• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Move On dan Berdamai dengan Masa Lalu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Move On dan Berdamai dengan Masa Lalu

Ini 4 Cara Move On dan Berdamai dengan Masa Lalu

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Juli 2022

“Kesedihan akibat putus cinta tak boleh dibiarkan berlarut-larut karena bisa menjadi stres atau bahkan depresi. Itu sebabnya, penting mengetahui tips move on dan berdamai dengan masa lalu”

Ini 4 Cara Move On dan Berdamai dengan Masa LaluIni 4 Cara Move On dan Berdamai dengan Masa Lalu

Halodoc, Jakarta – Move on dan berdamai dengan masa lalu kenyataannya tidak semudah seperti orang katakan. Ketahui bahwa sulitnya proses penyembuhan diri akibat patah hati adalah hal yang wajar. Faktanya, hampir sebagian besar orang merasakan hal ini.

Walau begitu, jangan biarkan rasa sedih berlarut-larut. Bukan tidak mungkin kesedihan yang berlarut-larut ini bisa berubah menjadi depresi berkepanjangan. Meski praktik tidak semudah bicara, tidak ada salahnya mencoba tips move on berikut ini.

Tips Move On dan Berdamai dengan Masa Lalu

Rasa sedih setelah putus cinta memang menyiksa. Bahkan, ada yang merasa bahwa dunia berakhir saat putus cinta. Jika kamu mencoba berpikiran jernih, justru ini menjadi awal untuk memulai lembaran baru.  Lakukan tips berikut untuk bisa berdamai dengan masa lalu:

1. Tinggalkan Kenangan

Awali dengan meninggalkan segala hal yang berhubungan dengan mantan kekasih. Cara ini penting dilakukan agar kamu bisa cepat melupakan kenangan bersama mantan. Kenangan-kenangan yang terus tersimpan justru bisa memicu ingatan hal-hal yang pernah dilalui. 

Ingatan-ingatan tersebut mampu menyiksa diri dan membuat kamu gagal move on. Kamu bisa meringankan proses move on dengan membuang barang-barang yang berkaitan dengan masa lalu atau menghapus foto-foto bersama mantan. 

2. Putuskan Komunikasi

Bukan untuk memutus silaturahmi, tapi penting untuk memberi jarak sementara. Move on tidak akan pernah berhasil jika kamu masih berusaha mencari tahu kehidupannya. Jadi, tidak ada salahnya untuk menghapus koneksi media sosial atau chat pribadi. Hindari menghubungi mantan kekasih sekalipun kamu sudah merasa baik-baik saja.

3. Habiskan Waktu dengan Orang Terkasih

Kekasihmu memang sudah pergi, tapi orang terkasih masih ada di sekeliling kamu. Habiskan waktu berkualitas bersama keluarga, sahabat dan teman. Kamu juga bisa mengisi waktu dengan melakukan hobi dan bermain dengan hewan peliharaan. Dengan cara ini, kamu bisa “beristirahat” dan mengenal kembali diri sendiri.

4. Cintai Diri Sendiri

Jangan menyalahkan diri sendiri atas apa yang menimpa hubunganmu. Kamu tidak perlu merasa bersalah, justru kamu sudah melakukan yang terbaik. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa mendapatkan orang lain yang lebih baik. Dan sebelum kamu mulai mencintai orang lain, mulailah mencintai diri sendiri.

Jangan ragu untuk bicara dengan psikolog apabila kamu sedang dalam masa-masa sulit.  Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Psikolog akan membantu memberikan saran untuk setiap kendala yang sedang kamu hadapi, download  Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2022. 5 Ways to Move on From an Ex You Still Love.
Everyday Health. Diakses pada 2022. Get Over It! It’s Time To Let Go Of Your Ex Boyfriend.