Ini 5 Gejala Kista Ovarium yang Harus Wanita Waspadai

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Januari 2022

“Mewaspadai gejala kista ovarium sangat penting. Terlebih, gejalanya bisa saja tidak terasa secara signifikan, atau samar dengan masalah kesehatan yang lain.”

Ini 5 Gejala Kista Ovarium yang Harus Wanita WaspadaiIni 5 Gejala Kista Ovarium yang Harus Wanita Waspadai

Halodoc, Jakarta – Kista ovarium adalah kondisi ketika cairan menumpuk di dalam kantong tipis yang ada di ovarium. Ukurannya bisa kecil hingga besar, ada yang berbahaya dan ada yang tidak. Namun, tetap penting untuk mewaspadai gejala kista ovarium.

Kebanyakan kista ovarium berukuran kecil dan tidak berbahaya. Ini dapat terjadi pada wanita di segala usia, alias kapan saja. Lantas, seperti apa gejalanya? Yuk, simak lebih lanjut!

Berbagai Gejala Kista Ovarium

Kebanyakan kista tidak memiliki tanda atau gejala. Namun, kista juga dapat menyebabkan beberapa gejala seperti:

  1. Perut Kembung
perut kembung

Adanya kista dapat menyebabkan keluhan pada pencernaan, seperti perut kembung. Selain itu, perut juga bisa tampak agak bengkak dan terasa berat, jika kista terus membesar. 

  1. Nyeri Panggul sebelum atau selama Siklus Menstruasi
nyeri panggul

Gejala kista ini mungkin muncul terus-menerus atau menyebar. Biasanya, rasa nyeri muncul tepat sebelum menstruasi dimulai atau berakhir.

Menstruasi juga dapat menjadi tidak teratur dan mungkin menyakitkan. Pada beberapa kasus, menstruasi mungkin lebih berat atau lebih ringan dari sebelumnya.

  1. Hubungan Intim yang Menyakitkan
hubungan intim menyakitkan

Rasa nyeri saat berhubungan intim atau dispareunia juga bisa jadi tanda-tanda kista ovarium. Beberapa wanita mungkin mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan di perut setelah berhubungan intim.

  1. Nyeri di Punggung Bawah atau Paha
nyeri di punggung bawah

Nyeri pada panggul juga dapat menyebar ke punggung bawah dan paha. Ini juga dapat menjadi gejala kista yang tidak disadari. 

  1. Mual dan Muntah
mual dan muntah

Meski jarang, perut kembung akibat kista ovarium juga dapat menyebabkan mual dan muntah. 

Nah, itulah beberapa gejala kista ovarium yang perlu diwaspadai wanita. Beberapa gejala tersebut bisa jadi tidak terjadi, atau samar dengan gejala masalah kesehatan lain. 

Agar lebih pasti, sebaiknya periksakan diri ke dokter jika mengalami keluhan yang tidak biasa. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Ovarian Cysts.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Everything You Need To Know About Ovarian Cysts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan