Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Kaligata atau Biduran Kambuh

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Mei 2024

“Sensasi gatal pada kulit tidak dapat dihindari ketika biduran kambuh. Dengan mandi air dingin, menjaga suhu tubuh, dan konsumsi antihistamin dapat membantu mengatasi gatal-gatal akibat biduran.”

Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Kaligata atau Biduran KambuhIni 5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Kaligata atau Biduran Kambuh

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Biduran atau kaligata adalah penyakit kulit yang ditandai dengan ruam merah, gatal, dan bengkak yang dapat berubah bentuk. Ruam ini biasanya merupakan reaksi alergi terhadap makanan tertentu, obat-obatan, gigitan serangga, paparan panas atau dingin, stres, maupun faktor lingkungan.

Biduran biasanya muncul di area kulit manapun, termasuk wajah, telinga, leher, dan seluruh tubuh. Meskipun tergolong kondisi penyakit ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya, biduran yang berkelanjutan dapat menjadi biduran kronis yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

Nah, apa saja sih gejala dan pengobatan yang perlu dilakukan ketika biduran kambuh?

Berbagai Gejala Biduran

Umumnya, biduran disebabkan oleh alergi, namun dapat juga disebabkan oleh faktor lain. Contohnya seperti suhu udara yang ekstrim, virus, paparan cahaya matahari langsung, dan lain-lain. 

Berikut adalah gejala biduran yang perlu diperhatikan:

  • Timbulnya ruam berwarna merah atau putih di sekitar kulit yang dapat menyebar.
  • Adanya sensasi gatal pada kulit.
  • Ruam-ruam yang bisa timbul dan hilang dalam hitungan jam.

Cara Mengatasi Biduran

Ketika mengalami biduran, sistem imunitas tubuh mengeluarkan histamin sebagai pertanda bahwa terdapat zat asing dalam tubuh. Histamin ini memiliki fungsi penting untuk terlibat dalam reaksi alergi yang dapat menyebabkan kulit gatal.

Meskipun histamin memiliki peran penting untuk melawan infeksi, produksi histamin yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Berikut adalah cara agar histamin kembali terkontrol dan mengurangi alergi yang timbul:

1. Hindari faktor pemicu alergi

Biduran terjadi karena dipicu oleh alergi terhadap faktor tertentu seperti makanan maupun lingkungan. Identifikasi faktor pemicu alergi dan hindari hal tersebut agar ruam-ruam di kulit tidak menyebar.

2. Hindari menggaruk kulit

Ruam-ruam merah yang merupakan reaksi terhadap alergi dapat memberikan sensasi gatal. Meskipun begitu, jangan menggaruknya, ya! Menggaruk area yang terkena biduran akan menimbulkan iritasi dan peradangan kulit.

3. Konsumsi obat antihistamin

Produksi histamin yang berlebihan dapat mengakibatkan reaksi alergi yang tidak terkontrol. Nah, obat antihistamin mampu mengontrol jumlah histamin yang dikeluarkan oleh tubuh.

Ingin tau apa saja obat yang efektif untuk mengurangi biduran atau kaligata? Simak selengkapnya di artikel berikut: “Ini Pilihan Obat Kaligata yang Ampuh untuk Redakan Gatal-Gatal”.

4. Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin ketika biduran kambuh dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menangani biduran. Air dingin dapat membantu untuk menenangkan kulit yang  gatal akibat reaksi alergi. 

Tidak hanya itu, mandi air dingin juga dapat mengatasi penyakit kulit lainnya seperti meredakan eksim (peradangan atau iritasi yang menyebabkan kulit kering dan gatal), dan psoriasis (inflamasi kulit yang menyebabkan noda pada kulit).

Penasaran apa saja manfaat mandi air dingin selain untuk meredakan gatal? Baca di artikel berikut: “12 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Kesehatan”.

5. Menjaga suhu tubuh 

Menjaga suhu tubuh agar tetap stabil dapat mengurangi potensi persebaran alergi. Tetaplah berada di dalam ruangan yang sejuk dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung selama biduran kambuh. 

Itulah hal yang dapat dilakukan agar biduran yang sedang kambuh tidak menjadi lebih parah. Penting diingat bahwa biduran ringan adalah yang gejalanya dapat hilang dalam waktu yang singkat. 

Rekomendasi Obat Biduran yang Ampuh

Agar biduran dapat sembuh lebih cepat, kamu dapat menggunakan rekomendasi obat biduran berikut ini:

1. Herocyn Bedak Kulit 85 g

Opsi obat biduran pertama yang bisa kamu gunakan adalah Herocyn Bedak Kulit 85 g.

Obat berbentuk bedak ini bermanfaat meredakan berbagai jenis gangguan kulit. Oleh sebab itu, obat ini sangat cocok mengatasi gejala biang keringat dan gatal-gatal pada kulit, termasuk akibat biduran. 

Untuk pengobatan, kamu dapat langsung menaburkan dan menggosokan bedak pada bagian tubuh yang terdapat gangguan kulit beberapa kali sehari.

Sementara itu, untuk pencegahan kamu dapat menaburkan bedak pada bagian tubuh setelah mandi. 

Rentang harga: Rp16.500 per botol.

Dapatkan Herocyn Bedak Kulit 85 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Caladine Lotion 95 ml

Opsi obat biduran lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Caladine Lotion 95 ml. Obat ini merupakan obat dalam bentuk lotion antigatal yang mengandung Calamine, Zinc Oxide dan Diphenhydramine HCL.

Dengan kandungan tersebut, obat ini dapat secara ampuh mengobati gatal akibat biang keringat, udara panas, dan gigitan serangga. Selain itu, Caladine Lotion juga dapat bermanfaat sebagai obat anti alergi, antiseptik dan penyejuk kulit.

Sebelum menggunakan obat ini, bersihkan terlebih dahulu bagian kulit yang gatal. Kemudian, kamu dapat mengoleskan obat ini 2-4 kali sehari pada kulit. Obat ini sebaiknya kamu gunakan sehabis mandi pagi dan sore. 

Rentang harga: Rp29.500 per botol

Dapatkan Caladine Lotion 95 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Ozen 10 mg 10 Tablet

Selanjutnya, kamu dapat mempertimbangkan penggunaan Ozen 10 mg 10 Tablet untuk membantu mengatasi biduran. Dengan kandungan antihistamin Cetirizine, obat ini efektif dalam meredakan berbagai gejala alergi.

Ozen Tablet cocok untuk mengatasi kondisi seperti rinitis menahun, rinitis alergi musiman, konjungtivitis, pruritus, hingga urtikaria idiopatik kronis.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sebelum atau sesudah makan sesuai dengan rekomendasi dokter atau dosis berikut:

  • Dewasa & anak umur di atas 12 tahun: 10 mg sekali sehari.
  • Anak umur 2-6 tahun: 2,5 mg dua kali sehari.
  • Anak umur 6-12 tahun: 5 mg dua kali sehari.

Bagi lansia, belum ada data mengenai perlunya penurunan dosis. Sementara itu, pengidap insufisiensi ginjal dapat menggunakan dosis 1/2 kali dari dosis yang dianjurkan.

Rentang harga: Rp61.100 per strip.

Dapatkan Ozen 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Alerhis Loratadine 10 mg 4 Kaplet

Pilihan obat biduran lainnya yang dapat kamu gunakan adalah Alerhis Loratadine 10 mg 4 Kaplet. Obat ini mengandung senyawa antihistamin loratadin dalam bentuk kaplet.

Dengan senyawa tersebut, Alerhis Loratadine secara efektif dapat membantu mengatasi gejala rinitis alergi. Contohnya seperti bersin-bersin, pilek, gatal pada hidung, gatal pada mata. Obat ini juga dapat mengurangi gejala urtikaria kronis dan penyakit dermatologis alergi lainnya.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sesudah makan. Untuk orang dewasa dan anak di atas 12 tahun, dosis yang dianjurkan adalah 1 kaplet sekali sehari.

Sementara itu, untuk anak berusia 6-12 tahun, konsumsi obat dapat mengikuti dosis sesuai dengan berat badan:

  • Berat badan di atas 30 kg: 1 kaplet sekali sehari.
  • Berat badan di bawah 30 kg: 1/2 kaplet sekali sehari.

Rentang harga: Rp13.800 per strip.

Dapatkan Alerhis Loratadine 10 mg 4 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Prohistin 10 mg 10 Tablet

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan obat Prohistin 10 mg 10 Tablet untuk membantu mengatasi biduran.

Obat ini mengandung Loratadine yang bermanfaat  untuk pengobatan gejala rinitis alergi, termasuk gatal-gatal pada kulit.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sesudah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun : 10 mg sekali sehari atau 5 mg dua kali sehari.
  • Anak usia 2-12 tahun :
    • BB kurang dari 30 kg: 5 mg sekali sehari.
    • BB lebih dari 30: 10 mg, sekali sehari.

Sesudah mengkonsumsi obat, kamu sebaiknya tidak mengemudi atau menyalakan mesin. Waspadai efek samping berupa sedasi, sakit kepala, dan mulut kering.

Rentang harga: Rp67.600 – Rp70.900 per strip.

Dapatkan Prohistin 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Apabila biduran tidak kunjung hilang, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Masih bingung terkait dengan tempat beli obat yang praktis dan terpercaya? Cek Toko Kesehatan Halodoc untuk mendapatkan obat terbaik sesuai dengan kondisimu!

Referensi
Healthline. Diakses pada 2024. 15 Ways to Get Rid of Hives.
Verywell Health. Diakses pada 2024. 12 Effective Ways to Treat Hives

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan