dipicu oleh infeksi sebelumnya. Menurut ahli dalam jurnal di US National Library of Medicine National Institutes of Health, HSP merupakan gangguan akut pada imunoglobulin A (IgA).

Kondisi ini memang bisa sembuh dengan sendirinya bila diiringi  dengan perawatan suportif. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, HSP bisa memunculkan komplikasi serius, salah satunya gagal ginjal.

Masih dalam jurnal di atas, IgA berkaitan dan memainkan peran penting pada penyakit HSP. Gangguan yang kompleks pada antibodi-IgA bisa disebabkan oleh paparan antigenik dari infeksi atau efek samping pengobatan, yang berimbas pada pembuluh kecil (biasanya kapiler). Pembuluh darah kecil yang terdampak biasanya di area kulit persendian, ginjal, atau saluran gastrointestinal. 

Selain infeksi, gangguan sistem imun pada kasus HSP juga bisa dipicu oleh hal lain. Contohnya, obat-obatan, makanan, cuaca dingin, atau gigitan serangga. 

Ada hal lain yang perlu diketahui. Pada sebagian besar pengidapnya, HSP ini terjadi setelah mereka mengalami infeksi virus atau bakteri pada paru-paru dan tenggorokan.

Baca juga: 3 Cara Pengobatan Henoch Schonlein Purpura

Gejalanya Bukan Hanya Ruam

Ruam merah atau ungu pada kulit sejatinya memang menjadi gejala utama dari penyakit henoch schonlein purpura. Seperti yang dijelaskan di atas, ruam tersebut sering muncul pada bokong, tungkai, atau sekitar siku. Akan tetapi, ada kalanya ruam itu juga bisa muncul pada tubuh bagian atas dan wajah. 

Hal yang perlu diketahui, selain ruam ada juga gejala lainnya yang bisa dialami oleh pengidapnya. Misalnya: 

  • Demam.

  • Nyeri perut.

  • Adanya darah pada urine atau feses.

  • Nyeri sendi, terutama pada lutut dan pergelangan kaki. Kondisi ini juga bisa disertai dengan tanda peradangan lain, seperti bengkak dan merah.

  • Muntah.

Nah, bila dirimu atau anggota keluarga ada yang mengalami gejala-gejala di atas, segeralah temui dokter, atau kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. 

Baca juga: Apakah Henoch Schonlein Purpura Bisa Disembuhkan?

Segera Atasi, Komplikasi Taruhannya

Sebaiknya jangan sekali-kali meremehkan HSP. Andaikan dibiarkan berlarut-larut, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi serius. Dalam banyak kasus, komplikasi kasus HPS umumnya terkait dengan fungsi ginjal. Contohnya, urine mengandung protein, urine disertai darah, mata dan pergelangan kaki menjadi bengkak karena penumpukan cairan, atau hipertensi. 

Gangguan fungsi ginjal ini lebih sering terjadi pada orang dewasa ketimbang anak-anak. Hal yang perlu digarisbawahi, hal ini bisa mengakibatkan gagal ginjal. Selain itu, HSP juga bisa menimbulkan orchitis (pembengkakan dan nyeri pada testis) dan intususepsi (terlipat dan tersumbatnya usus).

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Disease and Conditions. Henoch-Schönlein Purpura. 
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Health A-Z. Henoch-Schönlein Purpura. 
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Henoch Schonlein Purpura (Anaphylactoid Purpura, HSP).