• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Jenis dan Manfaat Latihan Kardio

Ini 5 Jenis dan Manfaat Latihan Kardio

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 5 Jenis dan Manfaat Latihan Kardio

“Latihan kardio tidak hanya memberikan manfaat membakar lemak dan membantu mengurangi berat badan. Pada beberapa jenis latihan kardio memiliki manfaat spesifik. Di antaranya adalah lari yang menguatkan otot kaki, plank yang menguatkan tubuh bagian atas, dan skipping yang menguatkan tulang.”

Halodoc, Jakarta –  Latihan kardio dapat mengurangi total lemak tubuh, lingkar pinggang dan pinggul, yang merupakan penanda penting kesehatan. Secara menyeluruh, latihan kardio dapat meningkatkan kebugaran jantung serta kemampuannya untuk memasok darah yang kaya oksigen ke otot, memungkinkannya untuk menghasilkan gerakan.

American Heart Association merekomendasikan semua orang di bawah usia 65 tahun untuk menggabungkan latihan kardio dengan aktivitas penguatan otot. Yuk, simak di sini jenis dan manfaat latihan kardio yang bisa kamu lakukan!

1. Lari

lari

Tentunya kamu tidak asing lagi dengan lari. Lari adalah jenis latihan paling sederhana yang bisa kamu lakukan dimana saja. Kamu bisa lakukan di dalam rumah, seperti lari di tempat, atau di luar rumah, dan juga lari di atas treadmill. Manfaat lari sebagai latihan kardio adalah membakar lemak dan menguatkan otot betis dan paha.

Baca juga: Manfaat Lari Pagi yang Perlu Diketahui

2. Lompat Tali

lompat tali

Lompat tali atau biasa juga dikenal dengan skipping adalah latihan kardio yang direkomendasikan untuk dilakukan karena sederhana dan mudah untuk dijalani. Selain membakar lemak, lompat tali juga dapat menjadi memadatkan tulang dan melatih koordinasi serta keseimbangan tubuh. 

3. Squat

squat

Squat termasuk latihan kardio yang multi manfaat. Mengapa demikian? Selain membakar kalori, latihan squat juga bisa mengencangkan bokong, betis, dan paha.

Squat juga dapat menguatkan persendian sehingga baik untuk dilakukan sejak dini untuk mencegah sakit sendi seiring dengan beranjaknya usia.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 5 Tips Pemanasan yang Benar

4. Jumping Jacks

jumping jacks

Selain tiga yang sudah disebutkan di atas, jumping jacks juga menjadi latihan kardio yang direkomendasikan. Tidak hanya menguatkan tubuh bagian bawah, jumping jacks juga bisa mengecilkan lengan dan menguatkan bahu.

Baca juga: Maksimalkan Plank dengan 7 Cara Ini

5. Plank

plank

Walaupun terlihat sederhana dan seperti mudah dilakukan, pada faktanya butuh usaha untuk melakukan jenis latihan kardio ini. Plank dapat menjadi latihan kardio yang sederhana dan bisa dilakukan di mana saja.

Gerakan plank yang dilakukan secara rutin memiliki manfaat untuk menguatkan tubuh bagian atas, membentuk bokong, menguatkan paha, serta melatih ketahanan fisik serta keseimbangan tubuh. 

Itulah informasi mengenai jenis dan manfaat latihan kardio, selengkapnya mengenai pentingnya olahraga bisa kamu tanyakan ke aplikasi Halodoc. Butuh membeli obat tanpa harus keluar rumah? Semuanya bisa kamu lakukan lewat aplikasi Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
The National News.com. Diakses pada 2021. The importance of cardio exercise in weight loss, weight maintenance and good heart health
Healthline. Diakses pada 2021. The importance of cardio exercise in weight loss, weight maintenance and good heart health