Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Ringan saat Puasa

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 April 2022

“Terdapat beberapa manfaat olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa untuk kesehatan secara keseluruhan. Salah satunya seperti menjaga proses detoksifikasi pada tubuh tetap lancar.”

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Ringan saat PuasaHarus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Ringan saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Selama bulan Ramadan, tidak sedikit orang yang mengurangi aktivitas fisiknya. Bahkan, sebagian besar di antaranya juga berhenti berolahraga karena merasa bahwa kurangnya asupan pada tubuh dapat membahayakan. Padahal, olahraga di bulan puasa sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Selain itu, berolahraga selama puasa juga tidak harus dilakukan dengan intensitas yang berat. Sebab, kamu juga dapat menjajal olahraga ringan yang tidak menguras tenagamu secara berlebihan. Lantas, kira-kira apa saja manfaat olahraga ringan ketika puasa? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Manfaat Olahraga Ringan saat Puasa

Mulai dari menjaga proses detoksifikasi pada tubuh tetap lancar, hingga menjaga berat badan tetap ideal.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga ringan saat puasa: 

1. Menjaga Proses Detoksifikasi Tetap Lancar

Pada dasarnya, proses pengeluaran racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi terjadi ketika sistem pencernaan bekerja. Nah, ketika seseorang berpuasa, sistem pencernaan akan ikut beristirahat, di sinilah peran penting olahraga saat puasa.

Aktivitas fisik seperti olahraga ringan akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Maka dari itu, lakukanlah olahraga ringan sebelum berbuka agar proses detoksifikasi tubuh dapat berjalan lancar. 

2. Melancarkan Metabolisme

Kata ahli, tubuh mesti tetap dijaga dan dilatih agar tetap aktif bergerak. Salah satu tujuannya agar metabolisme tetap berjalan dengan optimal, sehingga tubuh tetap dalam kondisi fit. Sayangnya, bila kamu memilih untuk berhenti total berolahraga saat puasa, justru ini bisa menyebabkan berbagai perubahan yang signifikan pada otot, metabolisme, dan hormonal tubuh.

3. Lebih Bersemangat

Olahraga ringan juga bisa mengusir rasa letih, lesu, dan malas saat puasa. Enggak cuma itu, olahraga saat puasa pun bisa membuat kamu jadi lebih bersemangat. Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa menimbulkan rasa bahagia. 

Kamu pun tidak membutuhkan waktu lama kok untuk memunculkan produksi hormon ini. Menurut ahli dari University of Vermont, olahraga dalam 20 menit saja sudah bisa memperbaiki suasana hati hingga 12 jam.

4. Mengoptimalkan Kinerja Hormon

Olahraga saat puasa juga dapat membantu tubuh untuk mengoptimalkan kinerja hormon. Menariknya lagi, olahraga saat berpuasa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang berperan penting dalam mencegah penyakit diabetes.

Selain itu, rutin berolahraga selama bulan Ramadan juga dapat membantu tubuh untuk memicu produksi hormon pertumbuhan. Hormon ini berperan penting dalam pembentukan jaringan otot, meningkatkan kepadatan tulang, membakar lemak, hingga meningkatkan angka harapan hidup. 

5. Menjaga Berat Badan

Selama puasa, umumnya orang-orang cenderung akan mengurangi aktivitas fisik dan makan berlebihan saat berbuka. Alih-alih membuat berat badan semakin turun, hal tersebut justru malah membuat bobot tubuh akan semakin meningkat. Maka dari itu, penting bagimu untuk rutin berolahraga selama puasa. 

Sebab, rutin berolahraga selama puasa dapat membuat fungsi organ tubuh berjalan dengan normal. Ketika fungsi tubuh berjalan normal, maka seseorang akan makan sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Menariknya lagi, olahraga juga terbukti dapat membakar cadangan lemak, protein, dan glikogen untuk diubah menjadi energi. Nah, hal inilah yang juga dapat menjaga berat badan agar tidak meningkat.

Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dicoba

Prinsipnya olahraga selama puasa sebenarnya sederhana, yakni tidak melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang bisa menguras energi. Alternatifnya, lakukan olahraga-olahraga ringan yang tetap bisa membuat tubuh aktif dan fit. Nah, berikut olahraga ringan yang bisa kamu coba, antara lain: 

1. Jalan Santai 

Salah satu rekomendasi olahraga ringan yang dapat kamu coba adalah jalan santai. Meski terkesan sepele, nyatanya jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Contohnya seperti menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit dan stroke, memperkuat tulang, serta mengurangi lemak tubuh. Jika ingin mencobanya, kamu bisa melakukan jalan kaki santai 30 menit sebelum waktu berbuka puasa.

2. Joging

Rutin melakukan joging dikabarkan baik bagi kesehatan jantung. Pasalnya, olahraga ini dapat meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas tertinggi. Menariknya lagi, joging juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Agar aman, kamu dapat melakukan joging 30 menit sebelum berbuka. 

3. Yoga

Bagi kamu yang baru menjajal olahraga ini, lakukanlah dengan intensitas yang ringan agar tidak menguras tenaga. Namun, yoga juga dapat menjadi olahraga bagi kamu yang ingin berolahraga cukup intens dalam waktu singkat. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik ini di sore hari sambil menunggu waktu berbuka tiba.

4. Bersepeda

Salah satu olahraga ringan yang juga direkomendasikan selama puasa adalah bersepeda. Nah, kamu dapat mencoba bersepeda ini pada sore hari sambil memburu takjil. Jika kamu tidak ingin berkeliling, kamu juga dapat mencoba sepeda statis sebagai alternatifnya.  

Terkait manfaatnya, bersepeda dikabarkan dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung. Selain itu, rutin bersepeda juga baik untuk mengencangkan dan membangun otot. Terutama otot bagian bawah tubuh, seperti betis dan paha.

5. Beban Tubuh

Yang satu ini cukup sederhana, bisa kamu lakukan di mana pun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu. Misalnya, kamu bisa mencoba push up, sit up, jumping jack agar tubuh tetap aktif bergerak. 

Itulah beberapa manfaat olahraga ringan ketika berpuasa. Mulai dari menjaga proses detoksifikasi pada tubuh tetap lancar, hingga menjaga berat badan tetap ideal.

Namun, pastikan bahwa kondisi kesehatanmu benar-benar aman jika ingin berolahraga di bulan Ramadan. Tujuannya agar risiko berbagai gangguan kesehatan serius dapat diminimalkan. Maka dari itu, periksakanlah kesehatanmu kepada dokter terlebih dahulu. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Health Xchange.SG. Diakses pada 2022. ​Exercising During Ramadan. 
Healthline. Diakses pada 2022. How to Exercise Safely During Intermittent Fasting. 
Kompas. Diakses pada 2022. 4 Olahraga Ringan yang Cocok Digunakan Saat Berpuasa. 
Merdeka. Diakses pada 2022. Manfaat Olahraga saat Puasa, Bantu Tubuh Tetap Sehat dan Berenergi. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan