Ibu, Ini Manfaat Membaca Cerita pada Anak di Bawah 1 Tahun

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Januari 2023

“Membacakan cerita kepada anak usia di bawah 1 tahun dapat memberikan banyak manfaat. Khususnya terkait komunikasi dan memberikan stimulasi untuk membangun keterampilan mendengarkan, memori, dan kosakata.”

Ibu, Ini Manfaat Membaca Cerita pada Anak di Bawah 1 TahunIbu, Ini Manfaat Membaca Cerita pada Anak di Bawah 1 Tahun

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang tua yang memiliki anak di bawah 1 tahun atau bayi mempertanyakan apakah membacakan cerita bermanfaat atau tidak. Sebab, sebagian orang tua mempertanyakan apakah bayi sudah dapat mengerti dongeng dari orang tua.

Berita baiknya, hal ini sebenarnya perlu dilakukan karena dapat memberikan berbagai manfaat bagi pertumbuhan anak. Apalagi kini sudah banyak tipe buku yang dapat dibacakan untuk anak berusia di bawah 1 tahun. Karena itu, tidak ada salahnya ibu mengetahui apa saja manfaat membacakan cerita atau dongeng kepada bayi. 

Manfaat Membaca Cerita pada Anak yang Perlu Diketahui 

Membacakan dongeng atau cerita, berbicara dan bernyanyi setiap hari membantu perkembangan anak dalam banyak hal. Melansir dari salah satu media daring nasional, seorang konsultan pendidikan, Richard Gentry mengatakan membacakan buku ke bayi bisa menciptakan bonding. Hal ini diyakini bermanfaat bagi perkembangan kognitif mereka. Sebab, membacakan anak bisa mengajarkannya tentang komunikasi dan memberikan stimulasi untuk membangun keterampilan mendengarkan, memori, dan kosakata.

Selain itu, ada beberapa manfaat umum yang juga dapat diperoleh dari membacakan buku, yaitu: 

  • Memicu imajinasi anak dan merangsang rasa ingin tahunya. 
  • Membantu mengembangkan otak anak, kemampuan untuk fokus, konsentrasi, keterampilan sosial dan keterampilan komunikasi. 
  • Dapat membantu anak untuk mempelajari perbedaan antara ‘nyata’ dan ‘khayalan’ ketika dirinya sudah mulai beranjak besar.
  • Membantu anak untuk belajar tentang dunia, budaya mereka sendiri, dan budaya lain sedari dini.

Hanya dengan melihat buku bersama anak dan membacakan mereka dongeng, ibu bisa menjadi pendongeng yang hebat dan model yang baik untuk menggunakan bahasa dan buku. Pada saat bayi mencapai ulang tahun pertama mereka, mereka akan mempelajari semua suara yang diperlukan untuk berbicara bahasa asli mereka. Semakin banyak cerita yang dibacakan, semakin banyak kata yang akan didengar bayi dan semakin baik anak dapat berbicara.

Sebaliknya, membacakan cerita bersama anak juga memiliki manfaat bagi orang dewasa. Sebab, waktu khusus yang ibu habiskan untuk membaca bersama Si Kecil dapat meningkatkan ikatan dan membantu membangun hubungan dengannya. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membacakan Cerita?

Ibu dapat membacakan cerita kepada anak kapan saja. Baik ketika Si Kecil sudah memasuki waktu tidur, saat popoknya diganti, saat bayi dimandikan, maupun ketika anak berada di kereta dorong. Ibu dapat menjadikan buku sebagai bagian dari rutinitas harian untuk dinikmati bersama dengan Si Kecil. 

Mengetahui kapan harus berhenti sama pentingnya dengan menemukan waktu untuk berbagi cerita. Perhatikan reaksi anak terhadap cerita yang disajikan dan hentikan jika anak terlihat tidak menikmatinya. 

Jika ibu tidak memiliki buku atau tidak dapat mengarang cerita saat itu juga, jangan khawatir. Ada banyak cara lain yang dapat dilakukan. Misalnya ibu dapat menggunakan beberapa benda berikut sebagai bahan cerita

  • Kemasan makanan yang ada di rumah atau di supermarket.
  • Pakaian, misalnya menceritakan gambar apa yang ada di pakaian tersebut atau warna dari pakaian itu.  

Hal yang Dapat Dilakukan Selain Membacakan Cerita

Membaca bukanlah satu-satunya cara untuk membantu perkembangan bahasa dan literasi anak. Sebab ibu juga dapat menyanyikan lagu dan mengucapkan sajak bersama untuk memperkenalkan keterampilan literasi awal. Terkadang anak Anda mungkin lebih menikmati aktivitas ini daripada membaca.

Itulah penjelasan mengenai apa manfaat dari membaca cerita kepada anak yang berusia di bawah satu tahun. Selain mengenalkan literasi sedari dini, pastikan juga untuk senantiasa memantau kesehatan Si Kecil. Jika anak tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan seperti batuk, segeralah periksakan kondisinya. 

Melalui aplikasi Halodoc ibu bisa membuat janji temu dokter di rumah sakit untuk memeriksakan kondisi anak. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Kids Health. Diakses pada 2023. Reading Books to Babies. 
Raising Children.Net. Diakses pada 2023. Reading and storytelling with babies and children. 
Hai Bunda. Diakses pada 2023. Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Bayi. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan