Ibu, Kenali 5 Persiapan sebelum Melakukan Prenatal Massage

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 September 2021
Ibu, Kenali 5 Persiapan sebelum Melakukan Prenatal MassageIbu, Kenali 5 Persiapan sebelum Melakukan Prenatal Massage

“Beberapa ibu mungkin merasa khawatir melakukan pijat saat hamil, karena dinilai dapat membahayakan janin. Nyatanya, pijat prenatal atau yang dikenal dengan istilah prenatal massage justru memiliki banyak manfaat bagi ibu dan janin dalam kandungan. Apa saja persiapan sebelum melakukan prenatal massage?”

Halodoc, Jakarta – Pijat prenatal dilakukan ibu selama kehamilan kehamilan. Tujuannya adalah meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan pegal dan nyeri otot, serta membuat ibu hamil menjadi lebih rileks. Pijat ini menjadi salah satu hal yang dianjurkan bagi para ibu sebagai salah satu persiapan menuju persalinan. Berikut penjelasan selanjutnya terkait persiapan dan cara melakukan pijat prenatal.

Baca juga: Seberapa Sering Ibu Hamil Boleh Berhubungan Intim?

Persiapan Prenatal Massage

Mengingat pijat prenatal dilakukan pada ibu hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Dilakukan oleh Tenaga Profesional

Langkah pertama yang dilakukan adalah memilih tenaga profesional yang tepat. Pastikan ibu datang ke tempat yang tepat. Tenaga profesional sangat memahami bagian tubuh mana saja yang boleh atau tidak boleh dipijat. Pasalnya, ada beberapa bagian tubuh ibu hamil yang tidak boleh dipijat, seperti perut bagian bawah, titik di antara jempol dan telunjuk tangan, jempol kaki, tumit, area sekitar jari kaki, dan mata kaki.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Waktu terbaik ibu hamil untuk melakukan pijat prenatal adalah saat janin berusia 12 minggu dan maksimal 31 minggu. Saat berusia di atas 12 minggu, posisi janin sudah stabil sehingga aman untuk melakukan pijatan-pijatan ringan, terutama yang bertujuan untuk melancarkan aliran darah menuju janin.

3. Pilih Posisi yang Tepat dan Nyaman

Tidak semua posisi pijat dapat dilakukan saat hamil. Ibu perlu memilih posisi yang tepat agar tidak membahayakan kehamilan. Ada dua posisi yang disarankan, yaitu: 

  • Jika melakukan pijat prenatal di usia kehamilan di atas 4 bulan, maka sebaiknya dilakukan pada posisi berbaring telentang.
  • Namun, posisi berbaring menyamping ke sebelah ke kiri juga disarankan. Alasannya adalah, agar rahim yang besar tidak akan menekan pembuluh darah balik dari kaki (vena cava inferior), sehingga dapat mencegah terhambatnya aliran darah dari bagian bawah tubuh.

4. Ketahui Titik Aman Memijat

Seperti pada penjelasan sebelumnya, pemijatan tidak boleh dilakukan di area perut bagian bawah, titik di antara jempol dan telunjuk tangan, jempol kaki, tumit, area sekitar jari kaki, dan mata kaki. Pasalnya, pijatan yang dilakukan di beberapa area tersebut dapat memicu terjadinya kontraksi. Beritahu pula pada terapis jika pijatan yang dilakukan terlalu kencang dan kurang nyaman.

Baca juga: Amankah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Cara Melakukan Pijat Prenatal

Setelah melakukan persiapan yang matang, berikut ini beberapa langkah benar melakukan pijat prenatal:

  • Oleskan minyak di area vagina dan sekitar nya. 
  • Masukkan jari telunjuk, jari tengah atau keduanya sekitar satu inci ke dalam vagina.
  • Tekan dengan lembut ke arah anus sebanyak beberapa kali. Gerakan ini akan merilekskan otot-otot yang tegang di area tersebut.
  • Pijatan seharusnya tidak memicu munculnya rasa nyeri, meski awalnya terasa tidak nyaman.
  • Lanjutkan pijatan maksimal selama 5 menit. Jika kurang licin, oleskan kembali minyak.
  • Setelah selesai, kompres area vagina dengan air hangat untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan membuat ibu menjadi lebih rileks.

Baca juga: Seberapa Besar Kemungkinan Salah Menebak Jenis Kelamin Bayi saat di USG?

Berbagai perubahan fisik yang dialami selama masa kehamilan dapat berujung pada rasa ketidaknyamanan, termasuk pegal-pegal. Untuk mengatasinya, pijatan prenatal bisa menjadi solusi. Jika ragu untuk melakukannya, cobalah untuk berdiskusi terlebih dulu dengan dokter, ya. 

Referensi:
What to Expect. Diakses pada 2021. Prenatal Massage.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2021. Prenatal Massage Therapy.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Benefits and Risks of Prenatal (Pregnancy) Massage.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan