• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir yang Bisa Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir yang Bisa Dicoba

Ibu, Ini 4 Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir yang Bisa Dicoba

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 November 2022

“Posisi menyusui bayi yang tepat tergantung pada preferensi dan kenyamanan ibu dan bayi. Namun, ada beberapa posisi menyusui bayi baru lahir yang bisa ibu coba sampai ibu menemukan posisi terbaik.”

Ibu, Ini 4 Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir yang Bisa DicobaIbu, Ini 4 Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta – Bagi ibu yang baru pertama kali memiliki bayi, mungkin masih kebingungan mengenai posisi menyusui bayi baru lahir yang tepat. Sebenarnya tidak ada cara yang salah dan benar dalam menyusui bayi, karena tiap ibu dan bayi memiliki preferensi posisi mereka sendiri untuk melakukannya.

Yang paling penting adalah ibu dan bayi merasa nyaman pada saat momen yang mempererat ikatan tersebut berlangsung. Namun, mengetahui berbagai posisi menyusui yang berbeda bisa membantu ibu untuk menemukan mana yang paling baik untuk ibu dan bayi. Karena itu, simak pilihan posisi menyusui bayi baru lahir di sini.

Berbagai Macam Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir

Menemukan posisi menyusui yang paling cocok memang membutuhkan waktu, karena ibu perlu mencoba-coba berbagai posisi hingga menemukan yang terbaik. Jadi, bersabarlah dan ingat untuk minum banyak air sebelum menyusui. Berikut beberapa posisi menyusui bayi baru lahir yang bisa ibu coba:

1. Cradle Hold

Cradle hold merupakan salah satu posisi menyusui bayi baru lahir yang cukup digemari banyak ibu. Namun, bila ibu melahirkan dengan metode caesar, posisi ini dinilai kurang efektif karena dapat menyebabkan nyeri pada luka operasi. 

Untuk menyusui dengan cradle hold, pertama-tama carilah tempat yang nyaman untuk menyusui. Misalnya, di kursi yang terdapat sandaran tangan atau di tempat tidur dengan bantal sebagai sandaran. 

Lalu, baringkan bayi di pangkuan ibu di mana ia menghadap wajah ibu. Letakkan kepala bayi pada siku dalam tangan dan gunakan tangan untuk menopang tubuh bayi. Jangan lupa untuk memosisikan lengan bayi di bawah bawah lengan ibu. Lalu, pastikan telinga, bahu, dan pinggul bayi berada dalam garis lurus. Lalu, arahkan mulut bayi pada puting dengan tangan yang digunakan untuk menopang tubuh bayi.

2. Berbaring di sisi

Nah, ini adalah posisi menyusui bayi baru lahir yang baik bila ibu habis melalui operasi caesar atau persalinan yang sulit, atau ketika ibu menyusui di tengah malam.

Cara menyusui dengan posisi ini, mulailah dengan berbaring yang nyaman dalam posisi miring di tempat tidur, sementara bayi berbaring menghadap ibu. Periksalah agar telinga, bahu dan pinggul bayi berada dalam garis lurus dan tidak terpelintir. Ibu juga bisa meletakkan beberapa bantal di belakang punggung sebagai penyangga. 

Kemudian, selipkan lengan di sisi kamu berbaring di bawah kepala atau bantal, dan gunakan lengan ibu yang bebas untuk menopang dan mengarahkan kepala bayi ke puting payudara ibu.

3. Berbaring ke belakang

Posisi menyusui berbaring ke belakang sering kali menjadi posisi pertama yang dicoba oleh para ibu. Bila bayi diletakkan di dada atau perut segera setelah dilahirkan, ia secara naluriah akan berjalan menuju salah satu payudara dan mencoba untuk melekat pada puting. Hal itu dikenal juga sebagai ‘breast crawl’. Kontak kulit ke kulit membantu merangsang naluri makannya, sementara gravitasi membantu bayi melekat dengan baik dan menjaganya tetap di tempatnya.

Namun, posisi menyusui ini tidak hanya untuk bayi baru lahir saja, tapi juga baik untuk bayi dari segala usia. Posisi ini mungkin berguna bila bayi sulit untuk melekat pada puting pada posisi lain, atau ia tidak suka kepalanya disentuh saat menyusu, atau bila ibu memiliki payudara yang besar.

Namun, ibu mungkin akan lebih nyaman bila berbaring setengah ke belakang daripada berbaring telentang penuh. Gunakanlah bantal untuk menopang punggung ibu, lalu letakkan bayi di depan ibu. Perutnya harus berada di atas perut ibu dan pastikan ibu cukup tegak untuk menatap mata bayi. Sambil menopangnya, arahkan bayi dengan lembut ke puting susu ibu.

4. Rugby hold

Posisi menyusui bayi baru lahir lainnya yang baik adalah rugby hold. Posisi ini memungkinkan ibu untuk menopang bayi dengan baik sambil melihat wajahnya. Rugby hold sangat baik untuk ibu yang menjalani operasi caesar, memiliki bayi kembar, bayi prematur, dan busui yang memiliki payudara besar. 

Pertama-tama, duduklah di kursi dengan bantal ditaruh di sepanjang sisi ibu. Lalu, posisikan bayi di salah satu sisi payudara, di lengan bawah ibu, dengan pinggulnya dekat dengan pinggul ibu. Hidung bayi harus sejajar dengan puting susu ibu. Topang leher bayi dengan telapak tangan, lalu arahkan dengan lembut ke puting.

Itulah beberapa posisi menyusui bayi baru lahir yang bisa ibu coba. Bila ibu mengalami keluhan selama proses menyusui, sebaiknya temui ahli laktasi untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Ibu bisa memeriksakan kesehatan ibu dengan dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

banner download aplikasi halodoc
Referensi:
National Health Service Diakses pada 2022. How to breastfeed.
Medela. Diakses pada 2022. 11 different breastfeeding positions.