• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 10 Pemimpin Dunia yang Telah dan Akan Disuntik Vaksin COVID-19

Ini 10 Pemimpin Dunia yang Telah dan Akan Disuntik Vaksin COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Tahun 2020 tinggal menghitung hari, namun sepanjang tahun ini masyarakat global masih terus bergelut melawan jahatnya virus SARS-CoV-2 penyebab pagebluk COVID-19. Angka kasus positif global telah menyentuh lebih dari 81 juta jiwa (30/12). Sementara itu, lebih dari 1,7 juta harus kehilangan nyawa akibat COVID-19

Banyak pakar dari berbagai macam bidang terus mencari cara untuk mengalahkan SARS-CoV-2 yang menyerang secara diam-diam. Namun, ada satu “senjata” lainnya yang siap digunakan dan diharapkan dapat mengakhiri pademi ini. Para pakar berpendapat, hanya melalui vaksin penyebaran virus corona dapat dibendung. Vaksin dibutuhkan agar setiap orang kebal terhadap ancaman virus corona. 

Meski vaksin sudah tersedia di beberapa negara, ada tantangan tersendiri untuk mendistribusikan ke masyarakat. Pasalnya, tak sedikit masyarakat yang menganggap kalau vaksin tersebut bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Masih banyak hoaks negatif lainnya mengenai vaksin di masyarakat. Nah, kabar angin ini yang membuat orang-orang khawatir, tak percaya, dan enggan untuk menerima vaksin.

Nah, atas dasar ini beberapa pemimpin dunia menyatakan siap di suntik vaksin virus corona. Tujuannya untuk menguatkan kepercayaan masyarakat akan kemanjuran dan keamanan vaksin COVID-19. Lantas, siapa saja sih para pemimpin dunia yang telah dan akan disuntik vaksin COVID-19?

Baca juga: Picu Sebuah Penyakit, Vaksin COVID-19 AstraZeneca Ditangguhkan

1.Presiden dan Wakil Presiden AS Terpilih

Pada Januari 2021, Joe Biden akan menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat. Sebagai pemimpin negara adidaya tersebut, ia mengatakan siap untuk berdiri di hadapan publik ketika disuntik vaksin. Biden ingin membuktikan bahwa vaksin tersebut aman setelah disahkan oleh regulator. 

Pada Senin (21/12/2020), Joe Biden dan istrinya, Jill Tracy Biden, disuntik dengan vaksin buatan Pfizer-BioNTech. "Saya tidak ingin menjadi yang terdepan, tetapi saya ingin memastikan kami menunjukkan kepada rakyat Amerika bahwa tindakan (vaksinasi) itu aman untuk dilakukan," ujarnya.

Menyusul Joe Biden, Kamala Harris sebagai wakil presiden AS terpilih juga sudah disuntik dosis pertama vaksin corona pada Selasa (29/12) kemarin. Harris menerima suntikan dosis pertama vaksin corona tersebut di United Medical Center, Washington DC, Amerika Serikat. 

2.Mantan Presiden AS, Barack Obama

Mantan Presiden AS Barack Obama mengatakan dirinya siap disuntik vaksin. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan komunitas Afrika-Amerika akan keamanan vaksin virus corona. Obama mengatakan bahwa dirinya mempercayai vaksin dan sains, dan ia tidak mempercayai kalau vaksin tersebut justru akan menyebabkan COVID-19. 

3.Mantan Presiden AS, George W. Bush 

George W. Bush telah menghubungi Dr. Anthony Fauci, Kepala National Institute of Allergy and Infectious Diseases, dan Dr. Deborah Birx, yang mengoordinasikan satuan tugas COVID-19 Gedung Putih, untuk "dengan senang hati" mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Bush bersedia melakukan vaksinasi langsung di depan kamera.

Baca juga: Ini Tahapan Pengujian dan Perkembangan Global Vaksin Corona

4.Mantan Presiden AS, Bill Clinton

Bill menegaskan, ia juga bersedia divaksinasi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat AS untuk melakukan vaksinasi virus corona. Sama seperti Bush, dirinya juga bersedia disuntik di tempat umum untuk mendorong masyarakat AS agar masyarakat mau melakukan vaksinasi virus corona.

5.Wakil Presiden AS, Mike Pence

Wakil Presiden AS, Mike Pence dan para pemimpin DPR maupun Senat AS, menerima dosis pertama vaksin COVID-19 pada Jumat, 19 Desember 2020. Orang kedua di AS tersebut mendapatkan suntikan vaksin virus corona yang diproduksi Pfizer-BioNTech. Vaksinasi ini dilakukan secara langsung agar masyarakat AS mempercayai vaksin aman untuk digunakan. 

6.Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Pada Sabtu (19/12) lalu, Benjamin Netanyahu telah disuntik vaksin COVID-19 di Pusat Medis Sheba. Proses vaksinasi tersebut disiarkan secara langsung. Benjamin mendapatkan vaksin virus corona buatan Pfizer-BioNTech. Benjamin menjadi orang pertama yang disuntik, karena masyarakat Israel menunjukkan ketidakpercayaan yang tinggi terhadap imunisasi. 

7.Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson

Boris sempat dirawat di rumah sakit karena COVID-19 beberapa bulan lalu. Dirinya direncanakan akan disuntik vaksin virus corona langsung di depan televisi, untuk menginspirasi kepercayaan terhadap vaksin COVID-19. 

Baca juga:  Ini 7 Perusahaan Pembuat Vaksin Virus Corona

8.Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong

Lee Hsien Loong dijadwalkan akan menerima suntikan vaksin virus corona pada tahap awal. Hal tersebut dinyatakan usai Singapura memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech, yang tiba di Singapura akhir Desember. Lee mengatakan, ia akan divaksinasi pada tahap awal untuk menunjukkan vaksin virus corona aman dipergunakan. 

9.Presiden Indonesia, Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin virus corona. Tujuannya untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin COVID-19 aman digunakan.

"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," ujarnya.

10.Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur WHO

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, siap untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Ia juga mengatakan bahwa dirinya dengan senang hati untuk melakukan vaksinasi di depan publik.  

Mau tahu lebih jauh mengenai COVID-19? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
Forbes. Diakses pada 2020. Here Are All The World Leaders Who Say They’ll Get Vaccinated For Covid-19 Publicly To Boost Confidence
CNN. Diakses pada 2020. Biden receives first dose of Covid-19 vaccine on live television
ABC News. Diakses pada 2020. Mike Pence receives COVID-19 vaccine on live television from White House to reassure Americans it is safe
Worldometers.info. Diakses pada 2020. Coronavirus Cases
Kompas.com. Diakses pada 2020. Para Pemimpin Negara yang Sudah dan Bakal Disuntik Vaksin Covid-19