• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Makanan Bayi 6 Bulan untuk Menambah Berat Badan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Makanan Bayi 6 Bulan untuk Menambah Berat Badan

Ibu, Ini Makanan Bayi 6 Bulan untuk Menambah Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Maret 2021
Ibu, Ini Makanan Bayi 6 Bulan untuk Menambah Berat BadanIbu, Ini Makanan Bayi 6 Bulan untuk Menambah Berat Badan

Halodoc, Jakarta - Saat merencanakan menu makanan bayi 6 bulan, ibu perlu memerhatikan kebutuhan gizi. Bayi yang sudah masuk usia memerlukan makanan pendamping ASI (MPASI) sehingga asupan makanannya harus sehat dan seimbang, untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Ada kalanya ibu merasa resah karena merasa berat badan bayi kurang. Kemudian mencoba menambah berat badan bayi dengan memberikan makanan. Namun, apa saja jenis makanan yang bisa membantu menambah berat badan bayi?

Baca juga: Simak Resep MPASI Bayi 8-10 Bulan Rekomendasi WHO

Berbagai Makanan Bayi 6 Bulan untuk Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat badan bayi, ada beberapa makanan yang bisa diberikan, yaitu:

1.Pisang

Pisang kaya akan potasium, vitamin C dan B6, serta karbohidrat. Buah ini juga sarat dengan kalori, menjadikannya makanan bayi 6 bulan yang bisa membantu menambah berat badan. Ibu bisa menyajikan pisang dengan cara melumatkannya hingga benar-benar halus, sebelum diberikan pada bayi.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar mudah diolah jadi makanan bayi berusia 6 bulan. Ibu cukup merebus atau mengukusnya, lalu haluskan, sebelum diberikan pada bayi. Umbi-umbian ini enak, mudah dicerna, dan kaya vitamin A, C, B6, fosfor, kalium, dan mangan.

Semua nutrisi tersebut membantu bayi untuk memberikan nutrisi dan menambah berat badan. Selain itu, ubi jalar juga sarat dengan serat makanan, sehingga baik untuk pencernaan bayi. Cara mengolah ubi jalar bisa membuat bubur atau menjadi puree dan sup yang lezat.

3. Alpukat

Buah berdaging kuning kehijauan ini kaya akan vitamin B6, E, C, K, folat, serat makanan, zat besi, dan asam pantotenat. Selain itu, alpukat juga memiliki persentase lemak sehat yang tinggi. Buah ini dapat disajikan sebagai puree yang lembut, sebagai makanan bayi 6 bulan.

Baca juga: Ini Tips Menyiapkan Menu MPASI Pertama untuk Si Kecil

4. Ayam

Ayam adalah sumber protein yang mudah dicerna dan membantu menambah berat badan bayi, dengan membangun massa otot. Ayam juga merupakan pilihan makanan serbaguna dan dapat disajikan dalam bentuk apa pun. Namun, pastikan untuk menghaluskannya sebelum disajikan sebagai makanan bayi 6 bulan, ya.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah contoh sumber lemak sehat yang bisa digunakan untuk menambah berat badan bayi. Cobalah tambahkan satu sendok teh minyak zaitun pada bubur atau puree makanan bayi untuk tambahan kalori.

6. Selai Kacang

Kacang tidak hanya padat nutrisi dan kaya akan lemak sehat. American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology merekomendasikan untuk memperkenalkan selain kacang pada bayi sejak usia 6 bulan, untuk membantu mencegah alergi makanan di masa mendatang.

7. Keju dan Yoghurt

Keju dan yoghurt adalah produk olahan susu yang kaya akan nutrisi. Cobalah menambahkan keju parut atau yoghurt khusus untuk bayi, ke dalam puree atau makanan sebagai variasi dan tambahan nutrisi, untuk menambah berat badannya. Namun, berikan secara bertahap dan amati apakah ada reaksi alergi yang muncul.

Baca juga: Inilah Manfaat Buah Alpukat sebagai MPASI untuk Bayi

Itulah beberapa makanan bayi 6 bulan untuk menambah berat badan. Nah, sebaiknya hindari memberikan madu untuk di bawah 1 tahun karena dapat membuat bayi mengalami botulisme. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar pilihan makanan, atau butuh beli produk kesehatan bayi, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter dan beli produk bayi dengan mudah.

Ingatlah bahwa mempertahankan kebiasaan makan yang sehat pada lebih penting daripada membuat Si Kecil mencapai berat badan yang ditargetkan. Biarkan bayi mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, hingga pada akhirnya akan mencapai berat badan yang sehat. 

Jika khawatir Si Kecil tidak bertambah beratnya meskipun telah mencoba tips dan makanan tersebut, konsultasikan dengan dokter. Dengan begitu, dokter akan dapat mengevaluasi situasi dan meresepkan suplemen penambah berat badan untuk anak-anak jika diperlukan.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2021. 10 Foods to Healthfully Encourage Baby's Weight Gain.
First Cry Parenting. Diakses pada 2021. List of 12 Healthy Weight Gain Foods for Babies & Kids.