Ini 3 Manfaat Keju Cheddar untuk Kesehatan Anak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 November 2021
Ini 3 Manfaat Keju Cheddar untuk Kesehatan AnakIni 3 Manfaat Keju Cheddar untuk Kesehatan Anak

“Ada banyak manfaat keju yang sangat sayang untuk dilewatkan. Rutin mengonsumsi makanan ini disebut bisa membantu menjaga kesehatan tubuh anak secara keseluruhan. Produk olahan susu ini disebut bisa menjaga kesehatan tulang, gigi, serta sistem pencernaan Si Kecil.

Halodoc, Jakarta – Manfaat keju sangatlah beragam. Hal itu didapat dari kandungan nutrisi yang ada dalam makanan ini. Sayangnya, keju seringkali dihindari karena kandungan lemak dan garam yang ada di dalamnya. Namun, jika dikonsumsi secukupnya, keju cheddar ternyata bisa memberi banyak manfaat kesehatan, terutama bagi anak-anak. 

Mengonsumsi keju cheddar bisa membantu menjaga kesehatan tubuh anak secara menyeluruh. Pasalnya, yang merupakan produk olahan susu ini memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti karbohidrat, lemak, kalsium, protein, zinc, magnesium, dan fosfor. Makanan ini juga mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh, yaitu vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12. 

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Keju 

Manfaat keju juga didapat dari kandungan omega-3, asam amino sistein, dan beragam antioksidan yang ada di dalamnya. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika Si Kecil rutin mengonsumsi keju, antara lain: 

  1. Tulang yang Lebih Kuat 
tulang lebih kuat

Keju merupakan produk susu olahan. Karena itu, salah satu manfaat keju adalah untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Kandungan kalsium dalam keju merupakan asupan yang baik untuk tulang. Selain itu, keju juga memiliki kandungan “makanan tulang” lainnya, seperti protein, zinc, vitamin A, vitamin D, dan vitamin K.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi 
menjaga kesehatan gigi

Selain tulang, kesehatan gigi anak juga akan lebih terjaga dengan mengonsumsi keju. Manfaat keju disebut bisa melindungi gigi serta menurunkan risiko anak mengalami gigi berlubang. Ada penelitian yang menyebut bahwa anak-anak yang mengonsumsi keju memiliki risiko lebih kecil mengalami gigi berlubang, dibandingkan anak yang tidak suka makan keju.  

  1. Pencernaan Lebih Sehat 
pencernaan lebih sehat

Manfaat keju selanjutnya adalah pencernaan yang lebih sehat. Sebab, makanan ini diolah dengan cara difermentasi, sehingga keju memiliki kandungan bakteri probiotik. Jenis bakteri ini diketahui baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Namun, sederet manfaat di atas bisa didapatkan jika keju dikonsumsi secukupnya saja. Jangan berlebihan. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi keju justru bisa mengakibatkan konstipasi atau bahkan diare karena tubuh tidak bisa mencerna kandungan laktosa dalam keju dengan baik.

Jika Si Kecil mengalami masalah pencernaan, jangan panik. Hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran pengobatan. Lebih mudah menghubungi ahli kesehatan melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!  

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. Cheddar Cheese: Are There Health Benefits?
Healthline. Diakses pada 2021. Is Cheese Bad for You?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan