Ibu, Ini Beragam Jenis Vitamin untuk Anak Susah Makan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 November 2022

“Ibu perlu tahu berbagai jenis vitamin untuk anak susah makan. Tujuannya agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dan perkembangannya tetap maksimal.”

Ibu, Ini Beragam Jenis Vitamin untuk Anak Susah MakanIbu, Ini Beragam Jenis Vitamin untuk Anak Susah Makan

Halodoc, Jakarta – Anak susah makan menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi orang tua. Jika sudah begini, biasanya ibu akan mencari cara yang menarik agar anak lahap makan. Seperti misalnya menyiapkan beragam menu makanan, membuat makanan terlihat menarik, hingga memberikan anak vitamin agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Namun, sebaiknya ibu jangan asal dalam memberikan suplemen vitamin untuk anak. Meskipun dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan anak, berikan vitamin sesuai dengan dosis anjuran dari dokter. Simak ulasan mengenai berbagai jenis vitamin yang perlu dipenuhi kebutuhannya saat anak susah makan berikut ini!

Jenis Vitamin yang Dibutuhkan oleh Anak

Membujuk anak yang sedang susah makan agar mau makan jelas bukan hal yang mudah.  Jika hal ini terjadi pada anak, tentunya ibu perlu melakukan berbagai cara tepat agar anak mau kembali mengonsumsi makanan sehat. 

Sebaiknya ibu ketahui berbagai alasan yang menyebabkan anak menjadi susah makan, seperti:

  • Stres.
  • Anemia.
  • Konstipasi.
  • Mengidap cacingan atau infeksi parasit.
  • Memiliki keluhan kesehatan yang tidak membaik.

Selain adanya gangguan kesehatan, ada beberapa faktor lainnya juga bisa menjadi penyebab anak susah makan. Seperti misalnya sedang melakukan eksplorasi terhadap hobi atau kegiatan baru, tidak mengenal lapar dan haus dengan baik akibat jadwal makan yang tidak teratur, atau tidak mampu memproses tekstur makanan yang disiapkan.

Selain memberikan beragam makanan yang menarik, ibu juga bisa memberikan anak suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral dalam tubuh. Berikut ini jenis vitamin untuk anak susah makan agar tumbuh kembangnya tetap optimal:

1. Vitamin A

Anak yang berada dalam masa pertumbuhan memerlukan Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata dan mengoptimalkan perkembangan tubuh. Ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin A dari hati sapi, susu, dan telur.

2. Vitamin B1

Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin B1 untuk anak, maka sistem saraf dan otot anak akan berkembang secara optimal. Hal ini membuat anak menjadi lebih aktif yang berdampak baik untuk kesehatan fisik dan mental.

3. Vitamin B6

Vitamin ini memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh, yaitu untuk membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan fungsi otak. Jadi, selalu penuhi kebutuhan vitamin ini untuk anak.

4. Vitamin B12

Tidak kalah dengan vitamin B6, vitamin ini mampu meningkatkan jumlah sel darah merah dan mengoptimalkan pertumbuhan anak.

5. Vitamin C

Bukan hanya mencegah sariawan, vitamin ini perlu untuk anak yang susah makan. Memenuhi kebutuhan vitamin C membuat produksi kolagen lebih baik, membantu dalam melawan infeksi, dan membantu penyerapan zat besi dari makanan.

6. Kalsium

Kalsium dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi anak.

7. Zat Besi

Mineral ini baik untuk perkembangan otak dan produksi sel darah merah. Dengan begitu, tubuh bisa mendapatkan oksigen secara menyeluruh.

8. Zinc

Zinc menjadi salah satu mineral yang bisa mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak. 

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, ibu juga bisa bertanya pada dokter mengenai vitamin untuk anak susah makan agar anak terhindar dari kekurangan nutrisi selama masa pertumbuhan.

Jika dokter telah memberikan saran dan rekomendasi mengenai dosis yang tepat, ibu bisa penuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Raising Children. Diakses pada 2022. Vitamins and Minerals.
Live Strong. Diakses pada 2022. Vitamins to Help You Reach Your Full Growth Potential.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan