Ibu, Ini Dosis Paracetamol Anak sesuai Anjuran Medis

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Mei 2023

“Dosis paracetamol untuk anak perlu diperhatikan sesuai usia, dengan tidak lebih dari 10ml untuk anak usia 4 hingga 6 tahun. Imbangi dengan air putih yang cukup saat konsumsi paracetamol."

Ibu, Ini Dosis Paracetamol Anak sesuai Anjuran MedisIbu, Ini Dosis Paracetamol Anak sesuai Anjuran Medis

Halodoc, Jakarta – Saat anak demam, ibu biasanya memberikan paracetamol untuk menurunkan panas. Paracetamol adalah obat yang masuk dalam kategori analgesik atau pereda nyeri. Obat ini mampu meredakan nyeri ringan hingga sedang, sekaligus menurunkan demam.

Hal yang perlu ditegaskan, ibu harus cermat saat memberikan obat ini pada anak. Jangan sampai dosisnya kurang, atau bahkan lebih dari yang dianjurkan hingga menimbulkan efek samping. Contohnya, seperti diare, mual, muntah, sembelit, dan kram perut.

Selain itu, jangan lupa memberikan air mineral yang banyak pada anak. Tujuannya, untuk mempermudah obat agar cepat larut, dan mencegah anak dari dehidrasi selama demam. Ibu juga harus memperhatikan kualitas airnya agar aman untuk dikonsumsi oleh anak dan keluarga.

Hal yang perlu Diperhatikan saat Memberi Paracetamol Anak

Meskipun paracetamol umumnya aman dan memiliki sedikit efek samping, hal ini tidak berarti paracetamol boleh sembarangan ibu berikan kepada anak.

Dalam pemberian paracetamol anak, ada beberapa pertimbangan yang harus ibu perhatikan, antara lain:

1. Kocok terlebih dahulu

Paracetamol untuk anak sering kali tersedia dalam bentuk cair atau sirup. Oleh karena itu, disarankan agar paracetamol dikocok setidaknya selama 10 detik sebelum diberikan kepada anak-anak untuk memastikan obat tercampur dengan baik. 

Pastikan pula merek dagang paracetamol yang ibu pilih sudah aman (tidak berkaitan dengan kasus gagal ginjal akut), menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

2. Gunakan sendok takar khusus

Beberapa orang tua percaya bahwa satu sendok teh atau satu sendok makan dapat digunakan untuk memperkirakan dosis paracetamol yang dianjurkan untuk anak-anak.

Namun, informasi ini tidak benar. Sebaiknya ibu tetap menggunakan sendok takar khusus yang biasanya sudah tersedia dalam obat paracetamol.

3. Perhatikan kandungan obat

Tidak disarankan bagi ibu untuk memberikan Si Kecil obat lain yang mengandung paracetamol. Ini penting untuk ibu perhatikan agar anak terhindar pemberian dosis paracetamol yang berlebihan.

4. Perhatikan dosis per harinya

Kondisi yang dihadapi anak biasanya menentukan apakah mereka harus diberi paracetamol atau tidak. Anak dan bayi harus mengonsumsi paracetamol 10-15 mg per kilogram berat badannya.

Ibu tidak boleh memberikan paracetamol lebih dari empat kali sehari, dengan jarak waktu sekitar  4-6 jam antara setiap dosis.

5. Memberikan tablet pada anak

Obat paracetamol tablet harus ditelan dengan air. Beri tahu anak untuk tidak mengunyah tablet. Jika anak masih kesulitan dalam menelan tablet, ibu bisa melarutkannya dalam segelas air.

Pastikan obat benar-benar sudah larut dan anak meminum seluruh larutannya agar mendapatkan paracetamol dengan dosis yang tepat.

Ibu juga bisa mengetahui manfaat dan efek samping paracetamol melalui laman berikut, “Perlu Tahu, Ini Manfaat Paracetamol dan Efek Sampingnya”.

Dosis Paracetamol untuk Anak

Bayi dan anak-anak dapat mengonsumsi paracetamol dalam bentuk sirup cair dari usia 2 bulan, supositoria dari usia 2 bulan, dan tablet (termasuk tablet larut) dari usia 6 tahun. Masing-masing jenis paracetamol memiliki dosis tersendiri yang harus sesuai dengan usia anak atau bayi.

Dosis paracetamol untuk bayi

Sebaiknya ibu tidak memberikan paracetamol untuk bayi di bawah usia 2 bulan, kecuali atas resep dokter. Berikut ajuran dosis paracetamol untuk bayi dalam bentuk sirup berukuran 120 mg/ 5ml berdasarkan usia:

  • 3 hingga 6 bulan: 2,5ml.
  • 6 hingga 24 bulan: 5 ml.
  • 2 hingga 4 tahun: 7,5ml.
  • 4 hingga 6 tahun: 10 ml.

Dosis paracetamol untuk balita

Sementara itu, dosis paracetamol untuk anak-anak berusia 2-5 tahun harus sesuai dengan berat badan. Berikut ini anjuran dosis paracetamol untuk anak-anak dalam bentuk sirup 160 mg/5 ml:

  • 8-11 kg: 3,75 ml.
  • 11-16 kg: 5 ml.
  • 16-21 kg: 7,5 ml.
  • 21-27 kg: 10 ml.

Jika ibu memberikan paracetamol sebagai pil, dosis umumnya adalah 500 mg. Beri anak dosis yang lebih rendah dengan memecahkan tablet untuk dosis yang lebih rendah.

Dosis paracetamol untuk anak

Dosis tablet untuk anak usia 6-16 tahun harus berdasarkan usianya, berikut ini dosis tablet paracetamol atas anjuran dokter:

  • 6 hingga 8 tahun: 250 mg.
  • 8 hingga 10 tahun: 375 mg.
  • 10 hingga 12 tahun: 500 mg.
  • 12 hingga 16 tahun: 750 mg.

Bagaimanapun, ibu bisa menyesuaikan dosis yang paling tepat melalui label di obat. Ibu bisa menanyakan kepada dokter atau apoteker sebelum memberikan paracetamol pada anak yang mengidap masalah hati atau ginjal, atau sedang mengonsumsi obat. Terutama obat epilepsi, obat tuberkulosis (TB), atau warfarin (obat pengencer darah).

Setelah ibu memberikan paracetamol, jangan lupa untuk memberikan air mineral yang banyak pada anak. Minum air mineral saat demam berfungsi untuk mempermudah obat cepat larut dalam tubuh, dan membantu memenuhi cairan tubuh anak selama demam.

Tentunya dalam memberikan air ibu harus memperhatikan kualitasnya agar aman untuk dikonsumsi oleh anak.

Untuk kesehatan keluarga, ibu ingat #AQUADULU. Diciptakan oleh alam, AQUA berasal dari sumber air terlindungi, 100% murni tanpa tambahan apa pun. Air AQUA selalu segar tanpa harus didinginkan sebagaimana alam ingin kamu meminumnya. 

Itulah pembahasan mengenai dosis paracetamol anak sesuai anjuran dokter. Jika ibu membutuhkan paracetamol saat anak demam, kini ibu bisa mendapatkannya dengan mudah melalui aplikasi Halodoc.

Jadi, tidak perlu repot-repot lagi deh pergi ke apotek. Yuk, download Halodoc sekarang juga untuk akses obat yang lebih mudah!

Referensi:
My Dr. Diakses pada 2023. Paracetamol for Children.
NHS. Diakses pada 2023. How and When to Give Paracetamol for Children.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan