• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Memengaruhi Kesuburan Wanita Kantoran
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Memengaruhi Kesuburan Wanita Kantoran

Hal yang Memengaruhi Kesuburan Wanita Kantoran

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 22 Mei 2018
Hal yang Memengaruhi Kesuburan Wanita KantoranHal yang Memengaruhi Kesuburan Wanita Kantoran

Halodoc, Jakarta – Menjadi wanita karier yang menghabiskan sebagian waktu di kantor sudah tak asing lagi. Kini semakin banyak wanita yang merasa perlu memiliki kegiatan dan kesibukan sendiri. Melakukan pekerjaan yang disukai dan bertemu banyak orang di luar rumah memang menyenangkan. Tapi, adakah hal-hal yang memengaruhi kesuburan seorang wanita yang kerap berada di lingkungan kantor?

Sangat penting bagi wanita untuk memperhatikan soal kesuburan, terutama jika tengah merencanakan kehamilan. Sebab hamil dan memiliki keturunan merupakan impian hampir setiap wanita yang sudah berkeluarga. Namun ternyata, ada beberapa kebiasaan wanita kantoran yang bisa memicu masalah kesuburan. Mulai dari terlalu lelah, stres karena tekanan pekerjaan, hingga gaya hidup “orang kantoran”.

(Baca juga: Puasa Dapat Meningkatkan Kesuburan)

Soal Berat Badan

Salah satu hal yang sangat memengaruhi peluang hamil pada wanita adalah berat badan. Saat merencanakan kehamilan, maupun sedang hamil, seorang harus sangat memperhatikan berat badannya. Tingkat kegemukan atau body fat bagi wanita sebaiknya tidak lebih maupun kurang dari 10-15 persen berat badan normal.

Nah bagi wanita kantoran, kebiasaan makan yang berantakan adalah hal yang wajar. Entah makan terlalu banyak yang menyebabkan kegemukan atau justru terlalu sering melewatkan waktu makan.

Jadwal Menstruasi

Menstruasi yang tidak teratur pun relatif sering terjadi pada wanita yang aktif bekerja di kantor. Salah satu pemicunya adalah stres akibat tekanan pekerjaan yang memengaruhi siklus hormonal. Padahal, jadwal menstruasi yang tidak teratur pada wanita dapat memengaruhi proses ovulasi. Selain itu, jika saat menstruasi darah yang keluar tidak menentu, seperti terlalu banyak atau terlalu sedikit pun dapat membuat kesuburan terganggu.

(Baca juga: Cara Mengetahui Tingkat Kesuburan Wanita)

Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk menghindari hal-hal yang memicu stres. Jika sulit menghindarinya, lakukanlah beberapa kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan jika masalah mulai melanda.

Alkohol dan Rokok

Stres dengan tekanan kerja kerap membuat wanita ingin hang out dan menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Dalam acara kumpul-kumpul tersebut, tak jarang alkohol dan rokok menjadi menu pelengkap.

Hati-hati, pasalnya wanita yang memiliki kebiasaan minum alkohol dan merokok yang tinggi dapat menyebabkan ketidaksuburan. Disarankan bagi wanita untuk tidak mengonsumsi alkohol lebih dari lima kali dalam seminggu. Jika kamu tidak merokok, hati-hati juga dengan paparan rokok di sekitarmu. Karena menghirup asap rokok orang lain juga berbahaya.

(Baca juga: 4 Penyebab Sulit Hamil Meski Pasangan Subur)

Beban dan Jam Kerja

Tak jarang, wanita kantoran dituntut untuk bisa melakukan banyak hal sekaligus. Termasuk mengangkat dan memindahkan barang yang cukup berat. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata juga bisa memengaruhi tingkat kesuburan, lho.

Selain itu, jam kerja yang dibagi ke dalam beberapa shift pun bisa menjadi pemicu menurunnya kesuburan pada wanita. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine menemukan, jam kerja pada sore atau malam hari dan kerja shift dapat memengaruhi kesuburan wanita.

Penyakit yang Diderita

Penyakit yang diderita wanita pun dapat memengaruhi tingkat kesuburan. Wanita yang menderita penyakit seperti lupus, diabetes, tiroid dan radang sendi juga punya peluang terganggu kesuburannya.

Jadi, jika Anda adalah wanita karier yang tengah merencanakan kehamilan pastikan untuk memerhatikan hal-hal di atas. Kurangi kebiasaan yang dapat memperburuk kondisi kesehatan. Selain itu, cobalah untuk mendiskusikan masalah kesuburan dengan dokter terpercaya di Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc segera di App Store dan Google Play!