Ibu, Ini Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 April 2024

“Ada berbagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang bisa ibu lakukan. Mulai dari mengenakan pakaian nyaman hingga mengurangi kontak langsung terlalu sering.”

Ibu, Ini Cara Menghilangkan Biang Keringat pada BayiIbu, Ini Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

Halodoc, Jakarta – Munculnya biang keringat pada bayi ditandai dengan adanya bintik kecil berwarna kemerahan pada kulit. Biasanya, bintik merah tersebut paling sering muncul pada bagian leher belakang dan punggung. 

Penyebabnya yaitu penyumbatan yang terjadi pada kelenjar minyak. Penyumbatan dapat terjadi karena kotoran atau sel kulit mati yang terperangkap pada pori-pori. 

Lalu, bisakah kondisi ini ditangani? Tentu bisa, mau tahu bagaimana cara menghilangkan biang keringat pada bayi? Simak, ulasannya di sini!

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Berikut beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang dapat ibu coba:

1. Pakaian pakaian yang nyaman pada Si Kecil

Ketika cuaca sedang panas, pastikan Si Kecil mengenakan pakaian dengan bahan yang lebih tipis. Ibu dapat memilih pakaian dengan bahan yang bisa menyerap keringat, misalnya bahan katun. 

Ketika pakaian Si Kecil mulai basah karena keringat, jangan tunda untuk mengganti dengan pakaian baru yang kering. Selain itu, sebaiknya hindari mengenakan pakaian yang ketat pada Si Kecil, sehingga aliran udara pada tubuh anak menjadi lebih lancar.

Jika biang keringatnya tak kunjung sembuh, Ibu bisa memberikan obat keringat bayi yang ampuh. Ini rekomendasinya: “Ini 5 Rekomendasi Obat Biang Keringat Bayi yang Bagus dan Aman”

2. Selalu menjaga kebersihan kulit bayi

Munculnya biang keringat tentu saja akan membuat Si Kecil menjadi sangat mudah rewel karena rasa tidak nyaman. 

Oleh karena itu, ibu perlu memastikan bahwa kulit sang buah hati terjaga kebersihannya, sehingga biang keringat tidak mudah terjadi. Salah satu caranya yaitu secara rutin mengganti pakaiannya, terutama apabila telah basah karena keringat.

3. Pastikan udara tetap sejuk

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi selanjutnya adalah memastikan bahwa udara di kamar dan rumah tetap sejuk. Pastikan aliran udara di rumah telah cukup baik untuk membuat Si Kecil merasa nyaman. 

Ruangan yang panas dan lembap akan membuat anak menjadi lebih mudah berkeringat, sehingga munculnya biang keringat akan lebih mudah terjadi.

4. Kurangi kontak langsung

Menggendong Si Kecil memang bisa membuat nyaman dan lebih tenang. Akan tetapi, kontak langsung atau sentuhan langsung ke kulit (skin to skin) yang terlalu sering justru bisa membuat bayi menjadi lebih mudah berkeringat yang berujung pada risiko mengalami biang keringat. Terutama jika ruangan tempat ibu sedang bersama sang buah hati sedang panas. 

5. Oleskan krim atau losion seperlunya 

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang tidak boleh ibu abaikan adalah penggunaan krim dan losion. Apabila anak menangis ketika ibu menyentuh kulitnya yang mengalami biang keringat, menggunakan losion calamine bisa membantu mendinginkan sekaligus menenangkan kulitnya. 

Namun, apabila Si Kecil mengalami biang keringat yang cukup parah, ibu dapat memakaikan krim hidrokortison sesuai dengan anjuran dari dokter. Pasalnya, menggunakan krim, salep, atau losion lain tanpa arahan langsung dari dokter bisa membuat biang keringat menjadi lebih parah. 

Itu tadi beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang dapat ibu coba di rumah. Apabila Si Kecil mengalami biang keringat yang diikuti dengan demam tinggi atau sesak napas, ibu bisa hubungi dokter spesialis anak di Halodoc yang selalu tersedia 24 jam.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Today’s Parent. Diakses pada 2024. 4 best ways to treat baby heat rash.
Raising Children. Diakses pada 2024. Heat rash.
Medical News Today. Diakses pada 2024. What to know about heat rash in babies.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan