• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hilangkan Bau Badan dengan 3 Bahan Alami Ini

Hilangkan Bau Badan dengan 3 Bahan Alami Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Hilangkan Bau Badan dengan 3 Bahan Alami Ini

Halodoc, Jakarta - Bau badan termasuk salah satu momok yang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Saat harus tampil pede, bau tidak sedap yang keluar dari badan membuat orang di sekitar seakan menjauh dan membuat mental terjatuh. Meski begitu, banyak cara yang dapat dilakukan untuk hilangkan bau badan dan beberapa metode hanya menggunakan bahan alami. Untuk mengetahui caranya, kamu dapat membaca artikel ini dengan lengkap!

Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Bau badan terjadi saat keringat yang keluar dari tubuh bertemu dengan bakteri pada permukaan kulit, sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap. Berkeringat adalah cara tubuh mengatur suhu tubuh. Sebenarnya keringat tidak menimbulkan bau, tetapi bakteri menggunakannya sebagai tempat berkembang biak. Bau yang tercium adalah hasil dari pemecahan bakteri terhadap protein keratin di permukaan kulit.

Baca juga: 6 Cara Sederhana untuk Hilangkan Bau Badan

Bau badan terjadi saat seseorang mulai mengalami pubertas karena meningkatnya hormon yang disebut dengan androgen. Hormon tersebut baru aktif saat seseorang mencapai masa pubertas. Maka dari itu, bau badan bukan masalah yang besar saat masih kecil. Selain disebabkan hormon, beberapa hal lainnya juga dapat membuat bau tidak sedap semakin parah, seperti olahraga berat, cuaca yang panas, kelebihan berat badan, dan stres.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Kamu dapat menggunakan beberapa bahan alami yang terbilang mudah didapatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Soda Kue

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau badan adalah mengoleskan soda kue. Bahan ini dipercaya dapat menyerap keringat yang berguna untuk menetralkan bau badan, pH kulit, dan menekan perkembangbiakan bakteri. Kamu juga dapat menambahkan beberapa tetes cairan lemon pada soda kue yang akan dioleskan agar efeknya lebih kuat.

Kamu hanya perlu menggunakannya sebagai bedak yang langsung dioleskan ke ketiak. Oleskan soda kue ke ketiak atau antara jari-jari kaki dan biarkan mengering, lalu bersihkan sisa-sisa yang ada. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan soda kue ke dalam secangkir air dan simpan di dalam botol semprot. Gunakan cairan tersebut setiap hari pada area yang mudah berkeringat.

Baca juga: Bebas Ribet, Ini Cara Menghilangkan Bau Ketiak

2. Cuka Sari Apel

Kamu juga dapat menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan bau badan. Cairan tersebut ampuh untuk menghancurkan bakteri penghasil bau dan mengubah pH pada kulit. Cara menggunakannya, yaitu basahi bola kapas dengan cuka sari apel dan oleskan pada area yang rawan berkeringat. Diamkan selama 10–15 lalu bilas hingga bersih. Kamu juga dapat membuatnya sebagai deodoran dengan mengambil dua sendok makan cuka dan beberapa tetes minyak esensial ke dalam secangkir air. Setelah itu, aduk rata dan isi botol semprot, lalu gunakan setiap hari.

Jika kamu masih mempunyai pertanyaan lainnya terkait cara menghilangkan bau badan tidak sedap, dokter dari Halodoc dapat memberikan solusi yang jitu. Caranya mudah, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan terkait akses kesehatan hanya dengan menggunakan gadget yang dimiliki!

3. Teh

Alternatif lainnya sebagai cara menghilangkan bau badan dengan bahan alami adalah menggunakan teh. Kandungan tanin di dalamnya dapat membantu untuk membuat kulit menjadi tetap kering guna mencegah pembentukan keringat penyebab bau badan. Caranya menggunakannya, yaitu masukkan daun teh hijau ke dalam air mendidih dan biarkan dingin. Saring teh dan oleskan pada area yang mudah berkeringat. Kamu juga dapat mencampurkan daun teh dengan air mandi agar bau badan mudah teratasi.

Baca juga: Ketahui Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Itulah beberapa bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan bau badan. Cobalah untuk rutin menggunakan beberapa cara tersebut agar dapat meningkatkan kembali kepercayaan diri kamu. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang-orang sekitar tanpa memikirkan bau tidak sedap yang tercium.

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2020. Top 5 natural ingredients to get rid of body odour.
Quick and Dry Tips. Diakses pada 2020. 6 All Natural Ways to Get Rid of Body Odor.