• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hyperthymesia, Sindrom dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hyperthymesia, Sindrom dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa

Hyperthymesia, Sindrom dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Oktober 2022

“Orang dengan kondisi hyperthymesia bisa mengingat jelas dengan tingkat akurasi tinggi. Namun kondisi ini cukup jarang terjadi.“

Hyperthymesia, Sindrom dengan Kemampuan Mengingat Luar BiasaHyperthymesia, Sindrom dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa

Halodoc, Jakarta –  Hyperthymesia adalah kemampuan yang memungkinkan orang untuk mengingat hampir setiap peristiwa dalam hidup mereka dengan sangat presisi. Hyperthymesia adalah kondisi yang sangat jarang terjadi dan hanya sebagian kecil orang saja di dunia ini yang memiliki kemampuan tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyebab hyperthymesia mungkin dikarenakan kondisi biologis, genetik, atau psikologis. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang menyebabkan hyperthymesia. Informasi selengkapnya mengenai hyperthymesia bisa dibaca di sini!

Hyperthymesia, Kemampuan Mengingat Secara Detail

Sindrom ini pada dasarnya mengubah otak menjadi database, di mana detail setiap peristiwa tercatat secara akurat. Bagaimana sistem kerjanya? Saat suatu peristiwa terjadi, otak menyimpannya dalam lemari arsip metaforis, yang diatur dengan sempurna. 

Bahkan beberapa dekade setelah hari itu, orang dengan sindrom hyperthymesia dapat mengingat pakaian yang mereka kenakan, makanan yang mereka makan sepanjang hari, dan dengan siapa mereka berinteraksi. 

Kemampuan otak mengingat secara detail ini bekerja secara alami, bukan karena dilatih. Orang dengan sindrom hyperthymesia ini memiliki kemampuan otak yang menyimpan ingat seperti menyimpan data. 

Sekilas kemampuan otak ini sangat mengagumkan bila dikaitkan dengan ingatan yang menyenangkan. Sayangnya tidak semua ingatan menyenangkan. Ada kalanya peristiwa buruk terjadi dan itu tersimpan dengan sempurna di memori. 

Ini pun bisa menjadi tekanan psikologis juga buat pengidap sindrom ini. Ketika dia berusaha melupakan suatu peristiwa, namun peristiwa tersebut terekam sempurna di dalam kepalanya. 

Bagi orang normal, otak menyimpan pengalaman sehari-hari sebagai ingatan jangka pendek. Kamu mungkin mengingat baju apa yang kamu kenakan kemarin. Namun, ketika sudah lewat berhari-hari, akan susah buatmu untuk mengingat jenis baju yang dikenakan beberapa waktu lalu tersebut. 

Nah, orang dengan kondisi hyperthymesia bisa mengingat jelas dengan tingkat akurasi tinggi. Ketika kebanyakan orang kehilangan detail dan mengaburkan fakta dengan imajinasi seiring berjalannya waktu, orang dengan kondisi langka ini tetap mengingat kejadian yang asli. 

Penyebab Sindrom Hyperthymesia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyebabnya mungkin biologis, genetik, atau psikologis. Ini penjelasannya:

1. Biologis

Beberapa orang dengan kondisi hyperthymesia menunjukkan sinyal hiperaktif pada area tertentu otaknya, seperti lobus parietal superior dan inferior.

2. Genetik

Ada teori yang menyebutkan kalau hyperthymesia bisa jadi adalah kondisi genetik. 

3. Psikologis

Kondisi langka ini juga diduga memiliki penyebab psikologis. Orang dengan kondisi ini secara obsesif berpikir tentang pengalaman mereka sebelumnya. 

Memikirkan peristiwa-peristiwa ini secara teratur membantu memperkuat kemampuan untuk mengingatnya. Dengan demikian, ini memungkinkan orang dengan hyperthymesia untuk mempertahankan ingatan tersebut.

Itulah informasi mengenai hyperthymesia. Kalau kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan otak, kamu bisa bertanya langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Legacy Box.com. Diakses pada 2022. Hyperthymesia – Can You Remember Every Memory You’ve Ever Had?
Medical News Today. Diakses pada 2022. Hyperthymesia: What is it?