• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Penyebab Bayi Satu Tahun Belum Tumbuh Gigi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Penyebab Bayi Satu Tahun Belum Tumbuh Gigi

Ibu, Kenali Penyebab Bayi Satu Tahun Belum Tumbuh Gigi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Oktober 2022

“Gigi pertama bayi biasanya akan tumbuh pada usia enam bulan hingga satu tahun. Ada banyak hal yang membuat bayi belum tumbuh gigi meski usianya sudah lewat satu tahun, seperti cedera, keturunan, hingga masalah nutrisi.”

Ibu, Kenali Penyebab Bayi Satu Tahun Belum Tumbuh GigiIbu, Kenali Penyebab Bayi Satu Tahun Belum Tumbuh Gigi

Halodoc, Jakarta – Setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Salah satunya adalah tumbuh gigi. Sering terjadi, ibu merasa khawatir saat Si Kecil masih juga belum menunjukkan tanda tumbuh gigi, padahal usianya sudah menginjak satu tahun. 

Sebenarnya, hal ini bisa dikatakan masih wajar terjadi. Sebab, bayi mengalami pertumbuhan gigi pertama yang tidak sama. Bahkan, pada kondisi yang jarang terjadi, bayi dapat mengalami tumbuh gigi setelah lahir. Meski begitu, tak jarang pula ditemui bayi belum tumbuh gigi hingga satu satu tahun usianya. 

Rata-rata, usia bayi mengalami tumbuh gigi pertama adalah sekitar enam bulan. Namun, ada pula bayi yang baru mengalami tumbuh gigi ketika usianya 17 bulan. 

Ibu tidak perlu cemas, sebab terlambat tumbuh gigi tidak selalu menandakan adanya masalah pada tumbuh kembang Si Kecil secara menyeluruh.

Penyebab Bayi Satu Tahun Belum Tumbuh Gigi

Ada banyak hal yang dapat memengaruhi waktu dan proses tumbuh gigi pada bayi. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Genetik atau keturunan

Tumbuh gigi terlambat bisa terjadi karena genetik atau keturunan. Sebenarnya, faktor ini selalu punya peran besar, termasuk dalam menentukan tumbuh kembang Si Kecil dan tumbuh gigi. Jika ayah dan ibu atau terdapat anggota keluarga yang pernah mengalami kondisi serupa, bukan tidak mungkin Si Kecil juga mengalami hal tersebut.

2. Masalah pada asupan nutrisinya

Selain itu, terlambat tumbuh gigi pada bayi juga dapat terjadi karena masalah pada asupan nutrisinya, dalam hal ini anak mengalami kurang gizi. Tak hanya itu, defisiensi nutrisi yang terjadi pada bayi juga dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya secara keseluruhan. 

Jadi, pastikan ibu memberikan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Terlebih jika usianya sudah enam bulan dan sudah mendapatkan Makanan Pendamping ASI (MPASI). 

3. Mulut bayi mengalami cedera

Penyebab lainnya bisa karena mulut bayi mengalami cedera. Sering kali, kondisi ini muncul karena adanya trauma fisik, termasuk benturan. Namun, benturan yang terjadi biasanya cukup berat di area wajah dan mulut, sehingga bisa berpengaruh pada keterlambatan tumbuh gigi. 

4. Kondisi medis tertentu

Terdapat pula kondisi ketika bayi mengalami terlambat tumbuh gigi karena adanya gangguan kesehatan tertentu. Salah satu kondisi yang berkaitan dengan hal ini adalah bayi dilahirkan dengan berat badan yang rendah. Jika demikian, ibu perlu mendapat arahan langsung dari dokter anak.

Meski demikian, apabila Si Kecil masih belum menunjukkan tanda tumbuh gigi hingga usianya 18 bulan, ibu bisa segera melakukan pemeriksaan ke dokter anak. Dokter dapat merekomendasikan pemeriksaan darah untuk menyingkirkan kemungkinan adanya gangguan kesehatan tertentu. 

Selain itu, dokter juga mungkin akan memberikan rujukan pada ibu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi anak. Sebenarnya, ibu memang dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan gigi anak mulai usianya satu tahun, meski tampaknya anak tidak menunjukkan adanya masalah gigi apa pun. 

Agar lebih mudah, ibu dapat menggunakan aplikasi Halodoc untuk booking dokter di rumah sakit terdekat. Segera download aplikasi Halodoc di ponsel ibu, ya, gratis melalui App Store maupun Play Store. 

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2022. Is it normal that my baby doesn’t have teeth yet?
Healthline. Diakses pada 2022. When Do Babies Usually Start Teething — and Can It Happen Even Earlier?
Hello Motherhood. Diakses pada 2022. Reasons for Late Teething.
Dr. Paul’s Dental Clinic. Diakses pada 2022. The Causes and Complications of Late Teething in Babies.