• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Gejala Awal Penyakit Asma pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Gejala Awal Penyakit Asma pada Anak

Ibu, Ini Gejala Awal Penyakit Asma pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Desember 2021
Ibu, Ini Gejala Awal Penyakit Asma pada Anak

“Gejala awal penyakit asma yang umum adalah batuk dan sesak napas. Namun, kondisi yang sering menyerang anak-anak ini juga bisa memicu gejala yang beragam. Maka dari itu, para ibu wajib tahu apa saja gejala yang bisa muncul akibat penyakit ini.”

Halodoc, Jakarta – Gejala awal penyakit asma adalah batuk-batuk dan kesulitan bernapas. Namun, sebenarnya gejala penyakit ini bisa bervariasi dan berbeda-beda antara satu anak dengan yang lainnya. Pada beberapa kasus, gejala awal penyakit asma yang muncul mungkin mirip dengan batuk biasa. Maka dari itu, penting bagi ibu untuk mengenali gejala penyakit ini. 

Asma adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Sebagai penyakit kronis, kondisi ini ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Ada banyak faktor yang bisa memicu penyakit ini pada anak, mulai dari faktor riwayat kesehatan keluarga, infeksi virus, hingga pengaruh lingkungan sekitar. Lantas, apa saja gejala awal penyakit asma pada anak? 

Mengenal Gejala Awal Penyakit Asma

Pada anak-anak, ada beberapa gejala asma yang bisa dikenali pada awal kemunculannya. Gejala-gejala tersebut meliputi: 

  1. Batuk Tanpa Henti
batuk tanpa henti

Batuk tanpa henti pada anak bisa bisa menjadi gejala asma. Gejala ini biasanya muncul dalam jangka panjang, dan sering memburuk pada malam hari. Selain itu, gejala asma yang satu ini juga sering muncul saat Si Kecil beraktivitas, seperti bermain atau berolahraga. 

  1. Sesak Napas 
sesak napas

Waspadai gejala batuk yang disertai dengan sesak napas. Ini bisa menjadi tanda awal penyakit asma. Kondisi ini juga menyebabkan napas anak tersengal-sengal dan mengalami nyeri dada.

  1. Mengi 
mengi

Mengi alias napas berbunyi juga bisa muncul sebagai gejala asma. Pengidap penyakit ini umumnya akan mengeluarkan suara “ngiik” saat bernapas atau saat mengembuskan napas. 

  1. Mudah Lelah 
mudah lelah

Anak yang mengalami asma juga cenderung mudah lelah dan terlihat lesu. Tubuhnya akan terasa lemas dan enggan untuk melakukan aktivitas bersama teman-temannya. Selain itu, Si Kecil yang mengidap penyakit ini juga cenderung mengalami kesulitan tidur di malam hari. Hal ini bisa muncul akibat kesulitan bernapas atau sesak napas. Selain itu, susah tidur juga bisa disebabkan oleh gejala batuk-batuk yang dialami anak dengan penyakit asma. 

Jika Si Kecil menunjukkan gejala asma yang memburuk, hubungi dokter segera melalui aplikasi Halodoc. Lebih mudah berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan keluhan kesehatan yang dialami dan dapatkan rekomendasi pengobatan terbaik dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021 Asthma in Children.
WebMD. Diakses pada 2021. Asthma in Children (Childhood Asthma).