• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Resep Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Resep Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II

Ini 3 Resep Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 September 2022

“Di luar kebiasaan gaya hidup, terdapat faktor lain yang berkontribusi pada umur panjang seseorang. Mulai dari genetik yang baik, hubungan yang bahagia, dan kekayaan.”

Ini 3 Resep Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth IIIni 3 Resep Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II

Halodoc, Jakarta – Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96. Bisa dibilang ia memiliki umur yang panjang, bahkan 30 tahun lebih lama dibandingkan wanita yang juga lahir pada tahun 1926 (tahun kelahiran Ratu Elizabeth II). Bahkan, bagi orang yang lahir di tahun ini (2022), ahli memprediksi harapan hidup rata-rata wanita tidak lebih dari 80 tahun.

Meski sudah memasuki lansia, Ratu Elizabeth II juga tampak cukup prima memerintah Kerajaang Inggris, bahkan hingga akhir hayatnya. Bayangkan saja, ia telah memerintah Kerajaan Inggris selama lebih dari 70 tahun. Ini adalah rekor raja terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris. 

Lantas, apa ya yang membuat seseorang, seperti Ratu Elizabeth II, panjang umur?

Faktor yang Mempengaruhi Panjang Umur Manusia

Berbicara tentang Ratu Elizabeth II, maka kita akan selalu mengingat tentang rahasia gaya hidupnya  yang membuat Sang Ratu panjang umur. Mungkin sulit untuk menentukan dengan tepat apa yang sebenarnya berkontribusi pada panjang umur.

Kebanyakan penelitian menunjukkan bahwa pola makan, olahraga, dan tidak merokok, serta tidak minum alkohol dapat membantu hidup lebih lama. Namun, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa hal tersebut tidak sepenting yang dikira. 

Nah, di luar kebiasaan gaya hidup, terdapat faktor lain yang berkontribusi pada umur panjang seseorang. Contohnya faktor genetik, hubungan yang bahagia, dan kekayaan. 

  1. Genetika

Sebuah studi tahun 2021 di Italia dan Swiss menunjukkan bahwa orang yang hidup lebih dari 105 tahun, lebih efisien dalam memperbaiki DNA. Para centenarian (orang yang hidup hampir 100 tahun) cenderung memiliki variasi gen yang disebut COA1 dan STK174, yang dapat membunuh sel-sel yang rusak dalam jaringan. 

  1. Hubungan yang Memuaskan

Peneliti dari Harvard melakukan pelacakan peserta penelitian selama hampir 8 tahun. Mereka mengidentifikasi sesuatu yang mempengaruhi umur panjang seseorang, bahkan lebih baik dari gen baik, yaitu hubungan dekat. 

Bahkan, direktur studi Robert Waldigner, MD, mengatakan kepuasan dalam hubungan di usia paruh baya adalah prediktor yang lebih baik dari usia tua yang sehat dibandingkan kadar kolesterol. Dukungan sosial yang kuat juga melindungi kita dari penurunan kesehatan mental seiring bertambahnya usia. 

  1. Keamanan Finansial

Meskipun penelitian tentang tingkat pendapatan dan umur panjang masih sedikit, sebuah studi tahun 2021 dari Northwestern University adalah yang pertama menganalisis data saudara kandung, untuk menunjukkan bagaimana kekayaan dapat memengaruhi tingkat harapan hidup seseorang, bahkan ketika sebagian besar faktor biologis lainnya sama. 

Analisa terhadap 5.414 peserta penelitian menunjukkan bahwa, orang yang memiliki kekayaan pada usia paruh baya, memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah selama 24 tahun kedepan. Hal tersebut jika dibandingkan dengan saudara mereka yang berpenghasilan rendah. 

Gaya Hidup Sehat Ala Ratu Elizabeth II

Selain hal-hal di atas, kebiasaan hidup sehat juga penting bagi Ratu Elizabeth II. Ia diketahui memiliki pola tidur yang baik, yaitu tidur selama delapan setengah jam per malam. Dia juga tidak merokok, bahkan mendorong suaminya untuk berhenti merokok sebelum menikahinya. Meskipun ia mengonsumsi  alkohol, tapi tak pernah berlebihan ketika meminumnya. 

Ratu Elizabeth II juga bukanlah seorang pecinta kuliner. Ia lebih menyukai makanan yang pengolahannya sederhana dan sedikit karbohidrat. Seperti, salmon panggang dan scramble egg. Dan yang paling penting, ia selalu makan tepat waktu. 

Mendiang Ratu Elizabeth II juga rutin berolahraga, meskipun bukanlah olahraga berat atau intensitas tinggi. Menurut penulis biografi Ratu Elizabeth II, Sally Bedell Smith, Sang Ratu memiliki hobi menunggang kuda dan menghabiskan waktu berjalan di alam terbuka. 

Jika kamu pernah menonton serial drama The Crown, di sana juga ditunjukkan bahwa Ratu dan keluarga memiliki aktivitas rutin bersama yaitu berburu rusa, yang juga termasuk ke dalam aktivitas fisiknya. 

Itulah setidaknya resep rahasia panjang umur Ratu Elizabeth II. Jika kamu ingin punya umur panjang seperti Sang Ratu, tidak ada salahnya untuk segera memodifikasi gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Apabila kamu berencana menjalani program diet untuk kesehatan tubuh, tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan dokter di aplikasi Halodoc terlebih dulu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Queen Elizabeth II Can Teach Us About Longevity
Health Digest. Diakses pada 2022. The Secrets Behind Queen Elizabeth’s Impressive Longevity
Times Now. Diakses pada 2022. The secret of the Queen’s longevity: A world-renowned sense of humour and the ability to poke fun at herself
Insider. Diakses pada 2022. How Queen Elizabeth II ate and exercised to live to the age of 96