Ibu, Ini 7 Cara yang Bisa Dilakukan saat Bayi Mengalami Kolik

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Januari 2023

“Kolik adalah kondisi yang menyebabkan bayi menangis tanpa henti dengan penyebab yang tidak bisa dijelaskan. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini, salah satunya memberikan dot pada anak.”

Ibu, Ini 7 Cara yang Bisa Dilakukan saat Bayi Mengalami KolikIbu, Ini 7 Cara yang Bisa Dilakukan saat Bayi Mengalami Kolik

Halodoc, Jakarta – Menangis adalah sesuatu yang wajar terjadi pada bayi, entah disebabkan oleh rasa lapar atau popok yang basah. Namun jika tangisannya tidak kunjung berhenti tanpa alasan yang jelas, bisa jadi anak mengalami kolik. Ibu tidak perlu panik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini!

Cara Mengatasi Kolik pada Bayi

Meskipun biasanya dokter menyarankan untuk menunggu sambil mencari tahu penyebab bayi menangis terus, ada beberapa tindakan yang sebenarnya boleh dicoba.

Cara yang paling awal dilakukan adalah memastikan tangisan tersebut tidak disebabkan oleh kondisi medis serius yang membutuhkan penanganan.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu ibu coba lakukan agar kolik pada anak bisa lebih baik, antara lain

1. Hindari beberapa makanan

Jika ibu memberikan ASI pada anak, cobalah untuk menghilangkan produk susu, kafein, dan berbagai makanan lainnya yang memiliki risiko untuk menyebabkan iritasi dari makanan harian.

Meski begitu, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelumnya. Perubahannya pun bisa terjadi dua minggu setelahnya.

2. Perhatikan kandungan susu formula

Jika ibu sehari-hari memberikan susu formula pada bayi, pastikan untuk bertanya terkait berbagai kandungan di dalamnya, terutama hidrolisat protein.

Anak yang mengalami kepekaan terhadap makanan bisa mengalami kolik akibat kandungan tersebut. Jadi, coba cari susu formula tanpa kandungan tersebut untuk mencegah kolik. 

3. Batasi pemberian makan bayi

Ibu disarankan tidak memberikan bayi makan secara berlebihan, sebab ini dapat membuatnya tidak nyaman. Pastikan untuk menunggu 2-3 jam jika ingin memberikan makanan selanjutnya pada anak.

4. Gendong bayi

Ibu bisa menggendong bayi untuk mengatasi kolik agar Si Kecil lebih tenang.

Gerakan dan kontak pada tubuhnya membuatnya terasa lebih tenang, meskipun perasaan tidak nyaman masih dirasakan.

5. Buat suara yang stabil

Tidak banyak orang tua yang paham jika anak yang mendengarkan gerakan ritmis stabil atau menenangkan dapat membuatnya tertidur. Contohnya, suara penyedot debu atau kipas angin.

Dengan begitu, anak jadi cepat mengantuk karena suara konstan tersebut.

6. Memberikan dot

Cara ini ternyata dapat memberikan perasaan lega secara instan bagi beberapa bayi. 

Meskipun ada juga bayi yang tidak mendapatkan manfaatnya, atau bahkan menolak untuk menggunakannya.

7. Gosok punggungnya

Agar kolik bisa lebih baik, ibu bisa membaringkan bayi ke posisi telungkup di lutut dan gosok punggungnya dengan lembut.

Adanya tekanan pada perut dapat membantu membuat suasana hatinya lebih baik. Jika anak tertidur pada posisi ini, tidurkan dalam posisi tengkurap.

Sebagai orang tua, mungkin ibu merasa marah dan risau akan hal tersebut. Cobalah minta orang terdekat untuk menjaga bayi sementara waktu dan cari udara segar di luar rumah. 

Cara ini dapat membantu untuk menjaga diri dalam bersikap positif melewati tangisan yang tak kunjung berhenti.

Pastikan juga untuk tidak pernah mengguncang tubuh bayi. Tindakan ini dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan otak, atau bahkan kematian.

Jika ibu mengalami depresi atau masalah emosi, beritahu pasangan dan periksakan diri ke dokter agar lebih baik.

Jika ibu masih memiliki pertanyaan lainnya terkait cara untuk mengatasi kolik pada bayi, fitur tanya dokter dan janji medis dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya.

Ayo download aplikasi Halodoc sekarang agar segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa kamu dapatkan melalui smartphone!

Referensi:
Healthy Children. Diakses pada 2023. Colic Relief Tips for Parents.
Family Doctor. Diakses pada 2023. Colic.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan