• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Jenis Camilan Sehat untuk Selingan Berolahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Jenis Camilan Sehat untuk Selingan Berolahraga

Ini 5 Jenis Camilan Sehat untuk Selingan Berolahraga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Oktober 2022

“Terdapat beberapa jenis camilan sehat untuk selingan berolahraga yang dapat dikonsumsi. Salah satunya adalah oatmeal yang dapat menyediakan banyak energi untuk dilepaskan secara perlahan.”

Ini 5 Jenis Camilan Sehat untuk Selingan BerolahragaIni 5 Jenis Camilan Sehat untuk Selingan Berolahraga

Halodoc, Jakarta – Olahraga memang aktivitas fisik yang sebaiknya dilakukan demi menjaga kebugaran tubuh. Apalagi kini, pergelaran sepak bola terbesar, yaitu Piala Dunia 2022, tinggal menunggu hari. Alhasil, para pecinta sepak bola, yang juga gemar bermain olahraga tersebut, akan semakin bersemangat untuk mengadu kemampuan di rumput lapangan. Namun, sebelum dan setelah berolahraga, tentunya tubuh memerlukan nutrisi agar energi dapat terjaga dengan seimbang. 

Selain itu, nutrisi penting seperti protein sejatinya diperlukan untuk membantu memulihkan kondisi otot pasca berolahraga. Karena itu, penting untuk tetap mengonsumsi sesuatu sebelum dan setelah berolahraga sebagai selingan. 

Tidak perlu mengonsumsi makanan berat, karena beberapa camilan sehat juga dapat kamu konsumsi sebagai selingan berolahraga. Penasaran apa saja camilan sehat tersebut? Yuk, ketahui informasinya di sini!

Jenis Camilan Sehat untuk Selingan Berolahraga 

Terdapat beberapa jenis camilan sehat untuk selingan berolahraga yang dapat dikonsumsi, antara lain: 

1. Oatmeal 

Selama berolahraga, oatmeal dapat dijadikan sebagai makanan yang dapat dikonsumsi sebelum berolahraga. Sebab, selayaknya biji-bijian lain, oatmeal dapat menyediakan banyak energi untuk dilepaskan secara perlahan. Selain itu, oatmeal juga diketahui kaya akan serat, sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan tubuhmu. Jika ingin mengonsumsinya, kamu juga bisa menikmati oatmeal dengan tambahan kismis, buah beri, pisang tumbuk, dan sedikit madu sebagai tambahan cita rasa. 

2. Pisang 

Camilan selanjutnya yang dikonsumsi sebagai selingan untuk berolahraga adalah pisang. Nah, buah ini diketahui memiliki dua kali lipat jumlah karbohidrat dibandingkan dengan buah-buahan lain, seperti apel atau jeruk. Artinya, pisang dapat dianggap sebagai camilan yang lebih substansial khususnya dalam menjalani olahraga dengan durasi yang cukup lama. 

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa makan setengah pisang dengan selai kacang, sebagai cara untuk memenuhi asupan protein dan lemak sebelum atau sesudah berolahraga. Hal ini diketahui dapat membantu menstabilkan kadar gula darah selama latihan. 

3. Smoothie buah kombinasi 

Kamu juga bisa membuat smoothie buah kombinasi untuk dijadikan sebagai camilan sehat untuk selingan olahraga. Jika bingung dengan resepnya, kamu bisa membuat smoothie buah dari campuran stroberi beku, bluberi, kayu manis, pisang, dan yoghurt. 

Selain mengenyangkan dan rasanya yang lezat, smoothie buah dengan campuran tersebut juga dapat memberikan asupan potasium dari pisang. Nah, perlu diingat bahwa potasium memiliki berbagai fungsi penting bagi tubuh. Mulai dari menjaga keseimbangan cairan tubuh, memecah dan memanfaatkan karbohidrat, dan membangun protein.

4. Camilan protein

Protein berperan penting dalam memulihkan kondisi otot, khususnya setelah berolahraga. Karena itu, pastikan untuk mengonsumsi camilan yang memiliki kandungan protein. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengonsumsi protein bar yang banyak dijual di supermarket. Selain itu, kamu juga dapat membuat protein shake, sebelum berolahraga untuk kemudian dikonsumsi setelah olahraga usai. Tak hanya dapat membantu memenuhi asupan protein pasca berolahraga, nyatanya beberapa makanan atau minuman dengan kandungan protein, diketahui dapat meningkatkan performa atletik. 

5. Biskuit dan tuna 

Selain beberapa camilan sebelumnya, kamu juga bisa mengonsumsi biskuit dengan ikan tuna sebagai selingan berolahraga. Perlu diketahui bahwa camilan ini mengandung protein, natrium, dan karbohidrat yang menjadi asupan nutrisi wajib untuk dipenuhi pasca olahraga. Karena itu, cobalah untuk mengonsumsi camilan ini setelah berolahraga. Pastikan juga kamu memilih biskuit gandum utuh karena serat dan nilai gizinya lebih tinggi dibandingkan biskuit biasa. 

Itulah beberapa camilan sehat yang dapat dijadikan sebagai selingan berolahraga. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar camilan sehat untuk olahraga atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Medicine Net. Diakses pada 2022. What Should I Eat 30 Minutes Before a Workout?
Everyday Health. Diakses pada 2022. The Best Post-Workout Snacks, According to Sports RDs.