• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu Alasan Keluarga Jadi Penentu Kesehatan Mental

Harus Tahu Alasan Keluarga Jadi Penentu Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu bahwa hubungan keluarga ternyata memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental, perilaku, dan kesehatan fisik seseorang? Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial, khususnya hubungan keluarga, dapat memiliki efek jangka panjang dan jangka pendek pada kesehatan mental seseorang.

Hubungan keluarga yang baik membuat seseorang merasa aman dan dicintai, dan memberikan rasa memiliki. Kamu juga dapat belajar keterampilan untuk mengelola kesulitan hidup dari keluarga. Sementara hubungan keluarga yang tidak sehat menyebabkan seseorang terjerumus ke dalam beberapa masalah kesehatan mental, bahkan membuat pemulihan menjadi makin sulit. 

Baca juga: Kapan Seseorang Membutuhkan Psikoterapi?

Dampak Hubungan Positif dalam Keluarga pada Kesehatan Mental 

Ketika hubungan keluarga stabil dan mendukung, seseorang yang memiliki masalah atau gangguan kesehatan mental mungkin lebih responsif terhadap pengobatan. Persahabatan, dukungan emosional, dan seringkali dukungan ekonomi berdampak positif pada seseorang yang menghadapi masalah kesehatan mental.

Sementara beberapa orang yang mengidap masalah kesehatan mental mungkin memerlukan dukungan keluarga yang kuat, yang lain mungkin hanya membutuhkan bantuan transportasi untuk mendapatkan perawatan atau ditemani setiap hari dalam proses pemulihan masalah kesehatan mental.

Baca juga: Kedekatan dengan Keluarga Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Dampak Hubungan Negatif dalam Keluarga pada Kesehatan Mental

Sementara itu, Australian Department of Health mengungkapkan, hubungan keluarga yang negatif dapat menyebabkan stres, berdampak pada kesehatan mental, dan menyebabkan gejala gangguan fisik. Keluarga yang tidak mendukung dapat mengurangi kesehatan mental seseorang dan atau menyebabkan penyakit mental kian memburuk.

Sebagian besar perawatan yang sering diandalkan oleh penderita kesehatan mental adalah dari keluarga, jadi ketika anggota keluarga menolak dukungan ini, proses pemulihan dapat terpengaruh secara negatif. Ada beberapa jenis masalah kesehatan mental yang bisa terjadi akibat hubungan keluarga yang tidak baik, yaitu:

Tindak Kekerasan

Baik kekerasan mental dan fisik bisa menyebabkan dampak negatif terhadap kesehatan mental. Ketika seorang anak mendapat tindak kekerasan, masalah kesehatan mental dapat terjadi dan ia akan membutuhkan manajemen seumur hidup. Semua bergantung pada keseriusan kekerasan atau pelecehan, jumlah waktu yang telah terjadi, dan kesehatan mental orang tersebut. Gejala-gejala gangguan mental bisa sangat mendalam dan memerlukan perawatan bertahun-tahun.

Stres Kronis

Stres kronis bisa mengurangi kualitas kesehatan mental dan fisik. Seiring waktu, stres ini mengarah pada pengembangan masalah kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi. Stres kronis dalam keluarga adalah masalah khusus karena sering membuat pengidapnya tidak memiliki banyak pilihan untuk menghilangkan stres.

Idealnya, stres ini dapat diatasi jika anggota keluarga bersedia mencari konseling. Namun, jika stres kronis berlanjut, kamu mungkin memerlukan terapi individu untuk mempelajari cara terbaik mengatasi keadaan keluarga mereka.

Baca juga: Bagaimana Cara Berdamai dengan Pengalaman Traumatis?

Jika kamu merasa keluarga memengaruhi kesehatan mental dengan cara yang negatif, kamu mungkin perlu mendiskusikan hal ini dengan psikolog di Halodoc. Atau jika perlu, kamu bisa pergi ke rumah sakit untuk menemui terapis atau konselor untuk mendapatkan bantuan guna meringankan gejala dan mempelajari strategi untuk mengatasi masalah keluarga. 

Keadaan kesehatan mental bukanlah sebuah pilihan, ia adalah konsekuensi dari situasi keluarga yang buruk. Namun, ini bukan berarti kamu terjebak di dalamnya. Kamu dapat memilih untuk mencari bantuan dari penyedia layanan kesehatan untuk mengatasi hal ini. 

Referensi:
Australian Department of Health - Head to Health. Diakses pada 2020. Connecting with Family.
Sylvia Brafman Mental Health Center. Diakses pada 2020. How Does Family Life Affect Mental Health?