Ini 5 Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit Tanpa Obat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 April 2024

“Ada lima cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan saraf gigi yang sakit tanpa obat. Beberapa di antaranya adalah dengan mengompres dingin gigi hingga menggunakan ekstrak vanilla.”

Ini 5 Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit Tanpa ObatIni 5 Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit Tanpa Obat

Halodoc, Jakarta – Sakit gigi merupakan hal yang wajar dialami oleh banyak orang. Namun, gigi yang sakit terkadang membuat saraf gigi menimbulkan rasa nyeri dan ngilu di sekitar gigi. Saraf gigi yang sakit dapat terjadi akibat beberapa faktor. Salah satunya adalah gigi yang bolong akibat bakteri yang menginfeksi.

Nah, agar tidak menghambat aktivitas, tentu kamu perlu melakukan pertolongan pertama. Apalagi jika kesibukan atau rutinitasmu membuatmu tidak bisa langsung berobat ke dokter gigi. Karena itu, ketahuilah beberapa cara untuk menenangkan saraf gigi yang sakit tanpa obat. 

Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit 

1. Kompres dingin

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengompres dingin pada area gigi yang sakit. Cara ini dinilai efektif untuk meredam rasa sakit yang muncul. Terutama jika penyebab saraf gigi yang sakit adalah trauma tertentu. 

Sebab, ketika kamu mengompres area gigi yang sakit, pembuluh darah di area tersebut menyempit. Selain itu, kompres dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. 

Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa menempelkan kompres dingin pada area saraf gigi yang sakit selama 15 hingga 20 menit sampai saraf gigi terasa mati rasa.

Selain mengaplikasikan beberapa cara ini, meredakan sakit gigi bisa lebih optimal lagi dengan penggunaan obat-obatan. Cek rekomendasinya di sini: 

2. Menggunakan bawang putih

Selain dijadikan bumbu masakan, bawang putih telah digunakan sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional di banyak kebudayaan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena bawang putih terbukti memiliki senyawa antibakteri yang dapat membasmi bakteri berbahaya penyebab plak gigi. Tak hanya itu itu, bawang putih juga dapat meredakan nyeri. 

Jika kamu ingin menggunakan bawang putih untuk saraf gigi yang sakit, hancurkanlah satu siung bawang putih untuk dibuat pasta. Kemudian, oleskan pasta bawang putih tersebut ke area saraf gigi yang sakit. Selain dijadikan sebagai pasta, kamu juga bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan. 

3. Berkumur dengan air garam

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menenangkan saraf gigi yang sakit adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ini memang diketahui sebagai pertolongan pertama sakit gigi yang efektif.

Sebab, air garam merupakan desinfektan alami sekaligus dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang tersangkut di sela gigi. 

Di samping itu, mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.

Untuk melakukan cara yang satu ini, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur. Kebiasaan berkumur ini bisa dilakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

4. Menggunakan daun jambu biji

Daun jambu biji kerap dipergunakan sebagai teh herbal karena kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Menariknya lagi, daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut. 

Selain dijadikan sebagai metode pengobatan herbal untuk sakit gigi, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi saraf gigi yang sakit. Penggunaannya dapat dilakukan dengan menghancurkan daun ini dengan air mendidih atau mengunyahnya secara langsung. 

5. Menggunakan ekstrak vanilla 

Cara selanjutnya yang juga dapat dilakukan adalah menggunakan ekstrak vanilla. Sebab, ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. 

Selain itu, sifat antioksidannya juga terbukti menjadikannya sebagai penyembuh yang efektif. Pastikan untuk menggunakan vanilla asli daripada vanilla imitasi.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan saraf gigi yang sakit tanpa obat. Jika beberapa cara tersebut tak kunjung membuahkan hasil, segeralah periksakan kondisi ke dokter gigi di Halodoc, atau kamu bisa membeli obat sakit gigi di  Toko Kesehatan Halodoc

Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Toko kesehatan halodoc
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain. 
Verywell Health. Diakses pada 2023. At-Home Remedies for Toothache Pain. 
Kumparan. Diakses pada 2023. 5 Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan