Ibu, Ini 6 Tips Mudah agar Anak Semangat untuk Sahur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Maret 2023

“Berikan suasana yang nyaman, menu sahur yang menyenangkan, dan motivasi yang positif, anak akan lebih semangat untuk melakukan sahur selama bulan Ramadan.”

Ibu, Ini 6 Tips Mudah agar Anak Semangat untuk SahurIbu, Ini 6 Tips Mudah agar Anak Semangat untuk Sahur

Halodoc, Jakarta – Mengajarkan anak puasa di bulan Ramadan memang susah-susah gampang. Salah satunya untuk membangunkan mereka untuk santap sahur.

Saat biasanya mereka terlelap, anak-anak kudu bangun di jam yang belum waktunya. Tak jarang, anak-anak mengalami kantuk dan susah untuk bangun. Jikapun bangun, kadang, ada lagi masalah baru yang didapatkan. Ada yang mood-nya baik saat bangun dan ada pula yang sebaliknya.

Untuk itu, orang tua kudu cakap dalam menyikapinya. Nah, berikut ini tips yang bisa diterapkan untuk membuat anak lebih bersemangat saat sahur.

Tips Anak Semangat Sahur

Berikut ini tips yang membantu ibu untuk mendorong anak untuk melakukan sahur, meliputi:

1. Ajak anak untuk terlibat dalam persiapan sahur

Melibatkan anak dalam persiapan sahur dapat memberikan rasa tanggung jawab pada mereka dan membuat mereka merasa penting dalam keluarga.

Ajak mereka untuk membantu mempersiapkan makanan sahur atau mengatur meja makan. Dengan cara ini, anak akan merasa lebih termotivasi untuk bangun lebih pagi dan melakukan sahur.

2. Buat menu sahur yang menyenangkan

Membuat menu sahur yang menyenangkan dapat membantu meningkatkan anak semangat sahur. Buatlah menu yang anak suka, seperti roti panggang dengan selai kacang atau bubur ayam. Jangan lupa untuk menyediakan minuman yang menyegarkan seperti jus buah atau teh manis hangat. 

Pembuatan menu dapat berprinsip terhadap menu gizi seimbang. Di antaranya seperti karbohidrat kompleks dapat berasal dari nasi merah, roti gandum, kentang, jagung, dan oat; sayuran dan buah-buahan; protein yang dapat berasal dari ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu rendah lemak; serta tidak lupa untuk minum air dalam jumlah yang cukup.

3. Jadwalkan waktu bangun dan sahur

Menjadwalkan waktu bangun dan sahur dapat membantu anak mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Berikan waktu yang cukup bagi mereka untuk tidur dan bangun lebih awal dari waktu sahur. Dengan cara ini, anak akan lebih siap dan termotivasi untuk melakukan sahur.

4. Berikan motivasi dan dukungan positif

Berbicaralah dengan mereka tentang manfaat melakukan sahur, seperti menjaga kesehatan dan menjaga kadar gula darah. Ingatkan mereka, melakukan sahur adalah salah satu bentuk ibadah selama bulan puasa. Berikan pujian dan apresiasi ketika mereka berhasil melakukan sahur.

5. Buat suasana yang nyaman dan ramah anak

Membuat suasana yang nyaman dan ramah anak dapat membantu meningkatkan semangat mereka untuk melakukan sahur. Buatlah suasana yang tenang dan nyaman di ruang makan. Gunakan lampu yang lembut dan putar musik yang menenangkan. Dengan cara ini, anak akan merasa lebih santai dan siap untuk melakukan sahur.

6. Ajak anak untuk berbuka puasa bersama

Berbuka puasa bersama dengan keluarga dan teman-teman dapat memberikan motivasi dan inspirasi untuk anak. Dalam suasana yang hangat dan penuh kebersamaan, anak akan lebih termotivasi untuk melakukan sahur.

Itulah tips mudah yang dapat ibu lakukan supaya anak semangat sahur. Harapannya agar anak dapat membiasakan sahur ketika dewasa nanti. Nah, jika terdapat gangguan kesehatan selama berpuasa, segera konsultasikan kepada dokter.

Melalui Halodoc, Ibu dapat dengan mudah membuat janji dengan dokter. Jadi tunggu apalagi, yuk, langsung saja download aplikasi Halodoc dari App Store atau Play Store smartphone sekarang juga!

Referensi:
Child Education Journal. Diakses pada 2023. Strengthening Children’s Religious and Moral Values
HHWT. Diakses pada 2023. Fasting For Children: 7 Tips to Help Them Get Started This Ramadan
VerryWell Family. Diakses pada 2023. How to Support Mindful Eating in Kids
Wego Travel. Diakses pada 2023. What is Suhoor? Understanding the Importance of Suhoor During Ramadan

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan