Ini 5 Rekomendasi Obat Biang Keringat Bayi yang Bagus dan Aman

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Mei 2024

“Ada beberapa obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Contohnya PUREBB Rash Cream, Caladine Baby Rash Cream, Pure Kids Itchy Cream, hingga Noroid Derma Rash Cream yang bisa didapatkan di Toko Kesehatan Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Biang Keringat Bayi yang Bagus dan AmanIni 5 Rekomendasi Obat Biang Keringat Bayi yang Bagus dan Aman

DAFTAR ISI:

Rekomendasi Obat Biang Keringat Bayi


Halodoc, Jakarta – Biang keringat terjadi ketika kelenjar keringat tersumbat dan menyebabkan keringat terperangkap di dalam kulit. Alhasil, muncul benjolan merah kecil di kulit yang terasa gatal dan tidak nyaman.

Kondisi ini sering muncul di leher, bokong, dan lipatan kulit. Meskipun dapat terjadi pada siapa saja, bayi lebih rentan mengalami biang keringat karena kelenjar keringatnya masih dalam masa pertumbuhan.

Nah, untuk mengatasi biang keringat, ibu dapat menggunakan beberapa obat-obatan yang bisa didapatkan di Halodoc. Yuk simak pembahasannya!

Rekomendasi Obat Biang Keringat Bayi

Berikut ini beberapa obat biang keringat untuk bayi yang dapat digunakan:

1. Herocyn Baby Powder 200 g

Herocyn Baby Powder 200 g adalah pilihan obat biang keringat bayi yang juga dapat memelihara kulit bayi agar tetap sehat, halus, harum, dan segar.

Komposisi dari bedak Herocyn ini antara lain talc, Zinc oxide, dan Zinc stearate. 

Ibu bisa berikan pada Si Kecil ketika mengalami biang keringat hingga beberapa kali dalam sehari. Cukup taburkan pada tempat yang sakit seperti lipatan kulit setelah bayi selesai mandi. 

Jauhkan obat biang keringat ini dari hidung dan mulut bayi. Bila terhirup atau pun tertelan, segera konsultasikan dengan dokter di Halodoc.

Rentang harga: Rp10.600 – Rp21.600 per botol.

Dapatkan Herocyn Baby Powder 200 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Caladine Baby Anti Iritation Powder 100 g

Rekomendasi obat biang keringat bayi yang juga bisa ibu pilih adalah Caladine Baby Anti Iritation Powder 100 g. Produk Caladine ini berfungsi untuk mengatasi iritasi serta mengurangi kemerahan pada kulit bayi, termasuk yang disebabkan oleh biang keringat. 

Adanya kandungan Aloe vera dan calamine mampu memberikan kesejukan dan mengurangi rasa gatal akibat iritasi. Selain itu, juga ada tambahan vitamin B5 yang senantiasa menjaga kulit bayi agar tetap lembut dan halus. 

Ibu bisa usapkan obat biang keringat bayi ini pada permukaan kulit bayi secara merata. Gunakan setelah mandi atau ketika mengganti popok. 

Kisaran harga: Rp12.500 per botol.

Dapatkan Caladine Baby Anti Iritation Powder 100 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Pure Kids Itchy Cream 15 g

Opsi obat biang keringat bayi lainnya yang bisa ibu gunakan adalah Pure Kids Itchy Cream 15 g. Obat ini bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit akibat biang keringat, gigitan serangga, ataupun serangan panas matahari.

Pure Kids Itchy Cream juga dilengkapi dengan sejumlah bahan aktif alami seperti oat kernel, cajuput oil, calamine, dan chamomile. Dengan bahan-bahan tersebut, obat ini dapat bekerja meredakan rasa gatal, melembabkan kulit, menyejukkan kulit, dan melawan bakteri pada kulit.

Ibu dapat langsung mengoleskan obat inis secukupnya pada kulit bayi yang mengalami biang keringat.

Rentang harga: Rp28.500 per tube.

Dapatkan Pure Kids Itchy Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Snake Brand Prickly Heat Classic Powder 150 g

Ibu juga bisa berikan bedak dingin khusus bayi untuk mengatasi biang keringat Si Kecil. Produk yang bisa digunakan adalah  Snake Brand Prickly Heat Classic Powder 150 g.

Bedak dingin ini dapat menghilangkan gatal-gatal akibat biang keringat serta membuat badan bayi terasa lebih sejuk dan dingin. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat melindungi Si Kecil dari gigitan nyamuk. 

Gunakan pada kulit bayi hingga beberapa kali sehari. Pastikan untuk tidak memberikan obat ini pada bagian luka yang masih terbuka. 

Rentang harga: Rp18.100 – Rp41.600 per botol.

Dapatkan Snake Brand Prickly Heat Classic Powder 150 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. PUREBB Rash Cream 15 g

Pilihan Obat biang keringat terakhir yang dapat ibu berikan untuk bayi adalah PUREBB Rash Cream 15 g.

PUREBB Rash Cream merupakan obat berbentuk cream yang dapat mengatasi berbagai macam ruam dan iritasi, khususnya pada kulit bayi yang sensitif. Obat ini juga memiliki manfaat memberikan kelembutan pada kulit bayi.

Untuk menggunakan obat ini, ibu cukup mengoleskannya secukupnya pada kulit bayi yang mengalami biang keringat. Perlu diingat, obat ini hanya untuk penggunaan luar.

Rentang harga: Rp14.600 – Rp26.200 per tube.

Dapatkan PUREBB Rash Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Ketika biang keringat menyerang Si Kecil, sebenarnya Ibu tidak perlu panik. Selain obat biang keringat bayi di atas, Ini beberapa Cara Mudah Tangani Biang Keringat pada Si Kecil.

Nah, itu dia beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit bayi. 

Untuk membeli produk-produk tersebut dengan mudah, ibu dapat mengunjungi Toko Kesehatan Halodoc. Produk asli tersegel dan akan dikirim dari apotek terpercaya!

Referensi:
MedicalNewsToday. Diakses 2024. What to know about heat rash in babies.
Saint Luke’s Health System. Diakses 2024. When Your Child Has Heat Rash (Prickly Heat).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan