Hati-Hati, Ini Efek Samping Terlalu Banyak Menghirup Aseton

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Februari 2023

“Aseton adalah cairan kimia yang biasa digunakan untuk menghapus kutek. Namun, terlalu sering menghirup aseton dalam jumlah banyak dapat membahayakan kesehatan.”

Hati-Hati, Ini Efek Samping Terlalu Banyak Menghirup AsetonHati-Hati, Ini Efek Samping Terlalu Banyak Menghirup Aseton

Halodoc, Jakarta – Bagi para wanita, aseton bukan lagi sesuatu yang asing di telinga. Aseton adalah cairan kimia yang biasa mereka gunakan untuk menghapus kutek. Di dalam aseton kutek, terdapat kandungan inhalan bernama isopropil alkohol yang bisa menghapus cat kuku ini.

Biasanya, aseton kutek memiliki bau yang cukup menyengat. Bau khas ini tidak akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh apabila kamu menghirupnya sesekali. Namun, terlalu sering menghirup aseton dalam jumlah banyak dapat membahayakan kesehatan. Yuk, cari tahu apa saja efek samping yang bisa terjadi jika kamu terlalu banyak menghirupnya di sini!

Efek Samping Aseton Kutek pada Tubuh

Menghirup aseton kutek dalam batas normal dan hanya sebagai produk kecantikan tidak akan membahayakan tubuh. Tetapi, jika sering menghirup zat kimia ini, akan ada dampak negatif bagi beberapa organ tubuh. Berikut dampaknya:

1. Pusing dan sakit kepala

Bau yang kuat bisa membuat pembuluh darah membesar. Ketika hal ini terjadi, reseptor di otak menstimulasi sistem saraf dengan cara yang sama seperti saat mengalami sakit kepala. Maka dari itu, bau aseton yang menyengat secara alamiah bisa menimbulkan pusing. Gejala lain yang bisa timbul bersamaan dengan pusing adalah mata berair dan pilek.

2. Gangguan pernapasan

Menghirup zat kimia dalam jumlah berlebih mengganggu alat-alat pernapasan. Bagian tubuh seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru akan mengalami iritasi untuk memberi sinyal bahwa inhalasi zat kimia sudah di tahap membahayakan. Jika terus berlanjut, ini bisa menyebabkan sesak napas dan kehilangan kesadaran.

3. Iritasi mata

Aseton kuterk merupakan zat kimia yang menguap ketika bercampur dengan air. Ketika partikel ini berada di udara, mereka dapat menyebabkan iritasi mata. Gejala yang muncul seringnya berupa mata berair, merah, dan perih. 

Tentu saja, cara paling mudah untuk mengurangi iritasi mata ini adalah dengan membilas mata dengan air. Sangat disarankan untuk memeriksakan mata ke dokter jika iritasi berlanjut.

4. Mual dan muntah

Mirip seperti efek bau menimbulkan sakit kepala, bau yang kuat juga bisa mendorong terjadinya mual dan muntah. Bau aseton kutek bekerja sebagai stimulus untuk memicu mual.  Dalam beberapa kasus, muntah-muntah juga bisa terjadi setelahnya. 

5. Lemas dan lesu

Senyawa kimia yang terkandung di dalam pembersih kutek bisa menyebabkan keracunan dalam waktu yang singkat. Denyut nadi akan meningkat, badan terasa ringan, dan akan sulit berbicara. Ketika kamu mengalami hal ini, tubuh akan jadi lemas dengan sendirinya karena kadar oksigen di dalam tubuh rendah.

Cara Mengurangi Dampak Aseton untuk Kesehatan

Tidak perlu khawatir, dampak pembersih kutek untuk kesehatan dapat kamu kurangi. Apabila kamu mengalami paparan yang tinggi terhadap zat kimia, ada beberapa cara untuk tidak menghirupnya dalam jumlah banyak.

Pertama, pastikan kamu menggunakan cat kuku ini di ruangan dengan akses udara segar dan ventilasi yang memadai. Sirkulasi udara yang baik akan memastikan bahwa udara di dalam ruangan tidak penuh dengan partikel-partikel aseton.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk menggunakan masker. Penggunaan masker dapat meminimalisir kemungkinan terhirupnya senyawa berbahaya.

Jika kamu atau orang di sekitarmu mengalami sesak napas karena aseton kutek, segera cari bantuan medis untuk menetralisir inhalan atau yang ada baik di sekeliling ataupun di dalam tubuh. 

Apabila kamu ingin bertanya lebih lanjut tentang keluhan pernapasan, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Hubungi dokter bidang ahlinya melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Delaware Health and Social Services. Diakses pada 2023. Acetone.
Wonderpolis. Diakses pada 2023. Why Do People Get Headaches from Certain Scents?
Healthline. Diakses pada 2023. Acetone Poisoning.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan