• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 6 Manfaat Memainkan Alat Musik Piano pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 6 Manfaat Memainkan Alat Musik Piano pada Anak

Ibu, Ini 6 Manfaat Memainkan Alat Musik Piano pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Januari 2023

"Bermain alat musik piano bukan cuma menghibur. Ternyata, memainkan alat musik ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, salah satunya melatih fokus dan kepercayaan dirinya."

Ibu, Ini 6 Manfaat Memainkan Alat Musik Piano pada AnakIbu, Ini 6 Manfaat Memainkan Alat Musik Piano pada Anak

Halodoc, Jakarta – Memainkan alat musik piano ternyata punya efek positif untuk tumbuh kembang anak. Mereka ternyata bisa belajar konsentrasi, kedisiplinan, kemampuan memori, penanganan stres,  dan berbagai manfaat lain yang menguntungkan anak sepanjang hidupnya. 

Selain itu, bermain piano di muka umum juga bisa melatih kepercayaan dirinya. Mereka bisa mengasah fokus dan kemampuan pendengarannya. 

Manfaat Bermain Alat Musik Piano untuk Anak

Berikut sederet manfaat bermain alat musik piano untuk anak:

1. Menunjang pertumbuhan

Bermain piano secara bisa mempertajam keterampilan motorik halus dan meningkatkan koordinasi tangan-mata anak yang masih dalam pertumbuhan. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa piano untuk juga bisa meningkatkan kadar hormon pertumbuhan.

Alunan juga terbukti mengurangi kecemasan, detak jantung dan pernapasan, komplikasi jantung, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan respons imun.

2. Meningkatkan kecerdasan

Latihan piano juga meningkatkan kemampuan kognitif dan intelektual. Artinya, bermain piano bisa membuat anak lebih pintar karena bisa mengaktifkan bagian otak serupa yang digunakan dalam penalaran spasial dan matematika. 

Belajar piano juga telah terbukti meningkatkan daya ingat, terutama verbal. Latihan ini juga membangun kebiasaan baik seperti fokus, ketekunan, dan kreativitas. 

Anak-anak yang belajar piano selama beberapa tahun dapat mengingat kosa kata dua puluh persen lebih banyak daripada teman sebayanya. 

Anak-anak yang bisa bermain piano dianggap mampu menyimpan informasi lebih optimal di kemudian hari. 

Selain itu, bermain piano telah terbukti meningkatkan kemampuan spasial-temporal, yang sangat menonjol dalam matematika, sains, dan teknik.

Latihan musik secara teratur pada usia dini bahkan dapat membuat perubahan struktural pada otak seumur hidup.  

3. Menenangkan pikiran

Studi menunjukkan bahwa latihan piano bisa meningkatkan kesehatan mental.  Mereka yang mampu bermain musik terbukti mengalami lebih sedikit kecemasan, kesepian, dan depresi.

Bermain piano juga telah terbukti menjadi sumber penghilang stres dan meningkatkan kepercayaan diri.

4. Menjaga kesehatan fisik

Bukan cuma kesehatan mental, nyatanya piano juga bisa meningkatkan kesehatan fisik. Latihan ini melibatkan koordinasi mata dengan tangan dan kemampuan menggunakan alat dengan tangan, seperti  sumpit.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bermain piano juga mengasah kemampuan motorik halus yang akan semakin membaik ketika anak bertambah usia bahkan hingga dewasa.

5. Mengajarkan anak untuk menerima kritik dan pujian

Ketika mempelajari suatu instrumen baru, anak akan mendapat pujian dan juga kritik yang membangun secara alamiah.

Hal ini penting dalam membentuk kondisi mentalnya. Setiap aspek kehidupan seseorang pastinya terdapat pujian maupun kritik yang membangun.

Ini bisa menjadi cara yang tepat untuk melatih anak bagaimana menerima kritik dengan cara yang positif.

6. Mendapatkan kemampuan baru

Belajar piano juga bisa membantu anak untuk memiliki kemampuan baru. Ketika dia sudah menguasainya, otomatis kemampuan ini mampu meningkatkan kepercayaan diri anak dan mendapatkan pengalaman yang positif di sekolah.

Kemampuan baru juga  dapat memengaruhi performa anak menjadi lebih baik di sekolah. Oleh sebab itu, orang tua tak perlu ragu untuk memperkenalkan Si Kecil dengan kemampuan baru. Sebab, ini bisa menjadi aset berharga untuk dirinya di kemudian hari. 

Anak mengalami keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat.

Kalau ibu berencana mengunjungi rumah sakit untuk konsultasi dokter, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis.

Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Tunggu apa lagi? Ayo segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Steinway. Diakses pada 2023. The Benefit of Playing Piano.
Medical News Today. Diakses pada 2023. The power of music: how it can benefit health.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2023. Can music improve our health and quality of life?