Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Cek Darah

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Juni 2022

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalani cek darah. Salah satunya adalah ketentuan untuk berpuasa atau tidak sebelum menjalaninya.”

Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Cek DarahIni 4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Cek Darah

Halodoc, Jakarta – Pada beberapa kondisi, cek darah rutin sebenarnya perlu dilakukan. Sebagai contoh, pada umumnya perusahaan yang menerima karyawan baru mewajibkan calon kandidat melakukan tes kesehatan. Selain itu, bisa juga melakukan cek darah atas inisiatif  dan keperluan sendiri. Sebenarnya, mengapa tes darah ini dilakukan?

Alasan Pentingnya Melakukan Cek Darah

Cek darah sebenarnya sangat umum untuk dilakukan. Ketika melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, dokter akan merekomendasikan tes ini bila diperlukan. Banyak tes darah tidak memerlukan persiapan khusus. Namun, pada beberapa kondisi, kamu mungkin diharuskan untuk melakukan persiapan khusus.

Secara spesifik, tes darah membantu dokter untuk melakukan evaluasi terhadap keadaan organ di dalam tubuh (ginjal, hati, dan jantung), melakukan diagnosis penyakit seperti kanker, HIV, diabetes, anemia, dan penyakit jantung koroner.

Tes darah juga bisa mencari tahu apakah seseorang memiliki risiko penyakit jantung koroner, memeriksa apakah obat yang dikonsumsi bekerja dengan baik, dan menilai seberapa baik pembekuan darah pasien.

Meski begitu, sebelum kamu melakukan pemeriksaan darah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Kira-kira apa saja? Yuk, simak informasinya di sini! 

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Cek Darah 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu menjalani cek darah, antara lain: 

1. Ketentuan Berpuasa

Dokter atau petugas kesehatan akan memberikan instruksi khusus sebelum pengambilan darah dilakukan. Bergantung pada jenis pemeriksaan darah yang dilakukan, kamu mungkin diminta puasa makan dan minum selama kira-kira 10 hingga 12 jam, selain konsumsi air putih.

Selain itu, dokter juga meminta untuk menghentikan konsumsi obat-obatan tertentu. Penting untuk mengikuti instruksi tersebut karena makanan, minuman, maupun obat yang masuk ke dalam tubuh dapat berpengaruh pada hasil tes yang memungkinkan dilakukan penundaan atau tes ulang.

2. Banyak Minum

Tak sedikit orang percaya bahwa tidak boleh minum air sebelum cek darah, alias puasa total. Namun, ternyata tidak demikian. Minum air putih tidak hanya membuat tubuh lebih sehat selama berpuasa, tetapi juga memudahkan pengambilan darah nantinya.

Setidaknya, darah mengandung air sebanyak 50 persen, semakin banyak air yang kamu minum, semakin gemuk pembuluh darah, dan semakin mudah bagi dokter atau petugas untuk melakukan pengambilan sampel.

Biasanya, tes urine dilakukan bersamaan dengan tes darah. Tidak hanya memudahkan petugas untuk mengambil sampel darah, kamu juga akan lebih mudah buang air kecil dengan banyak minum air putih untuk keperluan tes urine.

Tips sederhananya, tingkatkan asupan cairan sehari sebelum kamu melakukan cek darah untuk memastikan bahwa kamu cukup terhidrasi pada hari pemeriksaan.

3. Kenali Lokasi Pengambilan Darahmu

Pada beberapa kondisi, ada pasien dengan pembuluh vena yang sulit ditemukan. Biasanya, tenaga medis akan mengencangkan tourniquet, menempatkan bantalan hangat di kulit, atau menghabiskan waktu lebih lama untuk melakukan perabaan pembuluh darah. Tenaga medis bisa melakukan pengambilan sampel beberapa kali, jika gagal dalam pengambilan pertama.

4. Memar Setelah Pengambilan Darah

Setelah darah diambil, tenaga medis akan mencabut jarum, menutupnya dengan kasa dan meminta kamu untuk memberikan tekanan, biasanya dengan menekukkan siku.

Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk memberikan penekanan langsung setelah darah diambil dapat mengurangi efek samping memar yang sering terjadi. Jangan khawatir bila tetap terjadi memar, karena ini akan hilang dalam beberapa hari.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan cek darah. Mulai dari ketentuan berpuasa hingga memar yang dapat muncul setelah pengambilan darah. 

Nah, apabila kamu tertarik ingin melakukan cek darah dan Punya Pertanyaan Terkait Cek Darah, Hubungi 5 Dokter Ini untuk informasi yang lebih lengkap.

Jika kamu ingin memeriksakan kesehatanmu, kini kamu bisa melakukannya tanpa perlu keluar rumah. Melalui layanan Halodoc Home Care yang praktis.

Halodoc Home Care adalah layanan homecare untuk tes lab, seperti cek demam, cek darah (hematologi), cek kolesterol, cek diabetes, medical check up hingga imunisasi yang bisa dipanggil ke rumah atau ke tempat kamu berada, di mana saja! 

Saat ini, layanan Halodoc Home Care bisa dipesan untuk area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi sesuai ketersediaan. Setiap pemesanan di Halodoc Home Care akan mendapatkan gratis konsultasi hasil dengan dokter dan tanpa biaya tambahan lainnya. Tunggu apalagi? Yuk, lakukan tes sekarang juga!

Referensi: 

NHS. Diakses pada 2022. Blood tests. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about fasting before a blood test. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan