Ibu Ini Cara Atasi Si Kecil yang Alami Trypanophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Desember 2022

“Trypanophobia merupakan ketakutan dengan jarum suntik yang umum dialami oleh anak-anak. Untuk mengatasi ketakutan tersebut, ibu dapat mengalihkan perhatian Si Kecil pada hal yang disukai atau membantu anak untuk rileks dan santai saat prosedur medis.”

Ibu Ini Cara Atasi Si Kecil yang Alami TrypanophobiaIbu Ini Cara Atasi Si Kecil yang Alami Trypanophobia

Halodoc, Jakarta – Trypanophobia merupakan salah satu jenis fobia, yaitu ketakutan terhadap jarum suntik dan prosedur medis yang melibatkan jarum. Fobia ini juga berkaitan dengan ketakutan terhadap jarum, peniti, atau benda tajam. Hanya saja orang dengan trypanophobia hanya khusus takut dengan jarum suntik dalam prosedur medis.

Umumnya yang memiliki trypanophobia adalah anak kecil. Karena pada usia-usia awal, mereka memiliki pengalaman yang cukup sering dengan prosedur suntikan imunisasi. Trypanophobia juga umum dialami oleh anak yang mengidap suatu penyakit yang menyebabkannya rutin menjalani prosedur medis dengan jarum suntik. Bisa jadi mereka trauma dengan pengalaman tersebut. 

Lantas, bisakah trypanophobia diatasi? 

Cara Mengatasi Trypanophobia pada Si Kecil

Anak yang takut dengan jarum suntik atau trypanophobia akan memicu respons vasovagal, yaitu peningkatan detak jantung atau penurunan tekanan darah sementara. Untuk mengatasinya, ibu mungkin bisa menggunakan strategi yang sama untuk mengelola kecemasan. 

Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi trypanophobia pada anak:

1. Berikan pilihan yang sesuai dengan kenyamanan anak

Ayah dan ibu tentu lebih mengenal anak, kemungkinan sudah melakukan beberapa strategi untuk mengurangi ketakutan terhadap jarum suntik. Salah satu strateginya yaitu memberikan pilihan yang tepat untuk anak.

Misalnya, ibu dapat memberikan pilihan apakah anak ingin ditemani atau sendiri. Selain itu, ibu juga bisa menanyakan apakah ia ingin melihat jarum atau memalingkan muka saat disuntik. Dengan memberikan pilihan, dapat membantu meningkatkan kontrol yang dirasakan anak, yang nantinya dapat mengurangi kecemasan.

2. Alihkan pada aktivitas yang disukai

Saat anak melakukan aktivitas yang disukai, ia cenderung tetap tenang. Ibu dapat mengalihkan perhatian Si kecil dari jarum suntik ke aktivitas yang disukai seperti menonton video, mendengarkan cerita, atau lagu. Dengan begitu, prosedur medis dengan jarum suntik tidak akan terasa menyakitkan. 

3. Pastikan anak pada posisi yang nyaman

Selama prosedur imunisasi, dokter biasanya menyarankan orang tua memposisikan anak dengan nyaman. Biasanya, anak merasa lebih rentan untuk cemas jika posisinya berbaring telentang. Sebaiknya biarkan anak duduk tegak, atau mungkin di pangkuan orang tua. Hal tersebut dapat membuat Si Kecil lebih nyaman sekaligus mengurangi kecemasan selama imunisasi.

4. Bantu anak untuk rileks

Sebelum atau selama prosedur dengan jarum suntik, ayah dan ibu dapat membantu meredakan kecemasan yang dialami anak dengan membantunya untuk rileks dan lebih santai. Ibu bisa menggunakan strategi berikut agar anak lebih santai:

  • Dorong anak untuk mengambil napas dalam-dalam secara perlahan. Bantu Si Kecil menghitung sampai dua atau tiga saat ia menarik napas, kemudian hitung tiga atau empat saat menghembuskannya. 
  • Minta anak untuk meremas tangan atau boneka sambil menarik napas dalam-dalam. 

5. Bantu anak untuk afirmasi positif

Afirmasi adalah penegasan pada diri sendiri untuk membangun kepercayaan diri. Dengan cara ini, orang tua dapat membantu agar anak dapat melawan ketakutan atau pikiran negatif tentang jarum suntik. Beberapa contoh kalimat afirmasi positif yaitu:

  • “Aku bisa melakukan ini!”
  • “Saya aman saat disuntik imunisasi.”
  • “Saya berani dan kuat.”
  • “Suntik imunisasi ini akan sangat membantu saya mencegah penyakit.”
  • “Rasa sakit dari suntikan tidak akan bertahan lama.”

Nah, itulah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi trypanophobia pada anak. Jika Si Kecil mendapatkan perawatan dari dokter dan mendapatkan resep obat, ibu bisa cek kebutuhan medis di toko kesehatan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Choc. Diakses pada 2022. Kids and the fear of needles: What parents should know
UC Health. Diakses pada 2022. How children and adults can overcome needle phobia
Psycom. Diakses pada 2022. Trypanophobia: Fear of Needles and How to Overcome it
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Trypanophobia (Fear of Needles)

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan