Ini 5 Manfaat Obat Lidocaine untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Mei 2023

“Lidocaine biasanya digunakan sebagai anestesi sebelum seseorang menjalani prosedur medis. Namun, beberapa kondisi juga dapat diobati dengan obat ini, misalnya nyeri pada kulit atau gatal pada anus.”

Ini 5 Manfaat Obat Lidocaine untuk Mengatasi Berbagai PenyakitIni 5 Manfaat Obat Lidocaine untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Halodoc, Jakarta – Lidocaine merupakan obat topikal yang biasanya digunakan sebagai anestesi sebelum seorang pasien menjalani prosedur medis tertentu.

Hanya saja, beberapa kondisi juga bisa diobati dengan obat ini. Misalnya menghilangkan rasa sakit dan gatal yang karena sengatan matahari, sengatan serangga, atau jenis luka ringan lainnya.

Untuk mengetahui jenis penyakit apa saja yang bisa diobati dengan lidocaine, simak artikel ini lebih lanjut!

Penyakit yang Dapat Diobati dengan Lidocaine

Kebanyakan obat ini hadir untuk pengobatan topikal dalam bentuk jeli, krim, salep, dan semprotan. Obat ini bisa kamu gunakan pada bagian tubuh untuk menimbulkan efek hilang rasa, terutama bagi seseorang yang akan menjalani prosedur medis tertentu.

1. Nyeri pada kulit

Obat dalam bentuk krim, gel, atau salep, dapat membantu meredakan nyeri akibat gigitan serangga. Selain itu, bisa mengatasi nyeri akibat terkena getah tanaman beracun, luka gores ringan, atau luka bakar ringan.

2. Aritmia 

Obat dalam bentuk injeksi atau suntik biasanya menjadi obat bius lokal, sebelum proses penjahitan luka robek atau operasi caesar. Namun, bentuk injeksi tersebut juga dapat mengatasi aritmia atau gangguan irama jantung. 

3. Nyeri atau gatal pada anus

Kondisi berikutnya yang dapat kamu atasi dengan lidocaine yaitu rasa nyeri, gatal, atau pembengkakan pada anus akibat wasir atau gangguan lainnya pada anus.

Jenis lidocaine untuk mengatasi kondisi tersebut yaitu dalam bentuk suppositoria. Cara penggunaannya dengan memasukkan bentuk obat suppositoria melalui anus atau dubur.

4. Sakit tenggorokan

Obat ini juga dapat berbentuk tablet hisap dapat mengobati sakit tenggorokan. Namun, efektivitas dan keamanan bentuk tablet hisap ini, masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Jika masih ragu menggunakan obat ini untuk mengatasi sakit tenggorokan, ketahui Ini 5 Obat Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

5. Radang telinga

Lidocaine dalam bentuk obat tetes telinga dapat mengurangi rasa sakit atau pembengkakan pada radang telinga luar (otitis eksterna) atau radang telinga tengah). Namun, penggunaannya sebagai obat tetes telinga ini juga memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya. 

Adakah Efek Samping dari Lidocaine?

Perlu kamu pahami, tidak semua orang dapat menggunakan obat ini. Terutama jika kamu memiliki alergi terhadap bahan atau zat yang terkandung dalam obat ini. Beberapa efek samping yang harus segera kamu laporkan ke dokter yaitu:

  • Reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal, pembengkakan wajah, bibir, atau lidah.
  • Masalah pernapasan.
  • Perubahan kemampuan penglihatan.
  • Perubahan suasana hati.
  • Pusing dan mengantuk.
  • Demam atau kedinginan.
  • Sakit kepala.
  • Detak jantung tidak teratur.
  • Mual, muntah.
  • Kejang.
  • Tubuh menggigil. 

Orang dengan kondisi tertentu juga perlu berhati-hati sebelum menggunakan obat ini dalam bentuk apapun. Ibu hamil dan menyusui harus bertanya terlebih dulu sebelum menggunakan obat ini. Penting juga untuk memberi tahu dokter jika kamu sedang hamil saat dokter meresepkan obat ini.

Jika kulit mengalami infeksi, maka sebaiknya hindari mengoleskan obat lidocaine topikal ke area kulit tersebut. Termasuk kulit yang memiliki luka terbuka atau rusak. Mengoleskan lidocaine topikal pada kondisi kulit seperti itu dapat meningkatkan jumlah obat yang melewati kulit sekaligus meningkatkan risiko efek samping serius.

Selain itu, lidocaine memiliki kontraindikasi pada beberapa keadaan berikut;

  • Hipersensitivitas terhadap lidocaine atau anestesi lokal tipe amide. 
  • Obat topikal sebaiknya tidak diberikan pada kulit yang sedang inflamasi atau luka.
  • Mengalami gagal jantung kronik.
  • Hipovolemia.
  • Mengalami sindrom Wolf Parkinson White.

Itulah beberapa jenis penyakit yang dapat diobati dengan lidocaine. Pastikan untuk selalu cermat dalam menggunakan obat apa pun.

banner seo toko kesehatan
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Lidocaine skin cream or ointment
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Lidocaine (Topical Application Route)
WebMD. Diakses pada 2023. Lidocaine Topical – Uses, Side Effects, and More

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan