Ibu, Ini Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Januari 2023

“Perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu yang paling kentara terdapat pada kandungan glutennya. Jika kamu memiliki alergi pada gluten, sebaiknya memahami hal ini.”

Ibu, Ini Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung TeriguIbu, Ini Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

Halodoc, Jakarta – Tepung tapioka dan tepung terigu memang sulit untuk dibedakan satu sama lain. Padahal, nutrisi dari kedua tepung ini bisa berbeda, salah satunya adalah kandungan glutennya. Namun, masih banyak perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu lainnya yang perlu kamu ketahui berikut ini!

Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

Secara umum tidak banyak perbedaan dari kedua bahan pembuat makanan ini, sebab menggunakan produk yang sama.

Namun, sebaiknya kamu tahu perbedaan dari kedua tepung ini, terlebih jika kamu memiliki alergi gluten. 

1. Tepung terigu

Produk ini berasal dari endosperma gandum yang digiling dengan halus hingga menjadi bubuk. Hal yang membedakan dari produk gandum ini adalah gluten, yaitu protein elastis yang memberi struktur pada roti, kue, dan makanan sejenis.

Kandungan gluten dari tepung terigu bervariasi, sehingga menjadi pilihan yang sempurna untuk makanan yang dibuat dengan cara dipanggang, seperti pasta, pangsit, dan lainnya.

Namun, bahan makanan ini tidak disarankan untuk seseorang yang memiliki alergi gluten atau penyakit Celiac. Pilihan terbaik untuk pemilihan bahan makanan pada seseorang dengan gangguan tersebut adalah tepung tapioka.

Mau tahu perbedaan tepung aci dengan tepung sagu? Baca selengkapnya di artikel ini: “Apa Itu Tepung Aci? Ini Manfaat dan Perbedaannya dengan Tepung Sagu“.

2. Tepung tapioka

Tepung tapioka merupakan tepung yang dibuat dengan cara menggiling akar umbi kering dari singkong. Bahan makanan ini diekstraksi langsung dari pati akar umbi-umbian tersebut.

Karena tidak ada kandungan gluten, tepung ini cocok untuk dikonsumsi seseorang yang alergi gluten atau mengidap penyakit Celiac.

Nah, berikut berbagai perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu yang perlu diketahui:

  • Tepung tapioka terbuat dari singkong, sedangkan tepung terigu berasal dari gandum.
  • Tepung terigu lebih murah dan mudah didapatkan dibandingkan tepung tapioka.
  • Memiliki perbedaan tekstur satu sama lain.

Ketahui juga perbedaan antara tepung roti dan tepung panir dalam artikel ini: Wajib Tahu, Ini Beda Tepung Roti dan Tepung Panir.

Bisakah Mengganti Tepung Terigu dengan Tepung Tapioka pada Semua Makanan?

Meskipun terlihat serupa, ternyata kamu tidak dapat menggantikannya satu sama lain. Tepung terigu dapat memberikan tekstur kenyal karena kandungan gluten tersebut. Selain itu, kamu mungkin juga memiliki masalah terhadap lamanya kue untuk mengembang dan saat dipanggang.

Jika kamu tidak memiliki pilihan selain tepung tapioka, pastikan untuk mendapatkan proses yang tepat saat mengolahnya. Pastikan untuk mendapatkan resep yang dirancang khusus untuk tepung tapioka, sehingga makanan benar-benar mengembang dengan baik.

Nah, itulah perbedaan tepung terigu dan tepung tapioka yang perlu kamu ketahui. Jika kamu memiliki penyakit Celiac, pastikan untuk memilih tepung tapioka sebagai bahan dasar dalam membuat kue. Hal ini untuk menghindari kekambuhan alergi yang disebabkan oleh kandungan gluten.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya, fitur tanya dokter dan janji rumah sakit dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi dengan ahlinya kapan dan di mana saja. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di gengamanmu.

Referensi:
Noms Pedia. Diakses pada 2023. Tapioca Starch vs. Wheat Flour: What is the Difference?
Bontea Cafe. Diakses pada 2023. Tapioca Starch vs Flour: Is there a difference?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan