Ibu, Ini 10 Cara yang Ampuh untuk Mencegah Mastitis Selama Menyusui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Agustus 2023

“Mastitis sangat umum terjadi pada ibu menyusui. Namun, ibu bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa cara, seperti meningkatkan frekuensi menyusui, hingga memastikan air susu ibu (ASI) keluar dengan lancar saat menyusui.”

Ibu, Ini 10 Cara yang Ampuh untuk Mencegah Mastitis Selama MenyusuiIbu, Ini 10 Cara yang Ampuh untuk Mencegah Mastitis Selama Menyusui

Halodoc, Jakarta – Mastitis adalah kondisi yang umum terjadi pada ibu menyusui yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Bahkan, kondisi ini juga bisa memengaruhi proses pemberian ASI pada bayi.

Mastitis merupakan peradangan pada jaringan payudara, yang biasanya terjadi karena infeksi bakteri. Namun, ibu tidak perlu khawatir, karena mastitis dapat dicegah dengan beberapa cara sederhana. 

Nah, mau tahu seperti apa cara mencegah mastitis? Berikut ulasannya!

Cara Mencegah Mastitis Selama Menyusui

Ada beberapa langkah yang bisa ibu lakukan untuk mencegah terjadinya mastitis selama masa menyusui, antara lain:

1. Kosongkan payudara saat menyusui

Pastikan bayi mengonsumsi ASI dengan cara yang tepat hingga ASI dalam payudara habis. Membiarkan payudara terlalu penuh dapat menyebabkan penyumbatan saluran ASI dan meningkatkan risiko mastitis.

2. Perhatikan posisi menyusui yang tepat

Pastikan ibu dan bayi dalam posisi yang benar saat menyusui. Posisi menyusui yang salah dapat menyebabkan trauma pada puting susu dan memicu peradangan. Pastikan mulut bayi berada di bagian areola (area sekitar puting) dengan baik untuk mencegah masalah ini.

3. Frekuensi dan durasi menyusui yang konsisten

Cara mencegah mastitis juga bisa dengan lebih sering menyusui. Hal ini dapat membantu mengurangi penumpukan ASI di payudara. Cobalah untuk menyusui bayi secara konsisten setiap 2-3 jam, atau sesuai dengan kebutuhan bayi. Jangan ragu untuk memberikan ASI lebih sering jika bayi membutuhkannya.

Dengan menyusui lebih rutin, maka ibu bisa menurunkan risiko peradangan yang memicu rasa nyeri. Namun, bukan hanya mastitis, sebaiknya ketahui penyebab payudara nyeri lainnya melalui artikel “Payudara Sakit saat Ditekan? Hati-Hati Bisa Menandai 10 Kondisi Ini”.

4. Pastikan ASI keluar dengan lancar

Jika ibu merasa ASI tidak keluar dengan lancar atau ada keluhan nyeri pada puting, konsultasikan dengan konselor laktasi atau petugas kesehatan. Memastikan keluarnya ASI dengan baik dapat menghindari masalah potensial seperti penyumbatan saluran ASI.

5. Hindari penggunaan botol atau dot

Cara mencegah mastitis juga bisa melalui hal ini. Sebaiknya hindarilah memberikan botol atau dot pada bayi, sebelum dia benar-benar terampil dalam menyusu dari payudara. Pasalnya, penggunaan dot ini dapat menyebabkan kebingungan puting. Jika perlu, gunakan teknik pemberian ASI dengan sendok atau cangkir.

6. Jaga kebersihan

Pastikan kebersihan payudara dan tangan sebelum menyusui. Selalu cuci tangan sebelum menyentuh payudara atau mengurus bayi untuk mencegah penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

7. Istirahat yang cukup

Menjaga tubuh tetap bugar dan istirahat yang cukup dapat dijadikan cara mencegah mastitis. Hal ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan mencegah risiko infeksi.

8. Kelola stres dengan baik

Stres dapat mempengaruhi produksi ASI dan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, kelolalah stres dengan baik. Contohnya dengan berolahraga, meditasi, atau berbicara dengan orang yang dapat dipercaya.

9. Gunakan bra yang nyaman dan tepat

Bra yang terlalu ketat atau tidak sesuai ukuran dapat menyebabkan sumbatan pada saluran ASI. Pilih bra yang nyaman dan mendukung untuk menghindari masalah ini.

10. Perhatikan tanda-tanda awal mastitis

Jika ibu merasa nyeri, kemerahan, atau benjolan pada payudara, segera konsultasikan dengan petugas kesehatan. Penanganan dini mastitis akan lebih efektif dan membantu mencegah komplikasi lebih lanjut.

Nah, itulah beberapa cara mencegah mastitis yang bisa ibu lakukan. Dengan melakukan beberapa tips tersebut, ibu dapat mengurangi risiko mengalami mastitis dan menyusui dengan lebih nyaman. 

Cari tahu juga berbagai mitos dan fakta tentang menyusui melalui artikel “Busui, Ketahui 10 Mitos Fakta Tentang Menyusui”.

Mengatasi Mastitis di Rumah

Sebelum mengunjungi dokter, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan di rumah untuk mengurangi keluhan, seperti:

  • Mengompres dingin payudara selama beberapa menit secara rutin.
  • Penuhi kebutuhan istirahat dengan baik.
  • Perbanyak mengonsumsi air putih.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi secara seimbang.
  • Cobalah untuk mengubah posisi menyusui.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau konselor laktasi jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai menyusui dan kesehatan payudara.

Nah, mau tahu seperti apa ciri-ciri payudara yang sehat? Simak selengkapnya di artikel ini: “Harus Tahu, Ini 5 Ciri-Ciri Payudara Sehat dan Normal”.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Treat Mastitis at Home.
NHS. Diakses pada 2023. Mastitis.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan