Gangguan Kesehatan Akibat Tidak Menjaga Kebersihan Air

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Maret 2023

“Air adalah sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia. Kebersihan air yang tidak dijaga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti kanker, gangguan hormon.”

Gangguan Kesehatan Akibat Tidak Menjaga Kebersihan AirGangguan Kesehatan Akibat Tidak Menjaga Kebersihan Air

Halodoc, Jakarta – Terkadang tingkat kuman dan bahan kimia berbahaya dapat mencemari air yang kita gunakan sehari-hari. Kuman dan bahan kimia dapat masuk ke air di sumbernya (misalnya, air tanah, air dari danau atau sungai) maupun saat air mengalir melalui sistem distribusi.

Sebagian besar orang mungkin akan merasakan lebih rentan sakit karena bakteri dan bahan kimia di dalam air, terutama anak kecil. Melindungi kesehatan anak menjadi bagian yang sangat penting. Salah satu upayanya dengan menyediakan kualitas air yang baik.

Gangguan Kesehatan yang Terjadi

Air merupakan sumber daya alam yang penting bagi semua kehidupan di bumi. Ketika sumber air terkontaminasi, dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kanker atau penyakit kardiovaskular. 

Beberapa risiko yang terjadi karena menelan racun kimia dalam air dapat berisiko:

  • Kanker
  • Gangguan hormon
  • Fungsi otak yang berubah
  • Kerusakan sistem kekebalan dan reproduksi
  • Masalah kardiovaskuler dan ginjal
  • Timbulnya penyakit kolera, giardia, dan tifus.

Berenang di air yang terkontaminasi juga bisa memicu:

  • Ruam
  • Mata merah muda
  • Infeksi pernapasan
  • Hepatitis

Cara Menjaga Kebersihan Air

Jika kamu memiliki sumur sendiri, maka dapat menguji kualitas airnya. Pengujian sedikitnya setahun sekali untuk mengetahui kualitasnya seperti sanitasi, E. coli, nitrat, dan bakteri atau bahan kimia lain yang menjadi perhatian setempat.

Periksa juga air keran di rumah atau jika kamu mencurigai adanya masalah (seperti perubahan rasa atau bau). Bakteri dan bahan kimia dapat masuk ke dalam sumur setelah banjir, terutama jika sumur tersebut dangkal, telah digali atau dibor, atau telah digenangi air selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Penggunaan air yang bersih dapat mencegah dari berbagai penyakit. Air yang bersih memiliki peranan yang penting bagi kehidupan. Hampir di segala aktivitas membutuhkan air, seperti mandi, mencuci tangan. 

Selain membutuhkan air yang bersih, mandi, dan mencuci tangan juga memerlukan sabun supaya lebih efektif melindungi dari kuman dan virus, terutama bagi anak kecil yang masih rentan. Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 formula Activ Silver+ dapat menjadi pilihan sabun yang tepat. 

Lifebuoy Anti Bakteri bekerja dengan kekebalan kulit untuk melawan kuman dan bakteri yang tidak sehat. Sabun Cair Pouch ini, dapat melindungi kulit dari berbagai polutan dan kuman yang menempel di tubuh setelah seharian beraktivitas di luar.

Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 menawarkan perlindungan ampuh yang 10 kali lebih kuat melawan bakteri patogen. Dengan formula Activ Silver+, bekerja dengan daya tahan kulit dan melawan bakteri. Dengan tubuh yang bersih bebas kuman, kamu dan keluarga dapat beraktivitas dengan nyaman sepanjang hari tanpa khawatir terserang bakteri penyebab penyakit.

Lifebuoy Antibacterial Body Wash Total 10 mengandung busa yang lembut dan mampu meresap jauh ke dalam pori-pori, membersihkan secara mendalam dan menghilangkan bakteri penyebab penyakit. 

Lifebuoy memberikan diskon berkonsultasi dengan dokter hingga 50 ribu melalui Halodoc. Caranya, dengan membeli Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash total 10 pack mulai dari 250ml, 400ml, hingga 825ml bertanda khusus Halodoc. 

Temukan dan scan kode QR di bagian belakang produk Lifebuoy, pilih dokter dan masukkan kode penawaran LIFEBUOYHALODOC di halaman pembayaran untuk mendapatkan potongan harga. Download aplikasi Halodoc segera dari App Store atau Google Play. 

Jadi tunggu apalagi, yuk, langsung saja unduh aplikasi Halodoc dari App Store atau Play Store smartphone kamu.

Referensi:
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Water Contamination and Diseases
Medical News Today. Diakses pada 2023. What effects does water pollution have on human health?
Natural Resources Defense Council. Diakses pada 2023. Water Pollution: Everything You Need to Know

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan