Ini 11 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

9 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Juni 2024

“Saat tenggorokan meradang, pengidapnya akan merasakan sakit, perih, hingga sulit menelan. Obati dengan menggunakan obat sakit tenggorokan seperti Cooling 5 Mouth Spray, Degirol Hisap, Methylprednisolone, hingga Tantum Verde Oral Rinse yang bisa kamu beli di halodoc.”

Ini 11 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep DokterIni 11 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Radang pada tenggorokan dapat terjadi karena banyak penyebab. Sering kali, masalah kesehatan ini muncul karena infeksi bakteri atau virus. Di samping itu, kondisi ini dapat terjadi karena alergi, polutan, hingga akibat gastroesophageal reflux disease (GERD),

Nah, untungnya kamu bisa mengatasi masalah ini secara umum dengan mengonsumsi obat sakit tenggorokan dewasa. Obat-obatan ini bisa kamu gunakan sebagai langkah penanganan awalnya. 

Mau tahu apa saja obat sakit tenggorokan yang bisa dikonsumsi orang dewasa? Ini rekomendasinya!

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa

Radang tenggorokan yang terjadi karena infeksi virus biasanya akan membaik dengan sendirinya antara 5-7 hari. Akan tetapi, tetap saja kamu bisa merasa sakit dan tidak nyaman saat makan dan minum.

Guna membantu meringankan keluhan yang kamu rasakan, kamu bisa mencoba membeli salah satu rekomendasi obat radang tenggorokan dewasa berikut ini:

1. Cooling 5 Mouth Spray Cool Mint 15 ml

Cooling 5 merupakan obat radang tenggorokan paling ampuh. Produk ini merupakan antiseptik mulut dan tenggorokan yang dikemas dalam bentuk spray, sehingga lebih mudah digunakan. 

Obat sakit tenggorokan ini dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh kuman, kebiasaan merokok, gejala flu, perubahan cuaca, atau kurang minum.

Cukup semprotkan 2-3 kali setiap kali pemakaian. Jika perlu, ulangi semprotan tiap 2 jam hingga beberapa kali dalam sekali. 

Rentang harga: Rp31.500 – Rp48.600 per botol. 

Dapatkan Cooling 5 Mouth Spray Cool Mint 15 ml Di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Degirol Hisap 0.25 mg

Obat sakit tenggorokan selanjutnya adalah Degirol Hisap yang mengandung dequalinium chloride. Guna lainnya adalah untuk mengobati gingivitis, faringitis, laringitis, infeksi selaput lendir mulut seperti stomatitis, dan periodontitis. 

Dosis minum penggunaan obat ini untuk dewasa adalah 1 tablet, tiap 3 hingga 4 jam. Jumlah maksimal yang dapat dikonsumsi yaitu 8 tablet per hari.

Kisaran harga: Rp30.700 per box. 

Dapatkan Degirol Hisap 0.25 mg Di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Methylprednisolone 8 mg 10 Tablet

Methylprednisolone merupakan obat yang termasuk dalam golongan glukokortikoid yang bekerja dengan mengikat dan mengaktifkan reseptor glukokortikoid intraseluler. 

Obat radang tenggorokan dewasa ini diindikasikan untuk mengatasi radang tenggorokan (termasuk karena alergi) dan mengurangi peradangan.

Dosis awal penggunaannya adalah 4-8 mg per hari. Sedangkan, dosis pemeliharannya adalah 4-8 mg per hari. 

Kisaran harga: Rp8.600 per strip.

Dapatkan Methylprednisolone 8 mg 10 Tablet Di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Lameson 8 mg

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Lameson untuk mengobati radang tenggorokan. Obat ini mengandung Methylprednisolon yang merupakan obat golongan glukokortikoid turunan dari prednisolon.

Lameson bekerja dengan mengurangi reaksi inflamasi, dengan mencegah pelepasan enzim hidrolase yang sifatnya asam dan destruktif dari sel darah putih. Dengan begitu, ia bisa menurunkan permeabilitas dinding kapiler dan pembentukan edema. 

Obat ini dapat dikonsumsi dengan dosis awal 4-8 mg per hari sesudah makan. 

Kisaran harga: Rp96.100 per strip.

Dapatkan Lameson 8 mg Di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Tantum Verde Oral Rinse 120 ml

Kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk mengatasi sakit pada mulut dan tenggorokan akibat tonsilitis, post ekstraksi gigi, dan kelainan periodontal.

Obat radang tenggorokan ini mengandung Benzydamine HCl dan alkohol 10% yang bekerja menghambat zat penyebab radang pada tubuh, sehingga bengkak dan rasa sakit bisa berkurang. 

Kumur-kumur obat sakit tenggorokan ini 2-3 kali sehari sebanyak 15 ml selama 60 detik. Jangan gunakan obat ini lebih dari 7 hari. 

Kisaran harga: Rp47.300 – Rp47.600 per botol.

Dapatkan Tantum Verde Oral Rinse 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Efisol-C 10 Tablet

Obat sakit tenggorokan ini mengandung Dequalinum chloride yang termasuk ke dalam antiseptik untuk rongga mulut. Selain itu, obat ini juga mengandung vitamin C yang bisa membantu menurunkan risiko perkembangan bakteri dalam mulut.

Obat radang tenggorokan ini merupakan tablet hisap yang bisa kamu konsumsi setiap tiga jam sekali. Namun, hindari mengonsumsinya lebih dari delapan kali sehari. Jika radang sudah membaik, sebaiknya konsumsi obat ini setiap lima jam sekali.

Apabila belum membaik, segera konsultasikan dengan dokter. Pasalnya, banyak pengidap amandel yang salah mengartikan kondisinya sebagai radang tenggorokan. Akibatnya, baru mendapatkan penanganan yang tepat setelah kondisinya memburuk. Simak, Cara Membedakan Amandel dan Radang Tenggorokan

Kisaran harga: Rp19.300 per strip.

Dapatkan Efisol-C 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. SP Troches Meiji Rasa Strawberry 12 Tablet

Apa obat sakit tenggorokan lainnya yang bisa dibeli tanpa resep dokter? Nah, SP Troches Meiji rasa strawberry berguna sebagai obat sakit tenggorokan bisa kamu dapatkan di Halodoc

Obat ini mengandung Dequalinium chloride yang sangat efektif untuk membunuh kuman, bakteri, dan jamur dalam mulut serta tenggorokan.

Obat radang tenggorokan ini hanya boleh dikonsumsi oleh anak-anak diatas usia 10 tahun dan dewasa. Kamu boleh mengonsumsi obat ini sebanyak 1 tablet yang bisa diberikan sebanyak 6-8 kali dalam satu hari.

Rentang harga: Rp18.200 – Rp19.000 per box. 

Dapatkan SP Troches Meiji Rasa Strawberry 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

8. Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet

Sanjin adalah obat herbal yang dapat meredakan panas dalam dan rasa sakit pada tenggorokan. Obat radang tenggorokan ini mengandung herbal alami seperti Mirabilitum citrulli preparatum, Oleum menthae dementholatum, dan mentholum. 

Obat ini dikonsumsi dengan cara dihisap sebanyak 1-2 tablet tiga kali sehari. Tapi, hisaplah per satu tablet perlahan-lahan hingga larut dalam mulut. 

Kisaran harga: Rp20.500 per box. 

Dapatkan Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

9. Rhemafar 8 mg 10 Tablet

Obat sakit tenggorokan ini mengandung methylprednisolon atau obat golongan glukokortikoid turunan prednisolon. Obat ini mampu membantu mengatasi alergi dan mengurangi peradangan atau supresi inflamasi. 

Obat ini dapat dikonsumsi setelah makan, dengan dosis sebagai berikut:

  • Dosis awal

Dewasa : 4 – 80 mg/hari. 

Anak : 0.8 – 1.1 mg/kg BB. 

  • Dosis pemeliharaan

Dewasa : 4 – 8 mg/hari dosis ditingkatkan menjadi 16 mg/hari. 

Anak : 2 – 4 mg/hari, dapat ditingkatkan sampai 8 mg/hari. 

  • Dosis substitusi 

4 – 8 mg/hari, dalam keadaan stres ditingkatkan menjadi 16 mg/hari.

Rentang harga: Rp9.000 – Rp21.900 per strip

Dapatkan Rhemafar 8 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

10. New Hau Fung San Spray

Obat radang tenggorokan ini merupakan obat herbal yang dapat membantu meredakan panas dalam, sariawan, tenggorokan kering, hingga bau mulut. Produk ini mengandung berbagai bahan herbal, seperti cinamomum camphora folium, abrus precatoris folium, Glycyrrhizae uralencia Radix,  hingga menthol.

Cara menggunakan New Hau Fung San Spray cukup praktis, kamu hanya tinggal menyemprotkan secukupnya pada bagian yang terasa sakit atau luka. Obat herbal ini bisa digunakan 2-3 kali tiap jam. Kamu juga boleh mencampurkannya ke dalam air hangat untuk menjadi obat kumur. 

Rentang harga: Rp29.900 – Rp43.800 per botol

Dapatkan New Hau Fung San Spray di Toko Kesehatan Halodoc

11. Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet

Lo Han Kuo adalah minuman herbal yang halal dan mengandung Fructus momordicae serta cane sugar. Kandungan tersebut mampu meredakan panas dalam yang disertai batuk dan sakit tenggorokan. 

Gunakanlah 1-2 kali dalam 1 kotak kecil 14 g per hari. Cara penyajiannya, larutkan satu potong Lo Han Kuo dengan 100 ml air hangat atau air dingin. Aduk sampai larut dan diminum. 

Rentang harga: Rp17.200 – Rp36.500 per box.

Dapatkan Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Tips Agar Radang Tenggorokan Cepat Sembuh

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar gejala sakit tenggorokan cepat sembuh, antara lain:

  • Berkumur dengan menggunakan air garam. Kamu bisa mengulangi perawatan setiap 3 jam sekali sampai merasakan gejalanya menurun dan menjadi lebih baik. 
  • Minum air madu hangat. Efektif untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan karena kandungan antihistamin dan antibiotiknya.
  • Istirahat yang cukup. Kurang tidur menyebabkan produksi antibodi pun jadi berkurang.
  • Hindari pemicu iritasi tenggorokan. Contohnya asap rokok, minum alkohol, minum dan makan yang asam, soda, atau makanan pedas. Baca penyebab sakit tenggorokan lain di artikel Tak Hanya Radang, Ini 5 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan.
  • Gunakan pelembap udara. Gunakan humidifier agar kelembaban udara meningkat.
  •  Mengoleskan minyak angin. Mengoleskan minyak angin ke leher dapat membantu meredakan dan melegakan pernapasan.
  • Mandi air hangat. Uap dari air hangat dapat melembapkan tenggorokan. Kamu bisa menambahkan minyak esensial untuk memberikan sensasi hangat dan melegakan pernapasan.

Itulah beberapa obat radang tenggorokan bebas resep dan tips yang dapat kamu coba agar sakit tenggorokan cepat sembuh. 

Sekarang, pesan obat tidak perlu lagi keluar rumah. Kamu bisa pesan obat-obatan secara praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc. Tanpa perlu repot, pesananmu akan sampai dalam waktu satu jam.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. 6 Sore Throat Remedies That Actually Work.
Healthline. Diakses pada 2024. Sore Throat Remedies That Work (and What Not to Do).
Healthline. Diakses pada 2024. 12 Natural Remedies for Sore Throat.
Halodoc. Diakses pada 2024. Tanpa Obat, Begini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan