• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Waktu yang Tepat ke Gym Setelah Melahirkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Waktu yang Tepat ke Gym Setelah Melahirkan

Ibu, Ini Waktu yang Tepat ke Gym Setelah Melahirkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Desember 2022

“Pada dasarnya, ibu bisa kembali ke gym atau berolahraga kembali bila kehamilan ataupun persalinan tidak mengalami komplikasi apapun.”

Ibu, Ini Waktu yang Tepat ke Gym Setelah MelahirkanIbu, Ini Waktu yang Tepat ke Gym Setelah Melahirkan

Halodoc, Jakarta –  Biasanya ibu yang baru saja melahirkan ingin langsung mendapatkan bentuk tubuhnya kembali. Padahal, kondisi setiap ibu usai melahirkan bisa berbeda. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk kembali ke gym usai melahirkan bisa berbeda tiap orang.

Perbedaan jenis proses melahirkan yang ditempuh juga membedakan waktu pemulihan bagi ibu hamil. Yuk simak kapan waktu ke gym usai melahirkan melalui ulasan berikut!

Olahraga Dilakukan Bila Persalinan Tanpa Komplikasi 

Jika ibu mengalami kehamilan dan persalinan pervaginam yang tidak rumit dan tidak ada komplikasi, umumnya aman untuk mulai berolahraga beberapa hari setelah melahirkan atau segera setelah merasa siap.

Namun, bila persalinan dengan metode caesar, perbaikan vagina ekstensif, atau kelahiran yang rumit, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai waktu yang tepat untuk kembali olahraga. 

Ingat, olahraga setelah persalinan sangat direkomendasikan buat para ibu. Ini terbukti sehat dan memberikan banyak sekali manfaat.

Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Mempromosikan penurunan berat badan, terutama bila dikombinasikan dengan pengurangan asupan kalori.
  • Meningkatkan kebugaran kardiovaskular.
  • Menguatkan dan mengencangkan otot perut.
  • Meningkatkan energi. 
  • Meredakan stres
  • Membantu mendapatkan kualitas tidur lebih baik. 

Biasanya yang paling aman untuk mulai berolahraga adalah beberapa hari setelah melahirkan, atau segera setelah ibu merasa siap. Jika ibu melahirkan secara caesar atau mengalami komplikasi, tanyakan kepada dokter kandungan kapan waktu yang aman untuk mulai berolahraga lagi.

Tips Melakukan Olahraga Usai Melahirkan

Sebagai permulaan, 20-30 menit per hari adalah waktu yang tepat untuk memulai kembali olahraga setelah melahirkan. Latihan pascapersalinan yang bisa dilakukan adalah gerakan-gerakan yang membantu memperkuat kelompok otot utama, termasuk otot perut dan punggung. 

Ibu bisa menambahkan latihan intensitas sedang secara bertahap.  Ingatlah,  bahkan 10 menit olahraga bermanfaat bagi tubuh dan jangan memaksakan diri. Namun, jangan memaksakan diri dan berhentilah berolahraga jika ibu merasa sakit.

hari ibu Halodoc

Selama persalinan dalam keadaan sehat dan tanpa komplikasi, semestinya olahraga bisa dilakukan sesegera mungkin. Saat ibu siap untuk mulai berolahraga, berjalan adalah cara yang bagus untuk kembali bugar. Cara lain yang baik untuk berolahraga setiap hari adalah dengan mengikuti kelas olahraga di gym misalnya.

Beberapa gym menawarkan kelas latihan khusus pascapersalinan dan kelas yang dapat ibu ikuti bersama bayi. Jika ibu belum ingin kembali ke gym tetapi menginginkan manfaat berolahraga setelah persalinan, mintalah seorang teman untuk menjadi teman berolahraga. Ibu juga bisa melakukan sendiri olahraga melalui panduan online. 

Ingatlah kalau persalinan dapat menyebabkan masalah fisik termasuk nyeri punggung dan kandung kemih bocor, yang keduanya dapat diperparah dengan olahraga berat. Hormon kehamilan juga dapat memengaruhi persendian dan ligamen hingga 6 bulan setelah melahirkan. Ini kemungkinannya  membuat ibu berisiko lebih besar mengalami cedera.

Otot perut juga bisa jadi terpisah selama kehamilan dan biasanya kembali normal setelah melahirkan, namun terkadang dapat tetap terpisah. Sebagai awalan, ibu bisa memulai latihan untuk memperkuat otot-otot ini untuk menghindari sakit punggung dan cedera.

Dasar panggul mencakup otot dan ligamen yang menopang kandung kemih, rahim, dan usus dapat melemah setelah kehamilan. Ini terutama jika ibu melahirkan bayi dengan bobot besar atau mengejan dalam waktu lama.

Olahraga teratur membantu memperkuat dasar panggul. Akan tetapi, ibu harus berhati-hati agar tidak melakukannya berlebihan. Berhati-hatilah dalam menggunakan beban berat atau melakukan olahraga berdampak tinggi, karena hal ini meningkatkan kemungkinan mengalami prolaps.

Diskusikan kondisi kesehatan pascapersalinan melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa buat janji medis ke dokter kandungan melalui Halodoc

Nah, dalam rangka merayakan Spesial Hari Ibu, Halodoc serba bisa untuk Ibu! Kamu bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik di aplikasi Halodoc tanggal 19-23 Desember 2022:

  • Berbagai kebutuhan sehat ibu dan anak, hemat s.d. 50%
  • Skrining Kehamilan hingga Cek Demam Anak di Halodoc Home Care hemat hingga 20% + Ekstra Diskon 25%
  • Hubungkan Asuransi Istri, free voucher MCU s.d. 100rb

Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
The American College of Obstetricians and Gynecologists. Diakses pada 2022. Exercise After Pregnancy.
Pregnancy Birth and Baby. Diakses pada 2022. Safe return to exercise after pregnancy.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Labor and delivery, postpartum care.