GERD Selalu Kambuh? Saatnya Konsultasi ke Dokter Spesialis Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Januari 2024

“GERD atau penyakit asam lambung dapat menimbulkan gejala berupa nyeri ulu hati dan heartburn. Dokter spesialis yang sudah memiliki pengalaman mumpuni mampu memberikan solusi tepat untuk mengatasinya”

GERD Selalu Kambuh? Saatnya Konsultasi ke Dokter Spesialis IniGERD Selalu Kambuh? Saatnya Konsultasi ke Dokter Spesialis Ini

DAFTAR ISI

  1. Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Atasi GERD
    1. dr. Andy Darma Sp.A(K)
    2. dr. Raymond Sebastian Sp.PD, KGEH
    3. dr. Hendra Koncoro M.Biomed, Sp.PD-KGEH
    4. dr. Dumawan Harris Parhusip Sp.PD-KGEH, MKes, FINASIM
    5. dr. I Gusti Agung Indra Adi Kusuma Sp.PD

Halodoc, Jakarta – GERD terjadi saat asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Akibatnya,  kamu merasakan nyeri pada ulu hati, heartburn, dan gejala lainnya di daerah dada bagian bawah dan perut. 

Orang yang mengidap penyakit ini umumnya mengalami refluks asam ringan minimal dua kali seminggu, sementara kasus yang lebih parah terjadi setidaknya sekali seminggu.

Oleh karena itu, penting untuk memahami cara meredakan gejalanya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Atasi GERD

Jika kamu merasakan gejala yang mengarah ke GERD, sebaiknya jangan tunda untuk menghubungi dokter untuk solusi tepat untuk mengatasinya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter spesialis  yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun.

Mereka juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani, ini daftarnya: 

1. dr. Andy Darma Sp.A(K)

Dokter Andy Darma Sp.A(K) merupakan dokter spesialis anak dengan sub spesialis gastroenterologi dan hepatologi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 1996 dan 2009.

Dokter Andy Darma Sp.A(K) berpraktik di Surabaya dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Berbekal pengalaman selama 28 tahun, dr. Andy Darma Sp.A(K) memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait masalah kesehatan yang dialami anak-abak, termasuk GERD. 

Dengan sub spesialis gastroenterologi dan hepatologi yang ia miliki, dr. Andy Darma Sp.A(K) mampu memberikan saran dan solusi terkait penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan organ-organnya.

Chat dr. Andy Darma Sp.A(K) mulai dari Rp 130.000,- di Halodoc

2. dr. Raymond Sebastian Sp.PD, KGEH

Rekomendasi dokter lain yang bisa kamu hubungi, yaitu dr. Raymond Sebastian Sp.PD, KGEH  yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2002 dan Universitas Indonesia pada 2011. 

Ia berpraktik di Jakarta Barat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 22 tahun, dr. Raymond Sebastian Sp.PD, KGEH memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit dalam, terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti GERD.

Chat dr. Raymond Sebastian Sp.PD, KGEH mulai dari Rp 200.000,- di Halodoc

Jika kamu mengalami GERD tiba-tiba, Ini 5 Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik yang perlu kamu tahu. 

3. dr. Hendra Koncoro M.Biomed, Sp.PD-KGEH

Pilihan selanjutnya, yaitu dr. Hendra Koncoro M.Biomed, Sp.PD-KGEH yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada 2009 dan Universitas Udayana pada 2016.

Ia berpraktik di Jakarta Pusat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Hendra Koncoro M.Biomed, Sp.PD-KGEH memberikan layanan konsultasi di Halodoc yang berfokus pada masalalah sistem pencernaan, seperti GERD. 

Selain GERD, Inilah Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Chat dr. Hendra Koncoro M.Biomed, Sp.PD-KGEH mulai dari Rp 215.000,- di Halodoc.

4. dr. Dumawan Harris Parhusip Sp.PD-KGEH, MKes, FINASIM

Dokter Dumawan Harris Parhusip Sp.PD-KGEH, MKes, FINASIM merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara pada 2004 dan 2008.

Ia berpraktik di Jakarta Pusat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 20 tahun, dr. Dumawan Harris Parhusip Sp.PD-KGEH, MKes, FINASIM memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit dalam, terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan, seperti GERD.

Chat dr. Dumawan Harris Parhusip Sp.PD-KGEH, MKes, FINASIM mulai dari Rp 215.000,- di Halodoc

5. dr. I Gusti Agung Indra Adi Kusuma Sp.PD

Kemudian, kamu juga bisa menghubungi dr. I Gusti Agung Indra Adi Kusuma Sp.PD yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara pada 2004 dan 2008.

Ia berpraktik di Jakarta Pusat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 20 tahun, dr. I Gusti Agung Indra Adi Kusuma Sp.PD memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit dalam, terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti GERD.

Chat dr. I Gusti Agung Indra Adi Kusuma Sp.PD mulai dari Rp 215.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis yang bisa membantu kamu mengatasi GERD. Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Gastroesophageal Reflux Disease.
Web MD. Diakses pada 2024. Heartburn Surgery.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan