Ini 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Masker Alami

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Oktober 2023

“Ada berbagai masker alami untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Mulai dari masker tomat, pepaya, hingga mentimun bisa kamu coba di rumah agar kulit wajah lebih cerah.”

Ini 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Masker AlamiIni 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Masker Alami

Halodoc, Jakarta – Flek hitam menjadi salah satu gangguan kesehatan kulit yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Bukan itu saja, flek hitam yang semakin bertambah juga kerap membuat pemiliknya merasa tidak percaya diri.

Flek hitam yang tidak teratasi dengan baik dapat menyebabkan kulit terlihat kusam. Untuk mencegah kondisi ini, kamu bisa menggunakan masker dengan bahan-bahan alami. 

Nah, apa saja sih masker untuk menghilangkan flek hitam agar kulit wajah menjadi lebih cerah?

Masker Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam dapat muncul kapan saja pada kulit. Namun, biasanya gangguan ini terlihat saat seseorang memasuki usia pertengahan. Flek hitam muncul akibat kelebihan produksi melanin pada kulit.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini, salah satunya adalah paparan sinar matahari. Selain itu, cari tahu faktor lain dari flek hitam melalui serta Langkah Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dan Cepat.

Flek hitam sebenarnya tidak berbahaya untuk kesehatan, tetapi beberapa orang memilih untuk mengatasi flek hitam agar kulit terlihat lebih cerah. Nah, kamu bisa mencoba untuk gunakan berbagai bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai masker di rumah. 

Masker apa yg bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Baca rekomendasinya di sini!

1. Tomat

Paparan sinar matahari kerap menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah.

Nah, kini kamu bisa melindungi wajah dengan menggunakan masker alami yang terbuat dari tomat.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Enhancing the Health-Promoting Effects of Tomato Fruit for Biofortified Food dalam Hindawi Journal, kandungan likopen pada buah ini mampu melindungi dampak negatif paparan sinar matahari pada kulit.

Selain itu, tomat juga mengandung berbagai vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Untuk menggunakan bahan alami ini, kamu perlu memotong tipis-tipis atau menghancurkan tomat. Kemudian, oleskan atau letakkan potongan tipis pada area flek hitam. Diamkan beberapa saat. Kemudian, bersihkan menggunakan air.

2. Kunyit

Bukan hanya berguna sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa kamu gunakan sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam. Hal ini berkat kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan dengan efek anti melanogenik.

Penggunaan masker alami kunyit secara rutin mampu memudarkan flek hitam yang sudah ada serta mencegah munculnya flek hitam yang baru. Kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan madu dan mengoleskannya pada wajah.

Penggunaan masker alami ini secara rutin mampu membuat kulit menjadi lebih cerah. Hal ini terdapat dalam sebuah penelitian dalam jurnal Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

Penelitian tersebut melakukan studi split face pada wanita Asia, dan membandingkan formulasi krim ekstrak kunyit. Hasilnya, formulasi tersebut mampu memperbaiki area yang mengalami hiperpigmentasi sebesar 14,16 persen dalam waktu empat minggu. 

3. Pepaya

Buah ini terkenal karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung asam alfa hidroksi (AHA) yang berfungsi sebagai eksfoliasi alami pada kulit.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Oxidation events and skin aging yang dalam Ageing Research Reviews, penggunaan masker pepaya secara rutin mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah. Selain itu, warna flek hitam juga akan memudar.

4. Mentimun

Pakai apa agar flek hitam hilang? Mentimun memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang mampu mengurangi warna pada flek hitam.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan mentimun memang tidak langsung dapat kamu lihat hasilnya. 

Untuk itu, pemakaian yang rutin dan teratur perlu kamu lakukan agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal. Untuk menggunakan masker mentimun, kamu bisa menghancurkan mentimun dan mengoleskannya pada wajah.

Setelah kering, bersihkan masker yang kamu gunakan. Jangan lupa untuk selalu gunakan pelembap agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

5. Lidah buaya

Masker untuk menghilangkan flek hitam lainnya adalah lidah buaya. Lidah buaya mampu membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga kelembapan kulit terjaga.

Kamu bisa mengoleskan daging lidah buaya pada bagian kulit yang memiliki flek hitam. Setelah kering, bersihkan menggunakan air.

Pemakaian masker lidah buaya secara rutin dan teratur mampu membantu kamu mencerahkan warna kulit.

Kamu juga bisa cari tahu cara lain untuk mengatasi flek hitam di wajah melalui artikel ini 9 Cara Ampuh Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah.

6. Oatmeal

Oatmeal juga dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam. C/ara penggunaannya dengan mencampurkan oatmeal dengan jeruk nipis lalu dilembut dengan air hangat.

Aduk merata dan oleskan pada area flek hitam. Jangan lupa setelahnya, usapkan serum dan pelembap untuk melembapkan kulit wajah. 

7. Kentang

Satu lagi bahan alami sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam adalah kentang. Sebab, kentang mengandung pati yang dapat mengatasi masalah pigmentasi kulit.

Cara penggunaannya adalah dengan menjus kentang kemudian mencampurkannya dengan minyak zaitun. Aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit. Basuh wajah dengan air hangat untuk membersihkannya.

Perawatan Lain untuk Atasi Flek Hitam

Bukan hanya menggunakan masker dari berbagai bahan alami, kamu juga bisa menghilangkan flek hitam pada wajah menggunakan berbagai perawatan medis. Berikut cara mengatasi flek hitam di wajah secara medis, yaitu:

1. Perawatan laser

Perawatan laser menggunakan cahaya untuk mengobati flek hitam pada wajah. Caranya bekerja dengan menargetkan melanin dan memecah bintik-bintik gelap sehingga warnanya menjadi lebih pudar.

2. Chemical peeling

Perawatan ini bertujuan untuk mencerahkan kulit dan memudarkan warna flek hitam.

Chemical peeling caranya dengan mengoleskan cairan kimia yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat.

Cairan kimia tersebut berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit pada permukaan yang paling atas. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih cerah dan warna flek hitam pun memudar.

3. Mikrodermabrasi

Selama mikrodermabrasi, dokter kulit akan menggunakan alat khusus yang memiliki permukaan abrasif untuk menghilangkan lapisan luar kulit. Perawatan ini akan mendorong pertumbuhan kolagen baru yang dapat membantu mengurangi flek hitam.

4. Cryotherapy

Perawatan ini akan dilakukan menggunakan nitrogen cair pada flek hitam. Hal ini berguna untuk membekukan sel-sel kulit, kemudian sel pada flek hitam akan mati dan terkelupas.

Perawatan ini bisa menyebabkan luka ringan, tetapi proses penyembuhannya tidak lama dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

5. Krim wajah resep dokter

Kamu juga bisa mendapatkan krim wajah dengan resep dokter sebagai cara mengatasi flek hitam di wajah.

Biasanya, krim wajah akan memiliki kandungan hidroquinon yang mampu mencegah kulit memproduksi melanin. Jerawat juga bisa menyebabkan flek hitam. Kenali 7 Penyebab Jerawat di Hidung yang Perlu Diwaspadai.

Itulah berbagai cara mengatasi flek hitam pada wajah. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di Halodoc untuk memastikan kondisi kesehatan kulit wajah.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Dark Spots on The Skin: Causes and How to Treat Them.
Pharm Easy. Diakses pada 2023. Best Ways to Reduce Dark Spots On The Face.
The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Diakses pada 2023. Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review.
Hindawi Journal. Diakses pada 2023. Enhancing the Health-Promoting Effects of Tomato Fruit for Biofortified Food.
Ageing Research Reviews. Diakses pada 2023. Oxidation events and skin aging.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan