Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Mengalami Sariawan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Februari 2024

“Terdapat berbagai macam penyebab terjadinya sariawan, salah satunya adalah dari makanan yang kamu konsumsi. Kamu perlu menghindari sejumlah makanan tertentu agar sariawan yang sedang kamu alami tidak semakin parah.”

Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Mengalami SariawanIni 5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Mengalami Sariawan

Halodoc, Jakarta – Sariawan merupakan sebuah penyakit mulut yang sering sekali terjadi dan umumnya tidak berbahaya. Kamu dapat mengalami sariawan di berbagai bagian mulut seperti lidah, gusi, langit-langit mulut, di dalam bibir, atau di bawah lidah.

Mengalami sariawan tentunya memberikan rasa tidak menyenangkan, apalagi ketika hendak berbicara ataupun makan. Terdapat berbagai macam penyebab terjadinya sariawan, salah satunya adalah dari makanan yang kamu konsumsi. Ada beberapa makanan yang perlu kamu hindari agar tidak memperparah sariawan yang sedang kamu alami.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak artikel di bawah ini!

Makanan Pantangan saat Sariawan

Di bawah ini adalah sejumlah makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi ketika mengalami sariawan:

1. Lemon dan Jeruk

Buah-buahan dalam ragam citrus seperti lemon dan jeruk perlu kamu hindari. Walaupun kaya akan kandungan vitamin C bagi tubuh, tingkat keasaman alami dari buah-buahan tersebut dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam mulut dan memperburuk sariawan. 

Buah-buahan  dengan keasaman tinggi lainnya seperti nanas dan stroberi juga dapat dapat memperburuk gusi, apalagi jika kamu memiliki mulut yang sensitif. Kamu masih dapat mengonsumsi buah-buahan lain seperti apel, pisang, atau semangka sebagai gantinya selama mengalami sariawan. 

Selain mengetahui tentang makanan yang perlu dihindari, kamu juga bisa mencari tahu tentang obat tetes sariawan melalui artikel ini:  Ini Rekomendasi Obat Tetes Sariawan yang Manjur di Apotek

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi kacang ternyata juga memiliki dampak buruk untuk gigi. Jenis kacang-kacangan seperti kenari, kacang tanah, kacang mete, dan almond adalah makanan yang perlu kamu hindari ketika sedang sariawan.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam amino L-Arginine dalam kacang yang berkontribusi terhadap terjadinya sariawan. Asinan kacang juga tidak dikonsumsi karena natrium dari garam dapat mengeringkan mulut dan menyebabkan peradangan.

3. Tomat

Sama seperti buah lemon, tomat juga merupakan salah satu jenis buah yang mengandung keasaman tinggi, sehingga berpotensi memperburuk kondisi sariawan dan menyebabkan rasa nyeri. Hal ini tidak hanya terbatas pada buah tomat saja, tetapi juga produk olahan yang mengandung tomat. Artinya, kamu perlu menghindari saus tomat, sup tomat, pizza, dan pasta selama mengalami sariawan.

Meskipun dapat memperparah sariawan, kamu tetap bisa mengonsumsi tomat setelah sembuh untuk  mendapatkan manfaat kesehatannya. Yuk cari tahu manfaat dari buah tomat di artikel ini: Kata Dokter: Ini Manfaat Tomat untuk Kesehatan

4. Makanan pedas

Meskipun banyak disukai, makanan pedas menjadi salah satu jenis makanan yang perlu dihindari ketika sariawan. Makanan pedas seperti sambal dapat mengganggu lapisan di dalam mulut. Makanan pedas memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan lebih cenderung menimbulkan iritasi pada kulit di bagian dalam mulut.

Kebanyakan dari makanan pedas juga cenderung mengandung kadar garam tinggi yang dapat memperparah rasa sakit pada sariawan.

5. Keripik

Ketika mengalami sariawan, kamu sebaiknya menghindari makanan yang mengandung tekstur keras seperti keripik. Keripik memiliki sisi-sisi yang tajam, runcing, dan kasar yang dapat mengiritasi jaringan lunak di mulut.

Keripik juga termasuk makanan yang harus dikunyah terlalu banyak. Mengunyah makanan terlalu banyak dapat meregangkan selaput lendir di dalam mulut dan menyebabkan iritasi semakin memburuk.

Maka dari itu, kamu lebih baik memilih makanan yang lembut dan mudah dikonsumsi selama masa penyembuhan sariawan guna mencegah masalah lebih lanjut dan mempercepat proses kesembuhan.

Itulah dia beberapa makanan yang perlu kamu hindari ketika mengalami sariawan agar sakitnya tidak semakin parah. Kamu juga dapat membeli obat tetes sariawan di Toko Kesehatan Halodoc agar proses penyembuhannya semakin cepat.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses 2024. Canker Sores.
Dentistry of West Bend. Diakses 2024. 9 Foods to Avoid if You’re Prone to Canker Sores.
Smart Mouth. Diakses 2024. What to Eat with Canker Sores.
Valley Ridge Dental Centre. Diakses 2024. Foods Which Cause Mouth Ulcers.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan