Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Sebabkan Meningitis, Benarkah?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Maret 2021
Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Sebabkan Meningitis, Benarkah?Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Sebabkan Meningitis, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Setiap orang disarankan untuk menjalankan gaya hidup sehat agar terhindar dari segala gangguan yang membahayakan tubuh. Beberapa kebiasaan, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat menjadi contoh rutinitas yang dapat meningkatkan risiko dari penyakit berbahaya. Salah satu penyakit yang dapat terjadi adalah meningitis, yaitu gangguan yang terjadi pada selaput otak. Namun, bagaimana caranya kedua hal ini saling berkaitan? Ketahui jawabannya di sini!

Peningkatan Risiko Meningitis Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat

Meningitis adalah peradangan pada meninges, atau selaput yang melapisi otak dan sumsum tulang belakang. Gangguan ini umumnya terjadi disebabkan oleh infeksi akibat virus, bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya. Jenis meningitis yang paling umum terjadi akibat serangan dari bakteri. Saat menyerang, ancaman pada nyawa hingga terjadinya kematian bisa terjadi jika tidak ditangani dengan benar.

Baca juga: Apakah Meningitis Dapat Menular?

Tentu hal yang paling efektif untuk pengobatan adalah mencegahnya sejak awal. Salah satu caranya adalah dengan menghindari gaya hidup tidak sehat. Beberapa kebiasaan buruk yang rutin dilakukan mampu meningkatkan risiko dari meningitis. Maka dari itu, dengan mengetahui segala kebiasaan yang perlu dihindari, diharapkan risiko untuk mengidap gangguan pada selaput otak ini semakin kecil. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk tersebut:

1. Merokok

Pada ibu hamil yang merokok, risiko untuk anak mengalami meningitis hingga kehilangan nyawa dapat berlipat ganda. Selain itu, anak kecil yang menghirup asap tembakau di rumah juga dapat menjadi lebih rentan terhadap infeksi dari meningokokus invasif. Disebutkan jika setiap tahunnya ratusan anak yang terpapar asap rokok orang lain di Inggris, mengidap penyakit radang selaput otak yang invasif. Selain otak, gangguan ini juga dapat menyebabkan dampak buruk pada darah, paru-paru, serta persendian.

Baca juga: Meningitis Bisa Berakibat Fatal Ketahui Cara Mencegahnya

2. Konsumsi Alkohol

Risiko untuk mengalami meningitis juga dapat meningkat jika seseorang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol. Saat mengonsumsi alkohol secara berlebihan, beberapa ahli medis percaya jika hal ini dapat meningkatkan kerentanan terhadap Meningitis meningococcal. Gangguan ini berisiko terjadi karena konsumsi alkohol yang melebihi batas dapat menyebabkan defisiensi kekebalan, sehingga tubuh lebih rentan terhadap radang selaput otak karena bakteri.

3. Jarang Mencuci Tangan

Setiap orang disarankan untuk rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan beberapa kegiatan. Alangkah lebih baik untuk mencuci tangan dengan sabun dan air karena lebih efektif dalam membunuh bakteri dan kuman. Hal ini berbanding lurus dengan pencegahan meningitis dan infeksi dari penyakit lainnya. Cobalah untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah berinteraksi dengan orang, terlebih lagi yang sedang sakit.

Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari segala kebiasaan buruk tersebut agar tubuh lebih sehat. Bukan hanya dapat mencegah meningitis, penyakit berbahaya lainnya juga dapat dihindari, seperti gangguan paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok dan masalah pada jantung jika terlalu banyak konsumsi alkohol. Untuk masa depan yang lebih sehat, ada baiknya lebih rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Baca juga: Mengenal Meningitis yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Jika kamu ingin mengetahui gaya hidup buruk lainnya yang dapat meningkatkan risiko dari meningitis, dokter dari Halodoc akan memberitahu dengan selengkap-lengkapnya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan hanya dengan menggunakan smartphone di tangan. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Nursing Times. Diakses pada 2021. Smoke linked to cause of meningitis.
Emedicinehealth. Diakses pada 2021. Meningitis Quiz: Test Your Infectious Disease IQ.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan