• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hari Kanker Anak Sedunia, Waspadai Gejala Dini pada Si Kecil

Hari Kanker Anak Sedunia, Waspadai Gejala Dini pada Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kanker bukanlah penyakit yang hanya dialami oleh orang dewasa saja. Anak-anak pun bisa mengidap penyakit mematikan satu ini. Apalagi, jika gejala yang muncul tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Gejala kanker pada anak menjadi salah satu hal yang kerap tidak disadari oleh para orangtua. Oleh karena itu, orangtua perlu mengenali gejala kanker pada anak sejak dini, agar langkah penanganan dapat dengan tepat dilakukan, sehingga potensi keberhasilan meningkat. Berikut ini beberapa gejala yang perlu ibu waspadai.

Baca juga: Ini 4 Jenis Kanker Tulang yang Perlu Diketahui

Sejumlah Tanda Kanker pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sama halnya dengan orang dewasa, gejala kanker yang dialami oleh anak akan tergantung pada organ yang terkena. Anak belum bisa terus terang mengenai apa yang ia rasakan. Oleh karena itu, ibu perlu mengetahui dan memantau gejalanya secara umum. Berikut ini beberapa gejala umum kanker yang dialami oleh anak:

  • Anak memiliki wajah yang pucat.
  • Anak selalu terlihat lemas dan tidak bertenaga.
  • Anak mengalami penurunan makan, bahkan tidak mau makan.
  • Anak mengalami pembengkakan atau benjolan pada area tubuh yang terkena kanker.
  • Anak mengeluhkan sakit di area yang sama dalam waktu yang lama.
  • Anak mudah berdarah atau mengalami lebam.
  • Anak kesulitan untuk bergerak atau berjalan.
  • Anak mengalami demam yang tidak membaik.
  • Anak mengeluhkan sering sakit kepala dan muntah-muntah.
  • Anak mengalami gangguan penglihatan secara tiba-tiba.
  • Anak mengalami penurunan berat badan tanpa sebab.

Ibu perlu mengetahui jika setiap anak akan mengalami gejala kanker yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi kesehatan dan organ yang terkena. Segera periksakan anak ke rumah sakit terdekat jika ibu melihat sejumlah gejala kanker pada anak. Ingat, pengobatan yang disegerakan dapat meningkatkan persentase kesembuhan. Jadi, jangan tunggu hingga gejala berkembang semakin parah ya, bu.

Baca juga: Sering Menyerang Wanita, Ketahui Jenis Kanker Ini

Jenis Kanker Menentukan Gejala yang Muncul

Ada banyak sekali jenis kanker yang bisa saja dialami. Meski demikian, hanya ada enam kanker yang paling sering diidap oleh anak berikut ini:

1. Kanker darah, atau leukemia, yaitu penyakit yang ditandai dengan penurunan nafsu makan, demam hingga menggigil, nyeri sendi dan tulang, pembengkakan kelenjar getah bening, pucat, mudah lelah dan lemas, napas pendek, dan lain-lain.

2. Kanker mata, yaitu penyakit yang ditandai dengan pupil mata berwarna putih, mata juling, kemerahan di area sekitar mata, penglihatan buram, pembesaran bola mata, dan lain-lain.

3. Kanker saraf, yaitu penyakit yang ditandai dengan penurunan nafsu makan, pembengkakan perut atau leher, nyeri tulang, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, kaki melemah, pucat, gangguan buang air, dan lain-lain.

4. Kanker tulang, yaitu penyakit yang ditandai dengan nyeri tulang, patah tulang tiba-tiba, sulit menggerakkan sendi, demam, pucat, cepat lelah, penurunan berat badan, dan lain-lain.

5. Kanker nasofaring, yaitu penyakit yang ditandai dengan pembengkakan kelenjar bening di leher, hidung tersumbat, telinga berdengung, sakit kepala, susah menelan, susah membuka atau menutup mulut, dan lain-lain.

6. Kanker kelenjar getah bening, yaitu penyakit yang ditandai dengan pembengkakan pada ketiak, sesak napas, demam, lemah, penurunan nafsu makan, masalah pencernaan, dan lain-lain.

Baca juga: Waspadai Beberapa Jenis Kanker yang Sering Menyerang Pria Ini

Untuk mencegah anak mengidap penyakit yang berbahaya, sebaiknya ibu selalu memberikan makanan sehat bergizi seimbang, serta menerapkan pola hidup sehat lainnya sejak dini. Pemberian multivitamin atau suplemen tambahan juga disarankan jika anak dirasa kurang mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Untuk mengetahui vitamin apa yang diperlukan oleh Si Kecil, ibu bisa mendiskusikannya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Cancer.org. Diakses pada 2021. Finding Cancer in Children.
Cancerresearchuk.org. Diakses pada 2021. Signs and symptoms of cancer in children.
Cancer.net. Diakses pada 2021. Childhood Cancer: Symptoms and Signs.