Ini 5 Manfaat Grooming untuk Kesehatan Anjing Peliharaan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juni 2023

“Manfaat grooming untuk anjing peliharaan bukan hanya sekadar untuk menjaga penampilannya tetap cantik dan lucu, melainkan juga penting untuk kesehatannya."

Ini 5 Manfaat Grooming untuk Kesehatan Anjing PeliharaanIni 5 Manfaat Grooming untuk Kesehatan Anjing Peliharaan

Halodoc, Jakarta – Ketika ingin memiliki anjing peliharaan, berarti kamu sudah harus siap untuk memenuhi semua kebutuhannya. Bukan hanya makanan dan minumannya saja, tapi juga merawat kebersihan tubuhnya dengan rutin melakukan grooming.

Perlu kamu ketahui, manfaat melakukan grooming bukan hanya sekadar agar anjing terlihat tetap cantik dan lucu. Namun, merawat penampilan fisiknya juga bisa berdampak baik pada kesehatan hewan kesayangan tersebut secara keseluruhan. Simak ulasannya di sini!

Manfaat Grooming untuk Kesehatan Anjing Peliharaan

Pada dasarnya, grooming anjing adalah serangkaian perawatan yang bertujuan untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan penampilan fisik anjing peliharaan. Perawatan tersebut meliputi pemotongan kuku, pembersihan telinga, perawatan bulu, mandi, dan banyak lagi. 

Grooming sangat penting untuk kesehatan anjing peliharaan, karena ini adalah cara yang efektif untuk mencegah penyakit kulit, infeksi telinga, dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, rangkaian perawatan itu juga memungkinkan kamu untuk memeriksa tanda-tanda penyakit atau masalah kesehatan lain yang mungkin tidak kamu sadari jika tidak melakukan grooming secara teratur.

Berikut manfaat grooming untuk anjing peliharaan:

1. Grooming mencegah penyakit kulit dan infeksi telinga

Melakukan perawatan secara rutin dan teratur bisa membantu menjaga kebersihan kulit anjing peliharaan agar terhindar dari penyakit kulit dan infeksi.

Saat kamu memandikan anjing, membersihkan bulu, dan memotong kukunya, kamu juga bisa memerhatikan adanya tanda-tanda iritasi kulit, luka, atau infeksi telinga.

Dengan mendeteksi masalah ini lebih awal, kamu bisa segera mengambil tindakan untuk mengobatinya dan mencegah perkembangan yang lebih parah.

2. Mengurangi risiko terkena parasit

Grooming yang baik juga dapat membantu mengurangi risiko infestasi parasit pada anjing peliharaan kamu. Saat kamu menyisir bulu dan memeriksa kulit anjing secara teratur, kamu bisa dengan mudah menemukan tanda-tanda keberadaan kutu, tungau, atau kutu air.

Dengan mengambil tindakan pencegahan yang tepat, seperti memberikan obat anti-parasit dan menjaga kebersihan lingkungan, kamu bisa menjaga hewan kesayanganmu tersebut tetap bebas dari parasit yang berbahaya.

3. Merawat kesehatan gigi dan gusi

Perawatan gigi adalah bagian penting dari perawatan anjing yang sering diabaikan. Padahal menyikat gigi hewan tersebut secara teratur bisa membantu mencegah penumpukan plak dan tartar, yang bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut serius, seperti penyakit gusi dan gigi yang tanggal.

Selain itu, kondisi gigi yang buruk juga bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk jantung dan organ lainnya. Jadi, penting untuk merawat kesehatan gigi anjing peliharaan kamu agar mereka tetap sehat dan memiliki senyum yang cerah.

4. Meningkatkan peredaran darah dan kebugaran fisik

Manfaat grooming lainnya yang mungkin jarang orang ketahui adalah bisa meningkatkan peredaran darah dan kebugaran fisik anjing peliharaan. Hal itu karena ketika kamu menyisir bulu anjing dengan sikat yang sesuai, kamu merangsang kulit dan folikel rambutnya. Hal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan menjaga rambut tetap sehat

 Selain itu, kegiatan grooming seperti berjalan-jalan bersama saat mengeringkan bulu anjing setelah mandi juga bisa membantu menjaga kebugaran fisik hewan kesayanganmu tersebut.

5. Lakukan grooming menciptakan ikatan emosional

Bukan hanya sekadar perawatan fisik, melakukan grooming secara rutin juga bisa menciptakan ikatan emosional yang kuat antara kamu dan anjing peliharaan.

Ketika kamu merawat anjing dengan penuh kasih sayang dan perhatian, ini tidak hanya memberikan manfaat kesehatan fisik bagi mereka, tetapi juga memberikan mereka rasa aman, nyaman, dan dihargai.

Anjing yang merasa dicintai dan dirawat dengan baik cenderung memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan sehat secara keseluruhan.

Itulah manfaat grooming yang penting untuk anjing peliharaan. Namun, tiap jenis anjing mungkin memerlukan jenis perawatan yang berbeda.

Agar lebih jelas, simak Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya. Untuk mendapatkan berbagai produk perawatan untuk anjing peliharaan, gunakan saja aplikasi Halodoc.

Referensi:
The Dog Stop. Diakses pada 2023. The Benefits Of Dog Grooming.
College Road Animal Hospital. Diakses pada 2023. 5 Essential Benefits of Grooming Your Pet.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan