• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ikan Salmon Baik untuk Redakan Nyeri Sendi, Ini Alasannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ikan Salmon Baik untuk Redakan Nyeri Sendi, Ini Alasannya

Ikan Salmon Baik untuk Redakan Nyeri Sendi, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 November 2020
Ikan Salmon Baik untuk Redakan Nyeri Sendi, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta – Nyeri sendi adalah penyakit umum yang mengganggu dan melemahkan orang yang mengidapnya. Kabar baiknya, penyakit ini bisa diredakan secara alami dengan mengonsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi.

Bila kamu mengidap nyeri sendi, mengonsumsi makanan yang mengandung antiinflamasi bersama dengan obat atau perawatan lain yang direkomendasikan oleh dokter dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Nah, kandungan antiinflamasi yang ampuh untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh peradangan (arthritis) adalah asam lemak esensial yang disebut omega-3. Jenis asam lemak ini banyak ditemukan pada ikan, terutama ikan salmon.

Baca juga: Ternyata, Ini 4 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Hubungan Omega 3 dan Peradangan

Asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) disebut juga asam lemak laut karena berasal dari ikan. Alasan sumber omega-3 ini adalah asupan yang sangat bermanfaat bagi pengidap arthritis karena kandungan tersebut mampu menghambat peradangan. Omega-3 memengaruhi sel kekebalan yang disebut leukosit dan enzim yang dikenal sebagai sitokin, di mana keduanya berperan besar dalam respons peradangan tubuh.

Penelitian menemukan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi ikan yang tinggi omega-3 memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan rheumatoid arthritis (RA). Bagi mereka yang sudah mengidap penyakit tersebut, ikan beromega-3 membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi.

Efek antiinflamasi dari omega-3 tidak hanya bermanfaat untuk meredakan radang sendi, tapi juga mampu mencegah penyakit lain yang terkait peradangan, seperti penyakit jantung. Omega-3 dapat menurunkan kadar lemak darah tidak sehat yang disebut trigliserida, mengurangi perkembangan plak yang menyumbat arteri, meningkatkan kadar kolesterol HDL yang bermanfaat dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat Ikan Salmon untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Sumber omega-3 terbaik adalah ikan berlemak, seperti ikan salmon. Dilansir dari Arthritis Foundation, makan 3-4 ons ikan ini sebanyak dua kali atau lebih dalam seminggu mampu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri sendi. Selain salmon, ikan seperti tuna, sarden dan makarel juga kaya akan sumber omega-3 yang baik untuk mengatasi peradangan.

Namun, perlu diketahui, banyak ikan yang kaya omega-3 juga mengandung merkuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan sistem saraf bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk memilih ikan yang berukuran lebih kecil yang memiliki kandungan merkuri yang lebih rendah, karena mereka berada di bagian bawah rantai makanan.

Sementara ikan yang lebih besar, seperti ikan todak, king mackerel, tuna, dan hiu mengandung merkuri yang lebih tinggi, karena mereka memakan banyak ikan kecil di mana kandungan merkuri dari semua ikan tersebut akan terakumulasi di dalam tubuh mereka.

Baca juga: Ikan Tuna Vs Ikan Salmon, Mana yang Lebih Sehat?

Suplemen Minyak Ikan

Bila kamu tidak suka atau tidak bisa mengonsumsi ikan salmon, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan. Namun, kamu mungkin tidak bisa mendapatkan manfaat omega-3 yang sama seperti yang bisa didapat dari mengonsumsi ikan secara langsung.

Meskipun suplemen minyak ikan mengandung tingkat EPA dan DHA yang mungkin lebih tinggi daripada yang terkandung dalam ikan, tidak berarti tubuh kamu bisa menggunakan omega-3 tersebut secara efektif. 

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh tidak bisa menyerap asam lemak omega-3 yang berasal dari suplemen sebaik seperti dari ikan. Alasan lain mengapa mengonsumsi ikan lebih baik daripada suplemen adalah karena ketika makan ikan, selain asam lemak omega-3, kamu bisa mendapatkan nutrisi lain, seperti kalsium, vitamin D dan selenium yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Mengidap Radang Sendi, Konsumsi 6 Makanan Ini

Nah, itulah alasan mengapa makan ikan salmon baik untuk meredakan nyeri sendi. Kamu juga bisa membeli obat atau suplemen yang kamu butuhkan untuk mengatasi nyeri sendi lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya mudah, tinggal order melalui aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Arthritis Foundation. Diakses pada 2020. Best Fish for Arthritis.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 10 Foods That Help Ease Your Arthritis Pain.