Ini 5 Obat dengan Kandungan Cetirizine untuk Meredakan Alergi dan Gatal

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Maret 2024

“Alergi terjadi ketika tubuh mengalami reaksi tidak normal terhadap makanan, obat, benda, atau suhu yang akhirnya memicu reaksi alergi. Tapi, rasa gatal akibat alergi dapat diatasi dengan obat yang mengandung cetirizine seperti Lerzin, Cerini, Incidal, Ryvel, dan Cetirgi yang bisa dibeli di Halodoc.”

Ini 5 Obat dengan Kandungan Cetirizine untuk Meredakan Alergi dan GatalIni 5 Obat dengan Kandungan Cetirizine untuk Meredakan Alergi dan Gatal

DAFTAR ISI

Halodoc, Jakarta – Alergi adalah reaksi alami dari sistem imun tubuh ketika adanya kontak tubuh dengan zat atau benda yang dianggap asing oleh tubuh. Umumnya, tubuh akan merespons dengan memicu gejala alergi, seperti gatal-gatal di beberapa bagian tubuh.

Meminum obat dengan kandungan cetirizine dapat meredakan rasa gatal yang kamu alami. Cetirizine adalah obat golongan histamin generasi kedua yang mempunyai efek samping kantuk lebih kecil daripada histamin generasi pertama seperti CTM.

Mau tahu apa saja obat dengan kandungan cetirizine yang dapat dikonsumsi? Ini rekomendasinya.

Rekomendasi Obat dengan Kandungan Cetirizine

Terdapat beberapa obat dengan kandungan cetirizine yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi rasa gatal-gatal, di antaranya: 

1. Lerzin 10 mg 10 Kapsul

Lerzin adalah obat kapsul yang mengandung cetirizine HCl 10 mg. Cetirizine merupakan golongan antihistamin yang bekerja secara selektif dalam menghambat reseptor H1 di saluran pernapasan, pembuluh darah, dan pencernaan. 

Histamin sendiri adalah senyawa yang membawa informasi dari otak ke sel untuk menghasilkan reaksi alergi. Jika senyawa ini dihambat, maka alergi bisa dikurangi

Selain untuk gatal, cetirizine dapat dikonsumsi untuk rinitis menahun, rinitis alergi seasonal, konjungtivitis, urtikaria idiopati kronis, dan pruritus. 

Dosis pemberiannya sebagai berikut:

  • Anak usia 2-6 tahun: 2,5 mg dua kali sehari.
  • Anak di atas usia 12 tahun dan dewasa: 10 mg satu kali sehari. 

Rentang harga: Rp.5000 – Rp14.800 per strip.

Dapatkan Lerzin 10 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Cerini 10 mg 10 Kaplet

Cerini juga termasuk antihistamin yang mengandung zat aktif cetirizine. Obat ini berguna untuk mengobati berbagai gejala alergi, seperti rinitis menahun, rinitis alergi seasonal, urtikaria idiopatik kronis, pruritus, dan konjungtivitis. 

Anak-anak dan dewasa diperbolehkan mengonsumsi obat ini, tapi dengan dosis yang sesuai, yakni:

  • Anak 2-6 tahun: 2,5 mg dua kali sehari.
  • Anak 6-12 tahun: 5 mg dua kali sehari.
  • Anak di atas 12 tahun dan dewasa: 10 mg sekali sehari. 

Jika kamu tidak tahu dan bingung apa yang menyebabkan tubuh terasa sangat gatal, bisa lakukan beberapa tes alergi. Baca selengkapnya di artikel ini: “3 Tes Alergi yang Ampuh Mendeteksi Pemicu Alergi”.

Rentang harga: Rp48.900 – Rp50.200 per strip.

Dapatkan Cerini 10 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Terinfeksi Tinea Cruris? Segera Hubungi Dokter Ini untuk konsultasi dan perawatan lebih lanjut.

3. Incidal-OD 4 Kapsul

Obat Incidal-OD mengandung cetirizine 2HCl yang efektif mengatasi berbagai gejala alergi. Kamu juga bisa mengonsumsinya untuk mengobati rhinitis alergi, mulai dari rhintis menahun hingga rinitis alergi seasonal. 

Jika kamu mengantuk setelah mengonsumsi cetirizine, ini adalah hal yang wajar. Artinya, obat sedang bekerja dengan baik. Tapi, rasa kantuk yang dialami tidak sekuat obat CTM.

Kamu bisa mengkonsumsinya sebanyak 1 tablet dua kali sehari. Sedangkan untuk anak-anak berusia 6-12 tahun sebanyak ½ tablet dua kali sehari. 

Kisaran harga: Rp21.700 per strip.

Dapatkan Incidal-OD 4 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Ryvel 10 mg 10 Tablet

Gejala bersin-bersin, gatal di kulit, mata, hingga hidung berair dapat diatasi dengan mengonsumsi Ryvel 10 mg 10 Tablet. Obat ini mengandung zat aktif cetirizine yang bisa meredakan gejala alergi yang sedang kamu alami. 

Kamu bisa mengonsumsinya setelah makan. Berikut aturan pakai obat ini:

  • Anak 2-6 tahun: 2,5 mg (¼ tablet) dua kali sehari.
  • Anak 6-12 tahun: 5 mg (½ tablet) dua kali sehari.
  • Anak di atas usia 12 tahun dan dewasa: 10 mg (1 tablet) dua kali sehari.

Sedangkan dosis untuk pasien lansia bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani penyakitnya.  

Rentang harga: Rp58.700 – Rp65.400 per strip.

Dapatkan Ryvel 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Cetirgi 10 mg 10 Tablet

Saat kamu terserang alergen (benda atau zat pemicu alergi), tubuh pasti akan terasa sangat gatal hingga menyebabkan flu dan hidung berair. Atasi kondisi tersebut dengan meminum Cetirgi tablet ini.

Cetirgi mengandung cetirizine yang bekerja untuk menghambat kinerja histamin dalam tubuh. Dalam penggunaannya, pastikan kamu mengikuti aturan dosis berikut:

  • Anak 2-6 tahun: 2,5 dua kali sehari. 
  • Anak 6-12 tahun: 5 mg dua kali sehari.
  • Anak berusia lebih dari 12 tahun dan dewasa: 10 mg sekali sehari. 

Kisaran harga: Rp49.700 per strip.

Dapatkan Cetirgi 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Selama mengonsumsi obat alergi, pastikan kamu tidak memakan makanan yang dapat memperparah kondisimu. Cari tahu jenis makanannya di sini: “4 Jenis Makanan Ini Sering Menyebabkan Alergi”.

Nah, itulah beberapa obat yang mengandung cetirizine untuk mengurangi rasa gatal. Sekarang, beli obat tidak perlu ke luar rumah lho. Sebab, kamu bisa pesan online melalui Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli dan dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Cetirizine Tablets.
NHS. Diakses pada 2024. Cetirizine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan