Hasil Testpack 1 Garis Tebal, Apa yang Harus Dilakukan?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Desember 2021

“Hasil testpack 1 garis tebal, tetapi menstruasi belum kunjung terjadi memang bikin wanita jadi khawatir. Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi karena kamu terlalu cepat melakukan pemeriksaan, jadi kamu bisa mencoba melakukan tes ulang beberapa hari setelahnya.”

Hasil Testpack 1 Garis Tebal, Apa yang Harus Dilakukan?Hasil Testpack 1 Garis Tebal, Apa yang Harus Dilakukan?

Halodoc, Jakarta – Untuk mendeteksi apakah kamu sedang hamil atau tidak, test pack adalah alat yang masih diandalkan banyak orang. Setelah merencanakan kehamilan, melakukan hubungan intim dan mengalami keterlambatan menstruasi, maka sudah pasti kamu akan segera pergi untuk membeli beberapa test pack. 

Secara umum, saat test pack menunjukkan dua garis, maka artinya kamu sedang dalam kondisi hamil. Namun, jika garisnya masih satu saja, maka kamu kehamilan belum terjadi. Pada beberapa kesempatan, test pack kadang juga menunjukkan hasil yang membingungkan, seperti mendapatkan hasil testpack 1 garis tebal, meskipun sudah mengalami keterlambatan menstruasi. Kemudian setelah kamu melakukan pemeriksaan ulang pada beberapa hari selanjutnya hasilnya masih sama, tetapi menstruasi belum kunjung datang. 

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi? Cari tahu jawabannya berikut ini!

Arti Hasil Testpack 1 Garis Tebal Saja

Perlu kamu ketahui dahulu bahwa test pack adalah alat yang mendeteksi kadar hCG. Ketidakmunculan 2 garis biasanya karena kadar hCG yang terlalu rendah. Jadi, test pack tidak akan mendeteksi kehamilan kalau kadar hCG terlalu rendah atau bisa juga terlalu tinggi. Kamu bisa saja hanya memiliki kadar hCG yang masih sangat rendah di awal kehamilan, jadi hasil test pack 1 garis tebal bisa terjadi. Dia biasanya memberikan hasil negatif,” ujar dr. Yeni.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan menggunakan test pack setelah terlambat menstruasi selama selama 2 minggu. Namun, jika sudah dua pekan kamu masih terlambat menstruasi dan hasil test pack masih negatif, ini bisa karena memang siklus menstruasi yang kamu alami berbeda, 

Wanita yang memiliki siklus menstruasi kurang atau lebih dari 28 minggu, maka masa subur dan kehamilan tidak bisa dideteksi. Bisa saja kehamilan terjadi di minggu ketiga mulai dari tahap haid terakhir. Ini yang menyebabkan hasil test pack 1 garis tebal saja atau masih negatif, meskipun sudah diperiksa saat terlambat 2 minggu. Jadi, kamu tidak perlu mendatangi dokter kandungan terlalu cepat, apalagi jika menstruasi terlambat dan test pack masih satu garis saja. 

Cara untuk Memastikan Kehamilan

Perlu kamu ketahui juga bahwa melakukan pemeriksaan USG di awal kehamilan juga belum tentu bisa menunjukkan tanda kehamilannya. Bahkan, hasil test pack yang positif sekalipun belum tentu saat pemeriksaan USG sudah dapat dilihat kondisi kehamilannya. Ini karena USG hanya akan mendeteksi kehamilan saat usianya sudah memasuki 4 minggu.

Untuk memastikan kondisi kehamilan, kamu harus mewaspadai gejala yang kamu alami. Apakah misalnya kamu sudah mulai mengalami morning sick atau semacamnya. Setelah itu, maka kamu bisa memeriksakan diri ke dokter. Mungkin dokter akan melakukan yang lebih akurat seperti melalui sampel darah atau pemeriksaan lainnya. 

Selain karena hamil, keluhan ini bisa saja terjadi karena penyebab lain. Misalnya saja dispepsia atau peningkatan asam lambung, infeksi virus atau bakteri, gangguan psikosomatis, endometriosis, kista ovarium, stres, migrain, hipoglikemia, anemia, dan masih banyak lagi. 

Selagi menunggu hasil test pack ulang, maka kamu bisa coba dulu mengatasi keluhan dengan beberapa langkah, misalnya: 

  • Makan-makanan sehat secara teratur.
  • Hindari dulu makan makanan asam, pedas, berlemak, dan berminyak berlebihan.
  • Coba makan dengan porsi kecil, tetapi sering.
  • Perbanyak istirahat, tidurlah yang cukup.
  • Rutin olahraga.
  • Minum air putih secukupnya.
  • Hindari minum obat tanpa resep dokter. 

Namun jika gejala tak kunjung hilang, kamu bisa periksakan diri ke rumah sakit terdekat. Untungnya kamu sekarang bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui Halodoc. Dengan begini kamu jadi tak perlu lagi repot antre. Praktis bukan? Yuk download Halodoc sekarang!

Referensi:
Babylist. Diakses pada 2021. How to Read a Pregnancy Test: Positive and Negative Results.
Healthline. Diakses pada 2021. Faint Positive Pregnancy Test: Are You Pregnant?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan