• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Musik Klasik untuk Perkembangan Bayi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Musik Klasik untuk Perkembangan Bayi

Ibu, Ini 4 Manfaat Musik Klasik untuk Perkembangan Bayi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Oktober 2022

“Memperdengarkan musik klasik, terbukti memiliki beragam manfaat bagi perkembangan bayi. Mulai dari menenangkan dirinya, berperan dalam perkembangan otaknya, hingga meningkatkan kesehatan mental bayi.”

Ibu, Ini 4 Manfaat Musik Klasik untuk Perkembangan BayiIbu, Ini 4 Manfaat Musik Klasik untuk Perkembangan Bayi

Halodoc, Jakarta – Musik memang diketahui dapat memberikan dampak tertentu pada tubuh manusia, tanpa terkecuali pada bayi. Nah, sebagian besar orang tua pasti pernah mendengar informasi terkait musik klasik yang diperdengarkan pada bayi dapat membuatnya pintar. 

Ada banyak yang mengamininya, ada juga yang tidak terlalu mempercayainya dan menganggapnya sebagai mitos. Sebab, memang hingga saat ini tidak ada penelitian atau bukti ilmiah yang dapat benar-benar membuktikannya. 

Kendati demikian, memperdengarkan musik klasik pada bayi, memang diketahui bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Lantas, kira-kira apa manfaat musik klasik untuk perkembangan bayi? 

Manfaat Musik Klasik untuk Perkembangan Bayi 

Memperdengarkan musik klasik, terbukti memiliki beragam manfaat bagi perkembangan bayi, seperti:

1. Menenangkan bayi 

Beberapa jenis musik yang keras dengan ritme cepat diketahui dapat membuat seseorang semangat atau malah menjadi gelisah. Nah, musik dengan ritme pelan, dengan alunan melodi yang mudah diingat seperti musik klasik, diketahui dapat membuat bayi menjadi lebih tenang, sehingga, bayi  menjadi lebih mudah tertidur. 

Perlu diingat bahwa tidur merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan menyusui, makan, minum, bermain, atau mendapatkan rasa aman, pada tumbuh kembangnya. 

Nah, bayi yang tidur lebih nyenyak, akan memiliki perkembangan yang lebih baik secara keseluruhan. Dibandingkan dengan bayi yang pola tidurnya terganggu atau bayi yang tidurnya tidak nyenyak.

2. Berperan dalam perkembangan otak 

Musik memiliki peran dalam perkembangan otak pada bayi sebelum lahir. Sebab, mendengarkan musik selama kehamilan tidak hanya memiliki efek menenangkan dan membangkitkan semangat pada ibu hamil, tetapi juga pengaruh positif pada bayi yang belum lahir. 

Bahkan, memperdengarkan musik saat bayi di dalam kandungan juga dapat merangsang otaknya untuk membentuk koneksi baru antar neuron, yakni unit kerja sistem saraf pusat. 

3. Mendukung perkembangan bicara dan bahasa

Mendengarkan musik yang menenangkan, seperti musik klasik, dapat membantu perkembangan bahasa pada bayi.  Alasannya, bayi atau anak kecil yang mendengarkan musik semacam itu secara teratur mengembangkan keterampilan memori yang lebih baik. Nah, peningkatan keterampilan memori dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan bahasa bayi, baik lisan maupun tulisan.

4. Diyakini mampu meningkatkan kesehatan mental bayi

Seperti halnya bayi membutuhkan nutrisi yang tepat agar kesehatan fisiknya terjaga, kesehatan mental bayi juga perlu dijaga, untuk memastikan tumbuh kembangnya. Musik klasik memang menakjubkan dalam membuat bayi merasa bahagia dan tenang. Sebab, mendengarkan musik klasik dapat membantu melepaskan hormon perasaan baik,  yaitu endorfin. Endorfin sendiri merupakan hormon yang berfungsi untuk membantu merilekskan otak dan dengan demikian, meningkatkan kesehatan mental bayi.

Musik yang juga Dapat Diperdengarkan

Selain musik klasik, sebenarnya ada beberapa jenis musik lainnya yang juga baik untuk anak-anak. Misalnya seperti musik pop, folk, jazz, atau funk yang memiliki ritme dan tempo yang pelan. Selain itu, pastikan untuk memilih musik yang mudah dimengerti atau dipahami. 

Sebab, musik apa pun yang memiliki banyak instrumen atau vokal dapat membingungkan bayi. Pilihlah musik yang memiliki lebih sedikit instrumen dan sebaiknya tanpa vokal. Potongan musik yang lebih sederhana tidak hanya dinikmati oleh anak kecil, tetapi mereka juga dapat memahami suara dengan lebih baik.

Itulah beberapa manfaat musik klasik untuk perkembangan bayi. Selain memperdengarkan musik klasik, ibu juga perlu senantiasa memastikan kalau kesehatan bayi selama kehamilan atau pasca melahirkan terjaga dengan baik. Karena itu, ibu perlu secara rutin memeriksakan kondisi kesehatan Si Kecil. 

Jika saat ini ibu ingin memeriksakan kondisinya, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa membuat janji medis di rumah sakit pilihan ibu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Baby Centre. Diakses pada 2022. Benefits of classical music for babies. 
First Cry Parenting. Diakses pada 2022. Classical Music for Babies – Benefits and Recommendations. 
UNICEF. Diakses pada 2022. How music affects your baby’s brain: Mini Parenting Master Class.