06 December 2018

Apakah Henoch Schonlein Purpura Bisa Disembuhkan?

Apakah Henoch Schonlein Purpura Bisa Disembuhkan?

Halodoc, Jakarta - Apabila Si Kecil mengalami ruam dengan banyak memar kecil pada area kaki bagian atas atau bokong, maka hal ini tidak dapat dianggap remeh sebab ini bisa menjadi indikasi bahwa Si Kecil terserang Henoch-Schonlein Purpura (HSP). Penyakit ini cukup berbahaya sebab menyebabkan peradangan sehingga pembuluh darah di kulit, usus, ginjal, dan persendian mulai mengalami kebocoran. Kabar baiknya, penyakit ini tidak menular dan tidak diturunkan di dalam keluarga. Sebagian besar pengidap HSP dapat pulih dalam waktu beberapa minggu.

Penyebab Henoch-Schonlein Purpura

Henoch-Schonlein Purpura (HSP) terjadi akibat adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh akibat infeksi sebelumnya. Infeksi yang bisa menyebabkan kondisi ini biasanya menyerang area tenggorokan dan paru-paru. Gangguan sistem imun ini juga dapat dipicu oleh makanan, obat-obatan, cuaca dingin, bahkan gigitan serangga sekalipun. Penelitian mencatat bahwa anak laki-laki yang berusia 2 hingga 6 tahun.

Gejala Henoch-Schonlein Purpura

Gejala utama yang muncul adalah ruam merah atau ungu. Tidak hanya muncul pada bagian bawah tubuh, terkadang ruam bisa muncul pada tubuh bagian atas serta wajah. Gejala HSP lain yang dapat mungkin muncul antara lain:

  • Nyeri perut.

  • Nyeri pada sendi, terutama pada lutut dan pergelangan kaki. Nyeri ini pun dapat disertai dengan tanda-tanda peradangan lain, seperti merah dan bengkak.

  • Demam.

  • Muntah.

  • Feses dan urine yang disertai darah.

Komplikasi Henoch-Schonlein Purpura

Sebagian besar kasus, gejala penyakit ini membaik dalam waktu satu bulan tanpa meninggalkan masalah namun sayangnya kekambuhan dapat terjadi. Apabila tidak dilakukan penanganan yang tepat, komplikasi dapat terjadi yang terkait dengan purpura Henoch-Schonlein antara lain:

  • Kerusakan ginjal. Komplikasi paling serius dari Henoch-Schonlein Purpura adalah kerusakan ginjal. Risiko ini lebih besar pada orang dewasa dibandingkan pada anak-anak. Terkadang kerusakan dapat semakin parah sehingga membutuhkan transplantasi ginjal.

  • Penyumbatan usus. Dalam kasus yang jarang, Henoch-Schonlein Purpura dapat menyebabkan intususepsi yakni kondisi saat bagian usus melipat ke dalam sehingga mengganggu pencernaan.

Pengobatan Henoch-Schonlein Purpura

Kabar baiknya, penyakit ini dapat disembuhkan. Namun jika komplikasi sudah terjadi, maka perawatan di rumah sakit wajib dilakukan. Tindakan operasi bahkan dapat dilakukan jika HSP sudah mengakibatkan usus terlipat atau pecah. Sebagian besar kasus HSP tidak serius dan penyembuhan diupayakan melalui istirahat di rumah serta obat-obatan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyakit ini mungkin untuk kambuh. Maka dari itu, meskipun sudah pulih, perlu dilakukan pemeriksaan darah secara rutin untuk mencegah gangguan ginjal.  Pengamatan berkala tersebut perlu dilakukan selama 6 bulan dan dapat dihentikan jika tidak ada masalah lain yang timbul sama sekali.

Kini, ibu dapat membicarakan kondisi kesehatan bayi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc.  Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja untuk meminta saran kesehatan. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: