Ini 11 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

9 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Desember 2023

“Rekomendasi obat sakit tenggorokan untuk dewasa yang bisa dibeli di apotek tanpa perlu resep dokter, yaitu Degirol, Lameson, dan Betadine Mouthwash. Ampuh mengurangi gejala dengan diimbangi makanan bergizi.”

Ini 11 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep DokterIni 11 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa


Halodoc, Jakarta – Radang pada tenggorokan dapat terjadi karena banyak penyebab. Sering kali, masalah kesehatan ini muncul karena infeksi bakteri atau virus. Di samping itu, kondisi ini dapat terjadi karena alergi, polutan, hingga akibat gastroesophageal reflux disease (GERD),

Nah, untungnya kamu bisa mengatasi masalah ini secara umum dengan mengonsumsi obat radang tenggorokan dewasa. Beberapa pilihan obat radang tenggorokan bebas resep pun dapat kamu gunakan sebagai penanganan awal.  

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa

Radang tenggorokan yang terjadi karena infeksi virus biasanya akan membaik dengan sendirinya antara 5-7 hari. Akan tetapi, tetap saja kamu bisa merasa sakit dan tidak nyaman saat makan dan minum.

Guna membantu meringankan keluhan yang kamu rasakan, kamu bisa mencoba membeli salah satu rekomendasi obat radang tenggorokan dewasa berikut:

1. Cooling 5 Mouth Spray 15 ml

obat radang tenggorokan Cooling 5 Mouth Spray

Cooling 5 merupakan obat radang tenggorokan paling ampuh. Produk ini merupakan antiseptik mulut dan tenggorokan yang dikemas dalam bentuk spray, sehingga lebih mudah digunakan. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh kuman, kebiasaan merokok, gejala flu, perubahan cuaca, atau kurang minum.

Rentang harga: Rp31.500 – Rp44.100.

Dapatkan Cooling 5 Mouth Spray 15 ml Di Toko Kesehatan Halodoc

2. Degirol Hisap 0.25 mg

obat radang tenggorokan degirol

Obat sakit tenggorokan di apotik selanjutnya adalah Degirol Hisap yang mengandung dequalinium chloride. Dosis minum penggunaan obat ini untuk dewasa adalah 1 tablet, tiap 3 hingga 4 jam. Jumlah maksimal yang dapat dikonsumsi yaitu 8 tablet per hari.

Rentang harga: Rp16.400 – Rp33.500.

Dapatkan Degirol Hisap 0.25 mg Di Toko Kesehatan Halodoc

3. Methylprednisolone 8 mg 10 Tablet

Methylprednisolone merupakan obat yang termasuk dalam golongan glukokortikoid yang bekerja dengan mengikat dan mengaktifkan reseptor glukokortikoid intraseluler. Obat radang tenggorokan dewasa ini diindikasikan untuk mengatasi radang tenggorokan (termasuk karena alergi) dan mengurangi peradangan.

Rentang harga: Rp4.100 – Rp13.500.

Dapatkan Methylprednisolone 8 mg 10 Tablet Di Toko Kesehatan Halodoc

4. Lameson 8 mg 

obat sakit tenggorokan

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Lameson untuk mengobati radang tenggorokan. Obat ini mengandung Methylprednisolon yang merupakan obat golongan glukokortikoid turunan dari prednisolon.

Lameson bekerja dengan mengurangi reaksi inflamasi, dengan mencegah pelepasan enzim hidrolase yang sifatnya asam dan destruktif dari sel darah putih. Dengan begitu, ia bisa menurunkan permeabilitas dinding kapiler dan pembentukan edema. 

Rentang harga: Rp58.300 – Rp97.100.

Dapatkan Lameson 8 mg Di Toko Kesehatan Halodoc

5. Betadine Mouthwash and Gargle 100 ml

obat kumur untuk sakit tenggorokan

Obat untuk radang tenggorokan selanjutnya adalah Betadine Mouthwash and Gargle yang digunakan dengan cara berkumur. Obat ini mengandung zat aktif povidone iodine yang dapat mengatasi masalah mulut, seperti sakit tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bau mulut dan napas tidak segar.

Rentang harga: Rp17.300 – Rp30.200.

Dapatkan Betadine Mouthwash and Gargle 100 ml Di Toko Kesehatan Halodoc

6. Efisol-C 10 Tablet

Obat sakit tenggorokan ini mengandung Dequalinum chloride yang termasuk ke dalam antiseptik untuk rongga mulut.

Selain itu, obat ini juga mengandung vitamin C yang bisa membantu menurunkan risiko perkembangan bakteri dalam mulut.

Obat radang tenggorokan ini merupakan tablet hisap yang bisa kamu konsumsi setiap tiga jam sekali.

Namun, hindari mengonsumsinya lebih dari delapan kali sehari. Jika radang sudah membaik, sebaiknya konsumsi obat ini setiap lima jam sekali.

Rentang harga: Rp14.000 – Rp19.600.

Dapatkan Efisol-C 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

7. SP Troches Meiji Rasa Strawberry 2 Box

Apa obat sakit tenggorokan di apotik? Nah, SP Troches Meiji rasa strawberry berguna sebagai obat sakit tenggorokan bisa kamu dapatkan di apotek.

Obat ini mengandung Dequalinium chloride yang sangat efektif untuk membunuh kuman, bakteri, dan jamur dalam mulut serta tenggorokan.

Obat radang tenggorokan ini hanya boleh dikonsumsi oleh anak-anak diatas usia 10 tahun dan dewasa.

Kamu boleh mengonsumsi obat ini sebanyak 1 tablet yang bisa diberikan sebanyak 6-8 kali dalam satu hari.

Rentang harga: Rp28.000 – Rp34.800 per 2 box.

Dapatkan SP Troches Meiji Rasa Strawberry 2 Box Hemat Borongan

Kamu bisa mendapatkan obat sakit tenggorokan ini melalui Toko Kesehatan Halodoc melalui promo Hemat Borongan.✔️Membeli SP Troches Meiji langsung sebanyak dua box akan lebih murah karena potongan harga. Namun, yang perlu diingat, harga akan berbeda pada setiap apotek.

8. Aloclair Plus Mouthwash 60 ml

Obat radang tenggorokan paling ampuh ini bekerja dengan membentuk selaput pelindung pada lesi, luka, dan meredakan nyeri. Gunakan obat kumur ini sebanyak 3-4 kali dalam satu hari atau sesuai dengan kebutuhan.

Obat ini bekerja dengan membentuk selaput pelindung pada lesi, luka, dan meredakan nyeri. Gunakan obat kumur ini sebanyak 3-4 kali dalam satu hari atau sesuai dengan kebutuhan.

Rentang harga: Rp98.800 – Rp137.400.

Dapatkan Aloclair Plus Mouthwash 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc

9. Minosep Obat Kumur 0.2% 60 ml (Merah)

Obat radang tenggorokan dewasa ini merupakan jenis obat kumur yang mampu memberikan perlindungan pada mulut terhadap kuman atau bakteri.

Selain itu, obat radang tenggorokan paling ampuh ini juga bisa menurunkan nyeri dan memberikan sensasi segar pada mulut.

Kamu sebaiknya berkumur selama 30 detik sampai 1 menit saat pagi hari dan sebelum tidur. Sebaiknya jangan berkumur dengan air setelah berkumur dengan obat kumur ini.

Rentang harga: Rp30.300 – Rp44.500.

Dapatkan Minosep Obat Kumur 0.2% 60 ml (Merah) di Toko Kesehatan Halodoc

10. Enkasari Herbal

Enkasari herbal merupakan obat kumur yang mampu meredakan nyeri akibat sariawan.

Bukan hanya itu, obat kumur herbal ini juga berguna untuk memberikan kesegaran pada mulut sehingga menurunkan bau mulut.

Ikuti dosis penggunaannya agar obat kumur ini bekerja efektif. Dewasa sebanyak tiga kali dalam satu hari dengan 2 gelas takar.

Sedangkan anak-anak kurang dari lima tahun, dosisnya 2 kali sehari dengan 1 gelas takar.

Namun, pastikan anak-anak sudah bisa berkumur dengan baik. Obat ini tidak boleh tertelan. Pada Toko Kesehatan Halodoc, kamu bisa membeli Enkasari Herbal 2 botol lebih murah melalui Hemat Borongan.

Rentang harga: Rp31.800 – Rp42.800 per 2 botol.

Dapatkan Enkasari Herbal 120 ml 2 Botol – Hemat Borongan di Halodoc

11. Golden Throat Lozenges 12 Tablet

Permen hisap ini mampu melegakan tenggorokan akibat radang tenggorokan. Selain itu, Golden Throat Lozenges juga bisa membantu kamu untuk mengatasi bau mulut yang tidak nyaman.

Agar obat ini efektif, kamu bisa menghisap obat sakit tenggorokan ini enam kali sebanyak 1 tablet.

Rentang harga: Rp18.100 – Rp21.200.

Dapatkan Golden Throat Lozenges 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa beli produk kesehatan di aplikasi Halodoc.✔️ Tanpa perlu repot, pesananmu akan sampai dalam waktu satu jam.

Tips Agar Radang Tenggorokan Cepat Sembuh

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar gejala sakit tenggorokan cepat sembuh, antara lain:

  • Berkumur dengan menggunakan air garam. Kamu bisa mengulangi perawatan setiap 3 jam sekali sampai merasakan gejalanya menurun dan menjadi lebih baik. 
  • Minum air madu hangat. Efektif untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan karena kandungan antihistamin dan antibiotiknya.
  • Istirahat yang cukup. Kurang tidur menyebabkan produksi antibodi pun jadi berkurang.
  • Hindari pemicu iritasi tenggorokan. Contohnya asap rokok, minum alkohol, minum dan makan yang asam, soda, atau makanan pedas. Baca penyebab sakit tenggorokan lain di artikel Tak Hanya Radang, Ini 5 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan.
  • Gunakan pelembap udara. Gunakan humidifier agar kelembaban udara meningkat.
  •  Mengoleskan minyak angin. Mengoleskan minyak angin ke leher dapat membantu meredakan dan melegakan pernapasan.
  • Mandi air hangat. Uap dari air hangat dapat melembapkan tenggorokan. Kamu bisa menambahkan minyak esensial untuk memberikan sensasi hangat dan melegakan pernapasan.

Itulah beberapa obat radang tenggorokan bebas resep dan tips yang dapat kamu coba agar radang tenggorokan cepat sembuh.

Hubungi dokter di Halodoc apabila kondisi tidak kunjung membaik dalam waktu yang lama. Klik gambar di bawah untuk konsultasi dokter THT lebih hemat menggunakan kode kupon.

chat dokter tht halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 6 Sore Throat Remedies That Actually Work.
Healthline. Diakses pada 2023. Sore Throat Remedies That Work (and What Not to Do).
Healthline. Diakses pada 2023. 12 Natural Remedies for Sore Throat.
Halodoc. Diakses pada 2023. Tanpa Obat, Begini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan